Asal usul nama Pongkor Geopark, simak penjelasannya - WisataHits
Jawa Barat

Asal usul nama Pongkor Geopark, simak penjelasannya

Bogordaily.net– Pongkor adalah nama sebuah gunung di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dimana tambang emas PT Antam Tbk berada. Tambang Emas Pongkor adalah ikon penting di Geopark Pongkor.

“Geologi Gunung Pongkor tergolong luar biasa karena memiliki ciri khas tersendiri yang dianggap berkelas internasional. Oleh karena itu, diputuskan bahwa geopark ini adalah Geopark Pongkor,” jelas Denny Sukamto, anggota Tim Percepatan Geopark Nasional Pongkor.

Geopark terintegrasi ke dalam tiga pilar komponen alam dan budaya, yaitu konservasi, pendidikan, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Dalam seminar yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbang) pada Kamis, 3 November 2022, dijelaskan bahwa geopark adalah kawasan geografis tunggal atau gabungan yang memiliki warisan geologi (geosite) dan bentang alam yang bernilai.

Seminar Strategis Pengembangan Geoproduk di Kawasan Geopark Nasional Pongkor pada Kamis, 3 November 2022. (Mutia/Bogordaily.net)

Demikian disampaikan Kepala Departemen Perekonomian Sumber Daya Alam (PSDA) Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Rahmi Karmelia, saat memberikan keterangan kepada para pemangku kepentingan.

Dijelaskannya, Kabupaten Bogor memiliki 40 kecamatan yang tersebar. Dari jumlah tersebut, 15 kecamatan di Kabupaten Bogor telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional Pongkor.

Delapan kecamatan di kawasan geopark melakukan sosialisasi dan rapat koordinasi geoproduk selama delapan kali pertemuan melalui focus group discussion (FGD) dan rapat koordinasi (Rakor). Kegiatan ini lebih lanjut membahas pengembangan strategis produk geo di kawasan.

“Geopark Nasional Pongkor terdiri dari lembah dan pegunungan yang sangat layak dijadikan objek wisata karena sudah ada beberapa kawasan wisata alam,” kata Kepala Dinas PSDA Bappedalitbang Kabupaten Bogor Rahmi Karmelia, Kamis 3, 2022.

Sementara itu, Denny mengatakan tujuan pengembangan geopark adalah untuk membuat pembangunan, pembangunan, dan pertumbuhan ekonomi lokal, regional, dan nasional berkelanjutan.

Keunggulan lainnya adalah dapat digunakan sebagai tempat konservasi, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, melestarikan sumber daya alam, dan juga sebagai situs pendidikan. (Mutia Dheza Cantika)

Editor: Riyaldi

Tonton lebih banyak video dan kunjungi Youtube BogordailyTV

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button