Pantai Marunda, pantai eksotis dengan dua tempat bersejarah menarik di Jakarta - WisataHits
wisatahits

Pantai Marunda, pantai eksotis dengan dua tempat bersejarah menarik di Jakarta

Pantai Marunda, pantai eksotis dengan dua tempat bersejarah menarik di Jakarta

Sedang berlibur di Jakarta Utara dan bingung mau menghabiskan akhir pekan kemana? Pantai Marunda mungkin menjadi tempat paling nyaman untuk bersantai.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Marunda, Kec. Cilincing, Kab. Jakarta Utara, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Marunda kerap menjadi pilihan liburan murah tapi berkesan bagi warga Jakarta. Selain lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Jakarta Utara, pantai yang dikelilingi gedung-gedung tinggi ini juga menyuguhkan keindahan alam yang tiada duanya. Tak heran jika selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi di sore hari saat matahari mulai meredup.

Kebanyakan pengunjung pantai biasanya tidak datang untuk bermain air atau berenang. Namun, lebih kepada memanfaatkan pesona alam untuk melepas penat setelah seharian disibukkan dengan padatnya aktivitas dan padatnya ibu kota. Menyaksikan hamparan lautan luas ditemani hembusan angin sepoi-sepoi tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan.

Pada kunjungan siang hari, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menjelajah lebih dalam. Termasuk mengunjungi dua tempat bersejarah yang menjadi andalan Pantai Marunda. Sedangkan saat berkunjung pada malam hari, keromantisan dan kedamaian akan lebih terasa. Maklum, banyak orang yang betah hanya nongkrong di sini.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Marunda

Objek Wisata Pantai MarundaFoto: Google Maps/Arie Lendra Putra (陈维文)

Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai ini tidak memiliki pantai sehingga wisatawan kurang bisa leluasa menikmati kesejukan air lautnya, meski begitu panorama yang disajikan tak kalah indahnya dengan pantai lainnya.

Apalagi Pantai Marunda memiliki banyak spot dan kawasan yang berhasil menghadirkan pesona dari berbagai sisi. Biar nggak penasaran, berikut beberapa daya tariknya:

✦ Jembatan Cinta

Salah satu ikon legendaris Marunda adalah Jembatan Cinta. Jembatan kayu yang menjorok ke laut ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat matahari terbenam atau saat musim liburan. Saat berkunjung ke sini, pastikan untuk mengabadikan momen di geladak sebagai kenangan yang tak terlupakan.

✦ Situs bersejarah

Terdapat dua situs sejarah di kawasan Pantai Marunda, yaitu Masjid Al-Alam dan Rumah Pitung. Dengan mengunjungi kedua bangunan yang memiliki nilai sejarah tersebut, wisatawan dapat sekaligus mempelajari berbagai hal dari masa lalu. Jadi liburan ini bukan hanya sekedar untuk mendapatkan foto kenang-kenangan.

✦ Hutan bakau

Selain itu di kawasan Pantai Marunda terdapat kawasan hutan mangrove yang sengaja dibangun dengan tujuan untuk mencegah abrasi di sekitar pantai. Selain menyaksikan hutan mangrove, wisatawan juga bisa berpartisipasi dengan menanam mangrove. Dengan cara ini, pengunjung berkontribusi untuk menjaga keseimbangan alam.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai MarundaFoto: Google Maps/Hereka Yuni Jayyanto

Pantai Marunda terletak di Mt. VII, RW.07/RT.03, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara – Jakarta Utara, DKI Jakarta. Akses jalan untuk wisata sudah memadai, sehingga dapat dengan mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Termasuk ojek online. Apalagi mengingat wisata pantai dekat dengan fasilitas umum.

Jika wisatawan datang dari arah Monumen Nasional (Monas), jaraknya sekitar 22,9 km atau memakan waktu sekitar 36 menit (tergantung kondisi jalan dan lalu lintas) melalui Jalan Raya Pusat Kota Jl. Sedangkan jika ingin berkunjung dari Ancol membutuhkan waktu 34 menit dengan jarak 19,4 km melalui Jl. RE Martadinata.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Jika ingin menikmati keindahan pantai ini, wisatawan perlu merencanakan sejumlah biaya, termasuk pembayaran tiket masuk kawasan wisata. Berikut rincian biaya yang harus dibayar pengunjung saat memasuki kawasan wisata Bahari Marunda di Jakarta Utara:

