XI Jambore Nasional di Cibubur dihormati oleh Presiden Joko Widodo - WisataHits
Jawa Barat

XI Jambore Nasional di Cibubur dihormati oleh Presiden Joko Widodo

Jakarta (ANTARA) –

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghormatan kepada XI. Jambore Nasional 2022 yang dinilai telah berjalan dengan baik pada 14-21 Agustus dengan berbagai kegiatan pendidikan kepramukaan di bumi perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta.

“Saya kira kegiatannya sangat beragam. Keterampilan ada, teknologi ada, alam ada, budaya ada. Saya kira sangat bagus,” kata Presiden usai meninjau langsung kegiatan Jambore Nasional Jumat dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Menurut Presiden, Jambore Nasional tahun ini diisi tidak hanya dengan kegiatan alam tetapi juga lingkungan dan pengenalan warisan budaya takbenda Indonesia berupa batik bagi penyelenggara.

“Saya lihat sudah ada berbagai kegiatan, baik yang berkaitan dengan sampah plastik, yang isu lingkungan, ada yang mendaki, didatangkan dari daerah yang belum ada manufaktur tie dye,” ujarnya.

Presiden juga mengapresiasi pengenalan teknologi digital dalam penggalangan dana melalui zona desa digital dan komputasi awan.

“Saya juga melihat anak-anak dikenalkan dengan teknologi, digitalisasi, cara membuat website, cara bermain e-sports,” kata Presiden.

Kunjungan Presiden ke Jambore Nasional XI 2022 ini merupakan pemenuhan janjinya kepada Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso, yang menyampaikan undangan sekaligus rencana kegiatan pekan lalu saat tiba di Gedung Kepresidenan. Istana di Jakarta.

Selain Ketua Kwarnas Pramuka, Presiden juga didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam kunjungannya ke Jambore Nasional XI 2022.

XI Jambore Nasional 2022 bertema “Melalui Kegiatan Jamna XI 2022, Kita Ciptakan Pramuka yang Bahagia, Terlibat, dan Berprestasi” telah dilaksanakan sejak Minggu, 14 Agustus 2022, bertepatan dengan Hari Pramuka ke-61.

Calon Pramuka dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang berusia 11-15 tahun akan mengikuti Jambore Nasional XI 2022 yang juga akan menghadirkan sejumlah peserta dari luar negeri.

Sementara itu, sebanyak 16 Pramuka unggulan dari Kabupaten Garut, Jawa Barat telah dilepas untuk mengikuti Jambore Nasional XI 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur dalam upaya membangun karakter anak bangsa yang lebih baik.

“Alhamdulillah peserta kita sudah siap, putra dan putri, dan tentunya ini menjadi kelebihan kita, keuntungan bagi Kabupaten Garut, sehingga mudah-mudahan pramuka ini menjadi pemimpin Kabupaten Garut,” ujar Wakil Bupati Garut yang juga ketua umum Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Helmi Budiman usai pelepasan Tim Jambore Nasional XI Cibubur 2022 Kabupaten Garut di Garut, Kamis. Ia mengatakan Jambore Nasional tidak berlangsung selama dua tahun karena pandemi COVID-19, kemudian kembali digelar pada 2022 yang menampilkan putra-putri terbaik dari berbagai daerah di Indonesia.

Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, kata dia, mengirimkan dua tim yang terdiri dari 8 peserta putra dan 8 peserta putri yang menjalani proses seleksi yang ketat.

Ia berharap Pramuka menjadi gerakan massa sejak dini, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas, karena Pramuka akan menjadi tolok ukur bagi anggotanya untuk berkarakter baik dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

“Semua orang ikut kepramukaan, jadi nanti tinggal kita pilih siapa yang akan menjadi pejabat, pimpinan, pedagang, dll, kita harus ada perbekalan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut Usep Basuki Eko mengapresiasi gerakan Pramuka khususnya Kwarcab Kabupaten Garut yang mengirimkan peserta terbaiknya untuk mengikuti Jambore Nasional 2022.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi mengapresiasi XI tersebut. Jambore Nasional di Cibubur

Source: jabar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button