Hujan tak henti di lereng Merapi, Jeep Wisata Merapi terendam banjir Kali Kuning - WisataHits
Yogyakarta

Hujan tak henti di lereng Merapi, Jeep Wisata Merapi terendam banjir Kali Kuning

TEMPO.CO, Yogyakarta – Setidaknya tiga unit jip wisata Terjebak banjir di Kali Kuning Sleman Yogyakarta pada Kamis, 29 Desember 2022. Jip yang seharusnya membawa wisatawan melalui jalur favoritnya, namun akhirnya harus mempersingkat perjalanannya karena air pasang sudah naik dengan cepat dan jip sudah dibiarkan apa adanya sampai turun.

Evakuasi jip turis

“Para penumpang dan pengemudi jip wisata berhasil dievakuasi sebelum air pasang di Kali Kuning meningkat,” kata Makwan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Yogyakarta, hari ini.

Tur jip Lava Tour selama liburan Natal dan Tahun Baru atau liburan Nataru adalah mode populer bagi wisatawan petualang. Kali Kuning yang berawal dari Gunung Merapi merupakan jalur yang populer meski rawan banjir.

Meski cuaca akhir-akhir ini sering diguyur hujan di lereng Gunung Merapi, tak jarang wisatawan masih bersemangat untuk menyewanya agar bisa memakai mantel untuk menahan hujan.

Simak: 6 Hiburan yang Disukai Wisatawan di Pantai Parangtritis Yogyakarta, Ini Tarifnya

4.000 turis menyewa jip turis dalam satu hari

Dardiri, Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM), mencatat selama liburan Natal lalu (25 Desember), setidaknya 4.000 wisatawan menggunakan jip wisata setiap hari.

“Kalau cuaca bagus bisa sampai 18.000 wisatawan pada malam tahun baru,” kata Dardiri yang mengatakan, pada hari libur itu ada hingga 1.000 armada jeep yang beroperasi, dengan rata-rata setiap armada mengangkut penumpang tiga sampai empat kali armada jeep.

Hanya saja, kata Dardiri, operator jip wisata di lereng Merapi sudah sepakat untuk membatalkan paket wisata malam, artinya tidak beroperasi nanti pada malam pergantian tahun. Karena cuaca buruk diperkirakan, itu cukup berisiko.

Pengelola jip wisata juga senantiasa diminta mewaspadai cuaca buruk untuk menjamin keselamatan wisatawan. Pengelola jip wisata diminta untuk mengikuti standar prosedur keselamatan operasional dengan baik. Seperti penggunaan helm untuk setiap penumpang, pengecekan oli mesin, minyak rem, air radiator dan komponen kunci lainnya yang dapat mempengaruhi performa kendaraan.

“Kalau masih ada kendala, kami minta jip itu tidak dioperasikan dulu,” kata Dardiri. Harga sewa jip wisata merapi mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 800.000 tergantung jarak tempuh.

WICAKSONO SWASTA

Baca: Libur Akhir Tahun, 1.000 Jeep Wisata Siap Melayani Wisatawan di Lereng Merapi

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button