  • Tiket masuk: Rp 10.000 per orang
  • Parkir motor: Rp 3.000
  • Parkir: Rp 5.000
  • Parkir minibus: Rp 15.000

Selain menawarkan lahan parkir luas yang mampu menampung puluhan kendaraan bermotor. Pantai ini juga buka 24 jam sehari. Dengan demikian, wisatawan bisa datang kapan pun mereka mau. Bagi yang suka menikmati sunset dan sunrise, sangat cocok mengunjungi Marunda.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai MarundaFoto: Google Maps/Arie Lendra Putra (陈维文)

Luas Pantai Marunda memang sangat luas, sehingga wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang bisa membuat waktu kunjungannya menjadi lebih berkesan. Selain itu, setiap area dapat dijelajahi dengan berjalan kaki, yang menjamin pengalaman tak terlupakan. Apalagi jika traveling kali ini ditemani oleh orang tersayang.

Penasaran dengan aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan di pantai di Jakarta Utara? Temukan jawabannya hanya di sini!

1. Nikmati romantisme malam

Cuaca Jakarta pada siang hari sangat panas sehingga banyak orang yang merasa malas untuk pergi ke pantai Marunda. Namun, ini bukan masalah besar. Karena wisatawan tetap datang mengunjungi Marunda pada malam hari. Selain udaranya lebih segar, panorama yang ditawarkan juga lebih indah.

Di sepanjang pantai, wisatawan bisa menyaksikan keindahan lautan yang memantulkan kerlap-kerlip lampu gedung-gedung menjulang tinggi. Pemandangan langka ini hanya bisa dinikmati pada malam hari. Suasana tenang, angin sepoi-sepoi, gemerlap air laut dan keindahan gedung pencakar langit di kejauhan dapat memberikan kesan yang mendalam.

2. Jelajahi Pantai Marunda

Pantai Marunda adalah obat penat paling mujarab yang bisa kamu dapatkan di Jakarta. Pasalnya, begitu menginjakkan kaki di wisata pantai ini, pengunjung pasti langsung merasa ingin menjelajahi seluruh area pantai ini. Mulai dari pantai landai penuh karang, jembatan kayu fenomenal, hingga tanggul pantai.

3. Memancing

Marunda adalah pilihan paling cocok bagi mereka yang suka memancing. Pasalnya, di pantai ini terdapat area pemancingan. Bahkan, di beberapa tempat di pinggir pantai, wisatawan bisa menjumpai tiang-tiang bambu yang tersusun rapi yang bisa digunakan untuk memancing. Jadi saat pulang, Anda juga bisa membawa ikan sebagai oleh-oleh.

4. Pelajari sejarah

Di Pantai Marunda, wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan alam yang berbaur dengan derasnya arus modernisasi. Karena di tempat ini pengunjung bisa mendidik diri dan belajar sejarah. Di kawasan pesisir terdapat 2 kawasan yang populer, yaitu Rumah Pitung dan Masjid Al-Alam. Selama berkunjung, wajib meluangkan waktu untuk mengunjungi keduanya.

Rumah Si Pitung merujuk pada sebuah bangunan yang dianggap warga sekitar sebagai tempat tinggal tokoh legendaris suku Betawi, Si Pitung. Sedangkan Masjid Al-Alam merupakan masjid tertua di Cilincing. Tentunya pola dan ornamen masjid ini berbeda dengan masjid pada umumnya.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai MarundaFoto: Google Maps/Rida Rigita

Sebagai salah satu kawasan wisata murah terpopuler di Ibukota Jakarta, pihak pengelola Pantai Marunda sengaja menghadirkan fasilitas umum yang lengkap demi kenyamanan pengunjung. Dengan cara ini, wisatawan dapat menghabiskan liburan mereka dengan tenang dan bahagia. Terutama mereka yang sedang berlibur bersama orang tersayang.

Berikut adalah beberapa fasilitas umum yang dapat ditemukan:

  • Area parkir yang luas
  • Tempat beribadah
  • Kamar mandi
  • tempat istirahat
  • Restoran

Pantai Marunda menjadi salah satu destinasi favorit warga ibu kota saat musim liburan tiba. Selain bisa menikmati keindahan alam dan berjalan santai menyusuri setiap sudut pantai ditemani semilir angin yang sejuk, wisatawan juga bisa mencari foto-foto keren untuk diunggah di jejaring sosial. Tak hanya itu, Marunda juga menjadi surga bagi pecinta kuliner.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button