Cuaca Ekstrim Ancam Jateng Selama 3 Hari Hingga 18 November 2022 Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Cuaca Ekstrim Ancam Jateng Selama 3 Hari Hingga 18 November 2022 Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi cuaca ekstrim. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir dapat melanda Jawa Tengah (Jawa Tengah) dalam tiga hari, Rabu-Jumat (16-18/11/2022).

Kepala Stasiun Meteorologi Semarang Ahmad Yani, Sutikno mengatakan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/11/2022) bahwa berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat daerah pembengkokan dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

Iklan Daihatsu Rocky Mobil Harga Rp 200 Jutaan Hanya Rp 99.000

Selain itu, anomali suhu permukaan laut yang positif di Laut Jawa dan Samudera Hindia di selatan Jawa menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah.

“Kelembaban yang tinggi dan ketidakstabilan lokal yang kuat telah berkontribusi pada pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang periode 16-18 November di wilayah Jawa Tengah,” tulis Sutikno.

Sutikno juga memaparkan sejumlah daerah di Jawa Tengah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem selama tiga hari terakhir. Berikut detailnya:

Baca juga: BMKG: Cuaca ekstrem melanda sebagian besar wilayah Jawa Tengah hingga 12 November 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Cilacap, Grobogan, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab./Kota Magelang, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab. Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Kab. Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo dan sekitarnya.

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Cilacap, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Cab/Kota Magelang, Cab Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Salatiga, Cab Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Cab Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo dan sekitarnya.

Baca Juga: Ini 4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran Rekomendasi #1 untuk Pemula

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kudus, Kab./Kota Magelang, Pati, Kab.Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Rembang, Salatiga, Kabupaten/Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo , Surakarta, Kab. Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo dan sekitarnya

Dengan kondisi tersebut, BMKG pun mengimbau masyarakat di Jawa Tengah untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim dalam tiga hari ini. Karena cuaca ekstrim dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang dan angin puting beliung.

“Masyarakat yang menginginkan informasi terkini dengan wilayah yang lebih detail dapat mengakses sejumlah website BMKG seperti bmkg.go.id dan weatherjateng.com,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button