5 Atraksi TAMAN MENTENG - WisataHits
wisatahits

5 Atraksi TAMAN MENTENG

5 Atraksi TAMAN MENTENG

Harga tiket masuk Taman Menteng: Gratis. Jam buka: 05:00 – 22:00. Nomor telepon: -. Alamat: Jl.HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10310.

Jika Anda bosan dengan hiruk pikuk Jakarta, tidak ada salahnya mencari liburan akhir pekan. Rekreasi di taman kota merupakan salah satu kegiatan yang bisa menjadi pilihan. Segarkan mata dan pikiran Anda dengan mengunjungi salah satu taman kota di Jakarta yaitu Taman Meneng.

Taman Menteng adalah ruang terbuka hijau di wilayah tengah Jakarta. Fasilitas umum ini sebelumnya merupakan hasil pembongkaran sebuah stadion sepak bola. Taman Menteng merupakan salah satu sarana rekreasi murah favorit warga dan wisatawan. Selain sebagai ruang publik, taman ini juga membawa kesegaran di jantung kota Jakarta.

Tiket Masuk Taman Menteng

Sebagai tempat umum, tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi taman ini. Cukup bayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi. Memang ada area parkir liar di sekitar taman dengan tarif flat yang lebih murah. Namun sangat disarankan untuk parkir di area yang sudah tersedia agar tidak menghalangi jalan.

Tiket masuk
Biaya masuk Untuk membebaskan

Baca: TUGU PROKLAMASI Wisata Sejarah Jakarta

Jam buka

Taman Menteng dibuka untuk umum setiap hari. Wisatawan bisa datang dari pagi atau sore hari.

Jam operasional
Setiap hari 05.00 – 22.00 WIB

Taman Menteng dan Menteng

Taman MenengTerletak di pusat kota Jakarta menawarkan ruang hijau dan teduh – Foto: Google Maps.Yogi Cahyadhi

Taman Menteng adalah ruang terbuka hijau yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto di Jakarta Pusat. Taman dengan luas minimal 29.000 meter persegi ini baru dibuat pada tahun 2007. Sebelumnya, kawasan ini merupakan stadion sepak bola Persija. Sedangkan stadion ini sudah ada sejak tahun 1920 dengan nama Voetbalbond Indische Omstreken Sport atau VIOS Veld.

Desain Taman Menteng merupakan hasil kompetisi yang diselenggarakan oleh Dinas Pertamanan Jakarta. Taman ini memiliki konsep ruang serbaguna yang terbuka untuk umum. Dengan harapan masyarakat dapat menikmati berbagai kegiatan rekreasi di sini. Oleh karena itu, terdapat berbagai sarana dan fasilitas yang mendukungnya.

Baca: Tiket Masuk ECOPARK ANCOL dan Wahana Menarik

Tempat relaksasi

Pohon besar yang menaungi area tempat dudukHirup udara segar sambil bersantai tanpa mengeluarkan uang di Menteng Park – FOTO: Google Maps/Huntal Hutahaean

Taman kota terutama berfungsi sebagai ruang terbuka hijau. Begitu pula Taman Menteng yang memiliki luas minimal 2 hektar. Sejauh ini, sekitar 1.000 tumbuhan dari 30 spesies berbeda telah menghiasi taman tersebut. Selain sejuk, pemandangan hijau ini memberikan kesegaran udara Jakarta yang tercemar.

Sejumlah bangku taman besi juga tersebar di berbagai sudut. Di sisi lain terdapat kolam ikan dengan air mancur. Kolam ini menjadi hiasan sekaligus memberikan kesan menyejukkan pada taman. Jalan setapak dari bebatuan cukup lebar bagi pengunjung untuk berjalan-jalan dengan bebas.

Baca: FAUNALAND ANCOL Tiket masuk dan aktivitas seru

Area publik

slide di taman bermainTaman bermain anak yang dilapisi karpet lembut untuk mengurangi resiko cedera jika terjatuh – Foto: Google Maps/Huntal Hutahaean

Taman Menteng memiliki lahan yang terbagi menjadi beberapa ruangan. Banyak ruang terbuka yang tersedia sebagai tempat berkumpulnya kelompok masyarakat. Oleh karena itu, banyak komunitas atau organisasi yang menyelenggarakan kegiatan di kawasan taman.

