Deretan taman bermain yang dulu ramai, tapi kini sepi seperti kuburan, ada cerita menarik - WisataHits
Jawa Barat

Deretan taman bermain yang dulu ramai, tapi kini sepi seperti kuburan, ada cerita menarik

JAKARTA, iNews.id– Taman bermain yang dulu ramai sekarang sepi seperti kuburan. Tempat wisata ini seringkali menjadi tujuan wisata pilihan bagi sebagian orang pada awalnya.

Ada banyak tema yang ditawarkan taman hiburan ini, mulai dari wahana air hingga tema permainan yang akan menguji adrenalin Anda.

Namun, pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak tahun 2020 berdampak pada bisnis taman bermain. Beberapa harus tutup permanen karena tidak mampu membayar biaya operasional akibat hilangnya pengunjung.

Berikut beberapa tempat wisata yang dulu ramai dan hits kini sepi seperti kuburan:

1. Taman Air Snowbay

Pengoperasian eks taman air di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kini harus dihentikan sementara setelah merebaknya pandemi Covid-19 dan TMII resmi diambil alih oleh pemerintah.

Saat masih beroperasi, Snowbay Water Park sangat ramai karena memiliki fasilitas bermain yang lengkap. Diantaranya, dua wahana yang paling terkenal adalah Hurricane Slide dan Cool Running.

Seiring dengan renovasi TMII, Snowbay Water Park yang sempat menganggur selama dua tahun akan dialihfungsikan menjadi lahan parkir.

2. Wisata Desa Gajah

Berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, ditutup karena pailit sejak tahun 2017. Kawasan itu kemudian dibiarkan begitu saja, sehingga taman hiburan unik yang dulu terkenal pada zamannya itu kini terlihat berantakan dan angker.

Kawasan wisata keluarga seluas 140 hektar ini pernah dipagari dengan patung gajah di pinggir jalan simbolis. Selain itu, tempat yang digunakan untuk menawarkan wahana dan taman air.

3. Taman Remaja Surabaya

Sempat menjadi kebanggaan warga Surabaya. Pengunjung dapat menikmati 20 wahana di sana. Taman hiburan yang didirikan pada tahun 1971 itu kini telah ditutup oleh pemerintah setempat karena kerjasama dengan operator telah berakhir.

Keberadaan taman bermain yang dulu ramai yang berakhir pada 2018 kini sepi menjadi kuburan. Namun, menurut warga setempat, mereka masih menikmati mendengarkan riuh dan musik TRS di malam hari, yang seolah dihidupkan kembali.

4. Taman Air Fantasi Depok

Dikenal sebagai Aladin Waterpark, dilaporkan telah ditutup karena pandemi. Taman rekreasi air perintis di Kota Depok, Jawa Barat sedang diubah menjadi kompleks perumahan.

Bahkan, sebelum ditutup, Aladin Waterpark yang berdiri sejak 2008, selalu dipadati pengunjung, terutama anak-anak. Taman air yang luas ini memiliki ciri khas Timur Tengah dan memiliki beragam wahana mulai dari perosotan tinggi, air mancur, ember tumpah, dan banyak lagi.

5. Taman Festival Bali

Tempat bermain yang dulu ramai, sekarang sepi seperti kuburan. Dulu banyak turis lokal dan asing, sekarang resor ini lebih populer sebagai tempat foto untuk tempat-tempat sepi.

Tanaman merambat, semak-semak, dan grafiti yang memenuhi tempat itu memberikan suasana yang menakjubkan namun eksotis.

Tidak jauh dari Pantai Sanur di Bali, tempat ini konon pernah menjadi taman festival yang populer saat itu. Namun karena krisis, Festival Taman harus berhenti beroperasi pada 1999, meski baru dibuka selama dua tahun.

Menariknya, setelah terbengkalai, Bali Festival Park menjadi tempat wisata horor karena suasananya yang menegangkan. Bahkan, pengunjung yang ingin melakukan wisata horor di sini akan dikenakan biaya masuk sebesar 10.000 rupee.

Nah itulah lima tempat bermain yang dulunya ramai tapi sekarang sepi jadi kuburan.

Penerbit: Kurnia Illahi

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button