12 stasiun kereta api terbesar di Indonesia, nomor 4 memiliki bel kedatangan yang unik - WisataHits
Yogyakarta

12 stasiun kereta api terbesar di Indonesia, nomor 4 memiliki bel kedatangan yang unik

JAKARTA, iNews.id – Stasiun kereta api terbesar di Indonesia, dibangun untuk memenuhi kebutuhan transportasi darat masyarakat Indonesia. dimana tempatnya Berikut deskripsinya

Kereta api masih menjadi alternatif moda transportasi darat yang diandalkan sebagian masyarakat. Tidak hanya untuk Jabodetabek, tetapi juga untuk wilayah antar kota antar provinsi di pulau Jawa dan luar pulau Jawa.

Beberapa stasiun ini dibangun di atas area yang sangat luas untuk menampung banyak pengguna dan kereta api yang akan dilayani.

Berikut ini adalah stasiun-stasiun kereta api utama di Indonesia:

1. Stasiun Gambir

Stasiun kereta api terbesar pertama di Indonesia adalah Stasiun Gambir. Stasiun ini merupakan stasiun tipe A kelas besar.

Hal ini didukung karena stasiun Gambir melayani semua kereta api kelas bisnis dan eksekutif. Stasiun ini terletak tepat di sebelah Monumen Nasional atau Monas di Jalan Medan Merdeka, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Stasiun Gambir sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Awalnya stasiun ini hanya berupa daerah rawa dengan pemiliknya bernama Anthony Paviljoen.

Baru pada tahun 1697 Cornelis Chastelein membeli tanah itu. Kemudian stasiun kereta api Gambir dibangun pada masa penjajahan Belanda dan direnovasi secara ekstensif pada tahun 1990-an.

Bangunan Stasiun Gambir setelah konversi Art Deco, foto 1939. (Sumber: Tropenmuseum)Bangunan Stasiun Gambir setelah konversi Art Deco, foto 1939. (Sumber: Tropenmuseum)

2. Stasiun Kereta Api Balai Bandung

Stasiun Bandung Hall dikatakan sebagai stasiun terbesar kedua. Stasiun ini memiliki enam jalur, depo utama dan bengkel kereta api. Disebut juga Hallenbahnhof karena stasiun ini memiliki bangunan yang cukup besar seperti aula besar.

Stasiun Hall Bandung terletak di Jalan Stasiun Barat, Kb Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

Stasiun Bandung Hall adalah stasiun kereta api utama di Bandung bersama dengan Stasiun Kiaracondong. Sama seperti Stasiun Gambir, Stasiun Hall Bandung merupakan stasiun besar tipe A yang juga melayani perjalanan jarak jauh di pulau Jawa, seperti ke Gambir, Surabaya Gubeng dan Solo Balapan.

3. Stasiun Kereta Api Yogyakarta

Stasiun Kereta Api Yogyakarta atau biasa dikenal dengan Stasiun Tugu terletak di Jalan Pasar Kembang, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Letaknya yang strategis di jantung kota dekat dengan kawasan Malioboro menjadikan stasiun ini salah satu ikon tempat wisata tersebut.

Stasiun ini masih mengadaptasi gaya kolonial yang sangat kental. Stasiun Kereta Api Yogyakarta adalah salah satu stasiun kereta api tersibuk di pulau Jawa. Stasiun ini memiliki terowongan yang menghubungkan kedua peron yang keluar melalui Pasar Kembang.

Ada enam jalur kereta api di Stasiun Yogyakarta, yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu Peron Selatan dan Peron Utara.

Penerbit: Donald Karouw

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: jatim.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button