Sebuah sudut taman juga memiliki area bermain anak-anak. Area ini memiliki berbagai permainan seperti ayunan dan perosotan. Selain itu, untuk keamanan dan kenyamanan yang lebih baik, taman bermain ini dibuat dari sejenis karpet lembut. Sehingga anak dapat bermain dengan bebas tanpa takut akan benturan keras jika terjatuh.

Baca: Setu Babakan KAMPUNG BETAWI Tiket Masuk dan Area Kunjungan

Stadion

Lapangan futsal Taman MentengMenteng Park memiliki lapangan olahraga yang bisa digunakan untuk futsal, basket, dll. – Foto: Google Maps/Aulia Ahmad

Selain untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin berolahraga, Taman Menteng memiliki beberapa area khusus. Setidaknya ada dua lapangan futsal dan satu lapangan basket yang bisa digunakan di sini. Lapangan ini juga bisa digunakan untuk jenis olahraga lain seperti voli atau bulu tangkis. Khusus untuk lapangan basket, hanya dibuka untuk umum dari Senin hingga Jumat.

Baca: 33 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

Selain lapangan, jalur pejalan kaki yang lebar juga kerap dijadikan jalur jogging atau jalur sepeda. Tidak perlu khawatir akan ramai karena jalannya sangat lebar. Biasanya pagi dan sore hari adalah waktu yang paling sibuk untuk berolahraga.

Baca: Tiket Masuk ZOO RAGUNAN dan 6 Tempat Rekreasi

Rumah kaca serbaguna

Rumah Kaca Taman MentengRumah kaca Taman Menteng merupakan bangunan serbaguna yang menjadi salah satu daya tarik taman – Foto: Google Maps/Tommy Tjahjono

Sementara itu, di sudut taman yang lain, terdapat sebuah bangunan yang cukup mencolok. Bangunannya adalah rumah kaca dengan desain modern yang rumit. Dengan kaca bening yang menutupi dinding dan atapnya, pemandangan interior bangunan dapat terlihat jelas dari luar.

Alih-alih menjadi tempat pemeliharaan tanaman, gedung ini justru menjadi gedung pameran. Pameran lukisan dan fotografi sering diadakan di sini. Bentuk bangunannya menyerupai piramida transparan tunggal yang sering dijadikan lokasi syuting. Tak hanya selfie, pemotretan prewedding juga kerap dilakukan di gedung transparan ini.

Baca: Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah TMII dan 10 Wahana Seru

Wisata kuliner malam

deretan gerobak penjual makanan dan minumanNikmati wisata kuliner malam di sekitar Taman Menteng – Foto: Google Maps/Adityawarman Arioseno

Saat malam tiba, kawasan Taman Menteng ramai dengan gerobak makanan dan minuman. Penjual kuliner berbaris di taman, dengan meja dan kursi. Bagi yang ingin mengisi perut, tempat kuliner seadanya ini adalah pilihan yang tepat.

Pengunjung dapat menemukan hidangan favorit mereka dari berbagai pilihan yang tersedia. Makanan berat seperti sate kambing dengan es krim kelapa muda yang menyegarkan tersedia. Soal harga, tentu saja lebih murah dibandingkan dengan menu restoran atau kafe. Kapan lagi bisa menikmati wisata kuliner hemat di pusat ibu kota?

Baca: Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki dan Berbagai Tempat Wisata

Fasilitas Taman Menteng

Fasilitas umum taman termasuk toilet, musala dan area parkir. Tempat parkir mobil memiliki 4 lantai, sehingga cukup untuk menampung kendaraan dalam jumlah banyak. Bangku taman, lapangan olah raga, area bermain anak, jaringan wifi dan area parkir juga tersedia. Arena olahraga adalah lapangan futsal dan basket.

Lokasi dan akses ke Taman Menteng

Taman Menteng terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasinya strategis sehingga aksesnya cukup mudah. Selain kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum seperti Kopaja atau bus Trans Senen – Lebak Bulus. Taman ini tidak terlalu jauh dari bundaran HI sehingga tidak sulit ditemukan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button