Batu Kapal Liliboi, Pesona Tebing Batu Mirip Lambung Kapal di Maluku Tengah - WisataHits
wisatahits

Batu Kapal Liliboi, Pesona Tebing Batu Mirip Lambung Kapal di Maluku Tengah

Batu Kapal Liliboi, Pesona Tebing Batu Mirip Lambung Kapal di Maluku Tengah
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00–18.00 WITA, Alamat: Jl.Provinsi, Liliboy, Kec. Leihitu Bar., Kab. Maluku Tengah, Maluku; Kasus: Verifikasi lokasi

Liliboi Ship Rock akan memukau Anda dengan panorama alamnya yang eksotik. Destinasi alam ini merupakan pantai yang memiliki keunikan berbeda dibandingkan dengan destinasi sejenis lainnya. Penataan bebatuannya menimbulkan kesan yang tak terlupakan di benak para wisatawan, seolah-olah diajak bertamasya ke dunia lain.

Nama Batu Kapal mungkin sedikit terinspirasi dari lanskap destinasi ini secara keseluruhan. Tebing-tebing bebatuan di pantai ini terlihat seperti kapal dengan jendela yang menghadap ke lautan luas. Deburan ombak yang menghantam tebing juga menambah eksotisme pantai ini sehingga berada di level yang berbeda.

Jangan lupakan kesegaran alam ditemani suara deburan ombak. Aroma air asin juga menimbulkan kesan unik dalam perjalanan Anda. Bagi penggemar estetika media sosial, tempat ini seperti permata tersembunyi yang luar biasa. Belum lagi jika memperhitungkan warung pinggir pantai dengan sajian sederhana namun enak yang ada di sini.

Atraksi Batu Kapal Liliboi

Daya Tarik Aktivitas Kapal Batu Liliboi AmbonGambar oleh Ockyian di Facebook

Panorama Batu Kapal Liliboi yang megah menjadi daya tarik wisata utama. Tapi lebih dari itu, kamu bisa menemukan banyak alasan kenapa destinasi alam ini layak masuk dalam daftar liburanmu di Maluku tengah!

✦ Tebing berbatu menyerupai lambung kapal

Alih-alih hamparan pasir putih, di Batu Kapal wisatawan akan disuguhi pemandangan bebatuan. Batang batu memanjang di dekat pantai menyerupai lambung kapal. Ciri khas inilah yang membuat pantai indah ini unik dan istimewa karena panorama ini sulit ditemukan di pantai lain.

Ada lubang kecil yang menghubungkan dunia luar di dalam Kapal Batu. Luasnya kurang lebih 3 meter persegi dengan kekokohan yang tak terbantahkan. Menariknya, destinasi eksotis ini terbentang hingga ketinggian 30 meter di atas permukaan laut dengan pemandangan laut jernih di dasarnya.

✦ Kerikil di Pantai

Apa yang lebih menyenangkan daripada berjalan di pantai berkerikil? Kaki Anda tidak akan kotor, jadi Anda tidak perlu khawatir melepas sepatu. Kerikil di pantai ini juga bersih, tidak terlalu tajam, sehingga bisa diinjak dengan aman.

Selain itu, kumpulan batu kerikil di pesisir pantai ini akan memberikan pemandangan yang estetis saat dijadikan spot foto. Tak heran jika banyak turis dari berbagai penjuru berduyun-duyun ke sini hanya untuk menikmati kekayaan alamnya. Apalagi birunya air laut siap memanjakan mata dalam bentangan alam yang luar biasa.

✦ Jembatan Tautan

Jembatan penghubung juga merupakan fitur lanskap Batu Kapal Liliboi yang mengesankan. Pasalnya, wisatawan bisa berkeliling kesana-kemari dengan menyeberangi jembatan atau sekadar berhenti untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya. Bila ingin berpindah dari satu tebing batu ke tebing batu yang lain, pengunjung dapat melalui jalan setapak tersebut tanpa kesulitan.

Destinasi yang terbit sejak 2016 ini memang mempesona dari segala sisi. Anda bahkan bisa mencicipi eksotisme di sana sebelum menjelajah lebih jauh. Lewat jembatan penghubung yang keren, coba jelajahi setiap sudut pantai berbatu ini!

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kegiatan Kapal Liliboi Ambon BatuFoto oleh Anisti R. Rahardjo di Google Maps

Setidaknya ada dua rute umum yang bisa dipilih saat akan berlibur ke Batu Kapal Liliboi, yakni kota Ambon dan bandara Pattimura. Jika Anda berangkat dari pusat kota Ambon, Anda akan menghabiskan waktu kurang lebih 38 menit menempuh jalan beraspal sepanjang 24,2 km hingga tiba di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Bila Anda memilih Bandara Pattimura sebagai titik awal perjalanan, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 15 menit. Kondisi jalan bagus dan cukup lebar untuk digunakan kendaraan roda empat atau dua. Mengingat kepopuleran pantai ini yang terbentang di berbagai penjuru, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan lokasinya.

