Tiket pesawat mahal, jalur darat lama, liburan sedikit - WisataHits
Jawa Barat

Tiket pesawat mahal, jalur darat lama, liburan sedikit

Tiket pesawat mahal, jalur darat lama, liburan sedikit

jakarta

Hari Jepit Nasional (Harpitnas) diusulkan sebagai hari libur. Ada banyak pintu masuk bagi masyarakat untuk berlibur saat Harpitnas.

Harpitnas biasanya mendekati akhir pekan. Sebelum pandemi, ada tren liburan 3-4 hari bisa digunakan untuk bepergian ke luar negeri.

Tapi sekarang semuanya telah berubah. Tiket pesawat menjadi semakin populer dan segudang persyaratan untuk memasuki negara lain menjadi sulit. Inilah yang membuat tren liburan begitu tinggi di Tanah Air.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Dulu liburan 3-4 hari bisa ke Singapura, Thailand, dan Hong Kong. Sekarang saya tidak bisa ke sana selama 3 hari karena mahal banget,” kata Madeline, Kepala Humas ASTINDO kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenkomarves).

Hal senada juga disampaikan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Mahalnya harga tiket pesawat menyebabkan para pemudik beralih ke jalur darat.

Jalur darat alternatif memang berkembang pesat karena dibantu oleh aksesibilitas antar kota yang lebih baik. Tapi ini lagi-lagi menjadi dilema, karena wisata pantai memakan waktu lama, padahal waktu liburannya sedikit.

“Semakin lama liburan semakin baik, karena perjalanan darat memakan waktu. Hari-hari lemah tidak optimal kecuali ditutup, ”kata Maulana Yusrad, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Mau tidak mau tempat wisata populer seperti Puncak, Bandung dan sekitarnya menjadi tujuan. Kemacetan lalu lintas tidak bisa dihindari lagi.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pergerakan wisatawan dalam Harpitnas terkonsentrasi di Jabodetabek. Ini jelas mengarah pada kesenjangan permintaan di kota-kota lain.

Banyak masukan yang diberikan selama diskusi. ASTINDO berharap semakin banyak tempat wisata di destinasi di luar pulau Jawa.

“Kami minta ada kegiatan wisata, misalnya ada konser di National Harpit. Jadi konsernya bukan di Jakarta-Bali, makin banyak orang pindah makin bagus,” kata Madeline.

Seberapa seru kegiatan wisata Harpitna menurut traveler sendiri?

Tonton video ‘Pemerintah Setujui Rencana Kenaikan Tarif Tiket Pesawat’
[Gambas:Video 20detik]
(bulan/bulan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button