PERIKSA DENGAN GIANT OCEAN GATE - WisataHits
Yogyakarta

PERIKSA DENGAN GIANT OCEAN GATE

Berkembangnya Candi Borobudur sebagai objek wisata unggulan terbantu dengan tersedianya sarana dan prasarana untuk kemudahan akses menuju kawasan Borobudur, antara lain pembangunan empat bangunan penanda pintu masuk kawasan candi. Keempat gerbang masuk tersebut adalah Gerbang Singa di Palbapang, Mungkid adalah pintu masuk dari Yogyakarta. Ada juga Gerbang Kalpataru di Mungkid, Blondo sebagai gerbang masuk jika datang dari Semarang. Pintu berikutnya adalah Gerbang Ganesha (Gajah) yang dibangun di Kembanglimus, Borobudur dan berfungsi sebagai perisai pintu masuk Purworejo. Gerbang Klangon atau lebih dikenal dengan Samudra Raksa Gate dirancang untuk pengunjung Borobudur dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Klangon, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo.

Gerbang yang menandai pintu masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Candi Borobudur merupakan Barang Milik Negara (BMN) yang dibangun Kementerian PUPR. Gerbang Samudra Raksa dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sebagai Barang Milik Daerah (BMD).

Peralihan dari BMN Gerbang Klangon ke BMD dikembangkan setelah kunjungan bersama ke lokasi kegiatan untuk pengalihan aset Paket Penataan Kawasan Gerbang Klangon, KSPN Borobudur dalam proses hibah. Site review ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Tim dari Kantor Umum Kementerian Sekretariat Negara, kantor PBMN diwakili dari pihak pemegang beasiswa
Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Bina Cipta Karya dan BPPW Provinsi DI Yogyakarta. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo diwakili oleh unsur Dinas Kebudayaan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang serta BKAD.

Saat menyusun paket langkah pengelolaan Kawasan Gerbang Klangon, dilakukan KSPN Borobudur sebagai syarat promosi BMN tersebut. Kedua belah pihak mengetahui barang yang akan diserahkan, termasuk lokasi, kondisi, nilai dan data pendukung lainnya dari Dinas PUPR. Pelaksanaan pemeriksaan fisik bersama ini berfungsi untuk mempercepat proses pendanaan BMN.

Seperti diketahui, Gerbang Samudra Raksa menjadi landmark di Kapanewon Kalibawang, dengan kompleks yang terdiri dari replika kapal besar sebagai objek utama dan bangunan ombak laut di seberangnya bertuliskan “Selamat Datang di Borobudur”. Daerah. Gerbang Klangon juga dimaksudkan sebagai tempat istirahat yang dilengkapi dengan bangunan untuk tempat usaha.

Hasil kajian teknis ini akan didokumentasikan dengan Protokol Pemeriksaan Fisik dimana masing-masing pihak menyepakati hibah BMN yang diberi nama Paket Kegiatan Pembangunan Gerbang KSPN Borobudur Kabupaten Kulon Progo dengan tahun pembangunan 2020. Sekretariat Negara Kementerian akan menerbitkan Persetujuan Surat Proses Presiden untuk pengalihan BMN kemudian disampaikan kepada Menteri Keuangan dan Dirjen Perbendaharaan Negara.

Source: bkad.kulonprogokab.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button