Aplikasi SIP BANGET Kota Batu Raih Top 45 Innovation Award dari Kementerian Aparatur Negara dan Birokrasi Bentuk - WisataHits
Jawa Timur

Aplikasi SIP BANGET Kota Batu Raih Top 45 Innovation Award dari Kementerian Aparatur Negara dan Birokrasi Bentuk

WAKTU JATIM – Terobosan aplikasi Banget SIP (Sistem Informasi Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif) Dinas Pariwisata Kota Batu (Disparta) diakui oleh Kementerian Penguatan Mesin Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Penghargaan yang diraih adalah kategori 45 besar inovasi pelayanan publik tahun 2022. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Selasa (12 Juni 2020/2022).

Diluncurkan pada tahun 2022 oleh Dinas Pariwisata, inovasi BANGET SIP bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan wisatawan dalam mencari informasi, khususnya mengenai sektor pariwisata di Kota Batu, yang dapat diakses melalui perangkat mobile.

Arief, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu As Siddiq mengatakan, aplikasi Banget SIP dihadirkan tidak hanya untuk memberikan informasi, tetapi juga aplikasi media periklanan dan pemasaran berbasis teknologi informasi untuk produk wisata dan industri kreatif Kota Batu. Selain itu juga menawarkan paket wisata dengan transaksi berbasis QRIS melalui aplikasi SIP Banget.

“Jadi wisatawan cukup mengakses alamat sipbanget.batukota.go.id untuk mengetahui berbagai formasi paket wisata yang ada di Kota Wisata Batu,” kata Arief.

Melalui aplikasi SIP BANGET, Kota Batu dapat mengambil bola dan memberikan informasi produk terbaik. Khususnya oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pariwisata untuk menarik wisatawan.

Selain itu sebagai media periklanan dan penjualan melalui marketplace. Aplikasi tersebut meliputi produk Parekraf di 8 desa/kelurahan wisata dan 12 paket wisata bertema.

Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Mesin Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus mendorong instansi pemerintah untuk selalu membenahi birokrasi dengan melakukan asesmen secara rutin dan berkelanjutan terhadap instansi pemerintah.

Menurut Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, menambahkan untuk melakukan perbaikan lebih lanjut menuju birokrasi kelas dunia diperlukan komitmen, baik dari pimpinan maupun seluruh jajaran. “Sehingga apa yang dilakukan instansi pemerintah berdampak nyata bagi masyarakat,” jelas Azwar Anas.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button