Kunjungi Batu Tumpang Garut, pesona tebing batu yang besar dan indah - WisataHits
wisatahits

Kunjungi Batu Tumpang Garut, pesona tebing batu yang besar dan indah

Batu Tumpang Garut – Menikmati pemandangan alam Tanah Priangan memang menjadi pengalaman yang luar biasa. Hamparan perbukitan hijau yang luas dengan udara yang segar akan selalu memukau siapa saja yang melihatnya.

Wisata di Batu Tumpang Garut
Foto: Ferdy

Pengalaman ini bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke objek wisata Batu Tumpang di Kabupaten Garut. Batu yang tumpang tindih adalah batu yang terlihat seperti bukit kecil. Lokasinya yang strategis di antara areal tanam yang luas tentu langsung menarik perhatian.

Uniknya, Batu Tumpang selalu menyuguhkan atraksi yang memukau setiap masuk bulan Agustus. Ya, saat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Merayakan 17 Agustus di Batu Tumpang adalah pengalaman yang paling dinanti banyak orang.

Wisata di Batu Tumpang Garut
Foto: Ferdy

Tinjauan Batu Tumpang Tindih

Batu Tumpang adalah sebuah objek wisata alam di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Garut, tempat wisata ini berada tak jauh dari Jalan Raya Cikajang-Pameungpeuk.

Jalan ini sendiri merupakan jalur yang sering digunakan oleh pengendara dan wisatawan yang ingin mencapai kawasan pantai selatan Garut. Batu Tumpang sering menjadi tempat peristirahatan sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan.

Wisata di Batu Tumpang Garut
Foto: Ferdy

Selain keindahan pemandangan, kawasan Batu Tumpang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan segar. Pasalnya, tempat wisata ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (meter di atas permukaan laut).
Jika Anda melihat tebing atau bukit berbatu yang menjulang di sepanjang jalan ini, sudah pasti Batu Tumpang. Bagian jalan raya yang terlihat adalah tebing berbatu dengan ketinggian sekitar 150 meter dan lebar sekitar 100 meter. Cukup besar, kan?
Wisata di Batu Tumpang Garut

Foto: Ferdy

Selfie di puncak Batu Tumpang

Daya tarik utama dari objek wisata Batu Tumpang adalah penyajian pemandangan alamnya yang indah. Hal ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto selfie. Anda bisa berfoto selfie dari bawah dengan latar belakang tebing batu besar.

Anda juga bisa berfoto selfie saat berada di atas Batu Tumpang. Latar belakang areal tanam yang berbukit terlihat indah seolah melukis langit biru dan menyatu dengan lautan awan.

Wisata di Batu Tumpang Garut
Foto: Ferdy

Bagi Anda yang ingin mencapai puncak Batu Tumpang, ada jalan setapak yang bisa didaki melalui sisi bukit. Persiapkan saja fisik Anda karena pendakian singkat ini masih cukup melelahkan meski hanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit.

Wisata di Batu Tumpang Garut
Foto: Ferdy

Tempat favorit para pendaki

Selain sebagai tempat istirahat selama perjalanan dan selfie, Batu Tumpang juga menjadi favorit para pemanjat tebing. Mereka biasanya merupakan anggota komunitas pecinta alam yang ingin mengasah kemampuan mendakinya.

Batu Tumpang sering dipilih karena terbuat dari batuan andesit dan struktur tebingnya menantang dan memacu adrenalin. Pada awalnya kegiatan pendakian di Batu Tumpang hanya memiliki satu jalur pada tahun 1999. Seiring berjalannya waktu, kini terdapat 26 jalur yang biasa digunakan untuk panjat tebing.

Wisata di Batu Tumpang Garut
Foto: Ferdy

Raksasa Merah-Putih di Batu Tumpang Tindih

Daya tarik lain dari objek wisata Batu Tumpang ini adalah iming-iming pengibaran bendera merah putih raksasa. Atraksi ini rutin dilakukan oleh komunitas pecinta alam setiap tahun pada tanggal 17 Agustus.

Bendera merah putih raksasa biasanya akan dikibarkan di sisi tebing oleh para pendaki. Tentu menjadi pemandangan yang menarik dan cara yang tidak biasa untuk merayakan momen kemerdekaan Republik Indonesia.

Akses dan akomodasi

Bagi Anda yang penasaran untuk mengunjungi Batu Tumpang, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Kendaraan pribadi roda empat dan dua dapat berkendara ke lokasi di luar jalan utama.

Sedangkan untuk angkutan umum bisa menggunakan elf Bandung-Garut-Pameungpeuk. Anda bisa naik dari Bandung di Terminal Cicaheum atau Leuwi Panjang. Anda juga bisa naik dari Garut ke Terminal Guntur.

Wisata di Batu Tumpang Garut
Foto: Ferdy

Kendaraan ini bisa mengantar Anda tepat di depan Batu Tumpang dengan biaya yang bervariasi. Kalau dari Bandung tarifnya sekitar Rp 35.000 dan dari Garut sekitar Rp 20.000.

Namun bagi Anda yang ingin menikmati suasana sejuk di sekitar Batu Tumpang lebih lama, ada sejumlah hostel yang bisa disewa. Yang paling dekat dengan tujuan adalah Cikajang Garut Friendsyf Syariah Inn.

Wisata di Batu Tumpang Garut
Foto: Ferdy

Fasilitas hostel ini cukup lengkap. Dari TV, kamar mandi pribadi, pemanas air, tempat tidur ganda dan parkir. Hal yang paling berkesan dari hostel ini menurut pengalaman mereka menginap disana adalah tempatnya yang bersih dan makanan yang ditawarkan kepada pengunjungnya enak-enak.

Hostel ini terletak di desa Pasar Kulon No. 47, Mekarsari, Cikajang, Garut. Hanya berjarak 10 kilometer, Anda hanya perlu berkendara dengan waktu tempuh 20 menit menuju Batu Tumpang. Harga sewa kamar di hostel ini adalah Rp 250.000.

Demikian ulasan lengkap tempat wisata Batu Hamparan yang terletak di wilayah Garut Jawa Barat. Terima kasih sudah mampir di blog kami, jangan lupa follow parawisata.net untuk informasi menarik lainnya.

Source: www.parawisata.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button