Terletak di provinsi Jalan, di desa Liliboi, perjalanan Anda akan dipenuhi dengan pemandangan yang menakjubkan. Jika Anda masih bingung, gunakan navigasi online atau tanyakan siapa pun yang Anda temui dalam perjalanan ke Leihitu Bar District.

Harga tiket masuk dan jam buka

Batu Kapal Liliboi dibuka untuk wisatawan mulai pukul 07:00 hingga 18:00 WIB, dalam slot waktu tersebut. Harga tiket masuk sangat murah untuk destinasi populer yaitu hanya Rp 5.000. Tentunya ada tambahan sewa parkir dengan perkiraan Rp 5.000 untuk pengendara, sedangkan sepeda motor Rp 2.000.

Sesuai dengan tarif rendah yang dikenakan di pantai eksotis ini, wisatawan harus menjaga kebersihan saat bepergian. Jangan biarkan kemalasan menguasai, memaksa Anda membuang sampah sembarangan.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Kapal Batu Liliboi AmbonFoto oleh Stacia Claresta di Google Maps

Berwisata ke Batu Kapal Liliboi belum lengkap tanpa merencanakan kegiatan terlebih dahulu. Ada banyak kesenangan yang bisa didapat, dan Anda mungkin tidak punya cukup waktu untuk menjelajahi semuanya. Lantas apa saja yang harus diprioritaskan saat memutuskan berlibur ke pantai eksotik ini?

1. Piknik

Apakah Anda menikmati menghabiskan waktu mengobrol dengan orang-orang terdekat Anda? Cobalah untuk membawa perlengkapan piknik saat Anda pergi ke sana untuk pengalaman yang lebih berkesan di Batu Kapal Liliboi. Berbaringlah di atas kerikil yang berserakan di pesisir pantai, siapkan bekal dari rumah, dan bercengkramalah dengan gembira.

2. Photo hunting di Batu Kapal Liliboi

Sayang sekali jika keindahan pemandangan Batu Kapal ini tidak bisa diabadikan tanpa berusaha mengabadikannya dalam bingkai kamera. Bawalah kamera tercanggih Anda agar bisa mencari foto saat berlibur di wisata bahari yang indah ini. Tebing berbatu, matahari terbenam atau matahari terbit, hamparan laut biru, pepohonan hijau, temukan pemandangan terbaik tergantung pada preferensi pribadi Anda.

3. Snorkling

Tidak hanya menjelajahi Kapal Batu di darat? Jadikan snorkeling sebagai aktivitas yang menyenangkan untuk membuat pengalaman Anda semakin berkesan. Sebaiknya persiapkan peralatan snorkeling di rumah untuk berjaga-jaga jika saat tiba Anda kesulitan mencari tempat persewaan.

Keindahan laut di Batu Kapal Liliboi sudah terlihat sejak Anda masih berada di darat. Kejernihan air menciptakan ilusi kebiruan yang mengesankan. Laut yang terpelihara dengan baik tentu mengandung banyak biota, sehingga kegiatan snorkeling pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

4. Berenang

Tidak yakin bagaimana menggunakan peralatan selam Anda atau takut melihat apa yang ada di bawah laut? Cobalah berenang di tepian pantai berbatu ini, pasti tidak kalah serunya. Persiapkan pakaian renang untuk pengalaman yang lebih baik agar Anda dapat dengan mudah berganti pakaian setelah berenang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Kapal Batu Liliboi AmbonFoto oleh Audy Noya di Google Maps

Bepergian dengan Batu Kapal Liliboi tidak akan menyulitkan Anda untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti restoran dan toilet. Begitu menginjakkan kaki di kawasan wisata ini, pengunjung dapat memarkir kendaraannya di area yang sesuai sehingga tidak perlu khawatir dengan keamanan mobil atau motornya.

Sebaiknya bawa sandal atau sepatu dengan alas kasar karena pemandangan indah ini dipenuhi bebatuan. Tujuannya agar tidak mudah terpeleset saat berjalan. Pastikan juga untuk tidak mengambil bebatuan di sini karena dilarang dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan pada objek wisata tersebut.

Batu Kapal Liliabo adalah sekelumit daftar pantai yang tidak menampilkan pasir putih sebagai daya tarik utamanya. Suasana di sini akan menimbulkan kesan unik, tidak peduli seberapa sering Anda berkunjung!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button