Apakah Anda ingin menyumbang atau Anda mencari "pengikut"? - WisataHits
Yogyakarta

Apakah Anda ingin menyumbang atau Anda mencari “pengikut”?

KOMPAS.com – Terpampang tulisan “Ini Bukan Wisata Bencana” di pinggir jalan Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Warga Desa Gasol memasang tulisan itu untuk mengungkapkan kekesalan mereka atas pesan yang tertulis di karton dan sebatang bambu.

Kabar tersebut menjadi sindiran bagi masyarakat yang melintas atau melintas di lokasi bencana gempa Cianjur.

Salah satunya Desa Gasol, banyak orang yang hanya datang untuk melihatnya dan mengabadikan momen dengan foto dan video.

“Sebenarnya tim kami memposting postingan ini karena kami tidak tahu orang-orang yang benar-benar berdonasi atau hanya ingin pengikut yang lebih banyak atau apa, kami tidak mengerti tujuan mereka,” kata salah satu relawan, Eka, di lapangan, Kamis. Dikutip dari TribunJabar.

Baca Juga: Pemerintah DI Yogyakarta Siap Membantu Mahasiswa Cianjur yang Tidak Memiliki Biaya Hidup

Warga Desa Gasol berusaha berpikir positif, namun menurutnya kebanyakan orang hanya datang untuk berfoto.

“Tapi kita coba berpikir positif, padahal di lokasi banyak warga dan relawan lokal yang menyaksikan seperti apa,” imbuhnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk menunjukkan empati dan menahan diri untuk tidak pergi ke lokasi bencana untuk membantu, daripada hanya mengambil foto dan video.

“Jadi kami memasang benda ini untuk mengingatkan diri sendiri bahwa ketika orang yang kita cintai terkena bencana, tidak baik hanya memposting atau memfilmkan saja,” katanya.

“Mari kita coba, sebagai manusia, untuk memiliki sedikit empati di hati kita atas dampak yang kita timbulkan pada keluarga korban. Tolong jangan pikirkan dirimu sendiri,” katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Ini Tidak ada wisata bencana, ingin berdonasi atau menambah pengikut? Penduduk Desa Gasol menyindir turis

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button