Media Center Departemen ESDM RI - Arsip Berita - WisataHits
Jawa Barat

Media Center Departemen ESDM RI – Arsip Berita

Festival Desa Energi Mandiri di Kampung Kepiting mendukung pelaksanaan transisi energi

Senin, 28 November 2022 – 42 kali dibaca

DEPARTEMEN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

KONFERENSI PERS

NOMOR: 489.Pers/04/SJI/2022

Tanggal: 28 November 2022

Festival Desa Energi Mandiri di Kampung Kepiting mendukung pelaksanaan transisi energi

Kampung Kepiting, Kutawaru sudah tidak asing lagi menjadi ikon wisata di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Seperti namanya, di tempat ini kita bisa menemukan banyak tambak untuk penangkaran kepiting dan aneka ikan. Namun tak hanya sebagai ikon wisata, Kampung Kepiting kini juga berubah menjadi desa mandiri energi.

Pada Jumat (25/11), digelar Festival Desa Energi Berdikari sebagai bagian dari kegiatan Petugas Penggerak Pertamina di Desa Kepiting sebagai salah satu dukungan transisi energi desa yang telah menggunakan energi bersih untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakatnya. . Memasang panel surya sebesar 6,6 kilowatt peak (kWp) untuk memenuhi kebutuhan energi area yang terus berkembang untuk freezer, pompa, penerangan dan kebutuhan lain di tambak.

Pada pembukaan Festival Desa Energi Mandiri, Staf Ahli Menteri Perencanaan Strategis Kementerian ESDM yang juga Ketua Kelompok Kerja Transisi Energi (ETWG) G20 Presidensi Indonesia 2022, Yudo Dwinanda Priaadi menyampaikan harapannya juga ke depan untuk lebih menggalakkan penggunaan sumber energi lokal seperti matahari, air dan angin. “Dari sini energinya dipakai di sini (di daerah),” kata Yudo.

c-cilacap-3.png

Ia menilai, kehadiran Kampung Kepiting dan desa lainnya yang menggunakan sumber energi terbarukan sejalan dengan semangat transisi energi negara-negara G20 yang dituangkan dalam Deklarasi Bali. “Sedikit menambahkan, di forum G20 kami mengusung tema utama seperti akses, teknologi, dan keuangan. Semua orang bertemu di desa ini. Kami menyediakan akses ke listrik, seperti freezer, dan pendanaan sudah berjalan. “Terima kasih kepada Pertamina yang telah mendukung upaya ini,” kata Yudo.

Yudo berharap sinergi, inovasi dan kolaborasi ini terus berlanjut yang membutuhkan peran aktif berbagai institusi dalam proses transisi energi dengan menyebarkan inovasi ke setiap pelosok desa di Indonesia. “Masing-masing daerah boleh berbeda, sesuai kebutuhannya, kalau disini sangat bagus untuk freezer, pompa dan macam-macam tentunya silahkan kembangkan inovasi, kreatifitas, ide cemerlang, cocok menggunakan energi terbarukan,” pungkas Yudo.

c-cilacap-4.png

Pada Festival Desa Tenaga Mandiri, berbagai kegiatan akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Mulai dari Bazar UMKM Pertamina Rifenery International Cilacap Unit IV Cilacap, edukasi pemanfaatan dan pemeliharaan energi baru dan terbarukan, penyaluran sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, hingga peninjauan revitalisasi desa wisata, penanaman mangrove, penyuluhan kesehatan bagi ibu-ibu dan Anak-anak, lokakarya pengolahan sampah untuk didaur ulang.

Pada kesempatan yang sama, Erry Sugiharto, Direktur SDM PT Pertamina (Persero), menyampaikan pesannya kepada masyarakat untuk ikut terlibat dalam pemeliharaan panel surya di kawasan Kampung Kepiting. “Terima kasih kepada masyarakat di sini yang telah menyambut kami dengan sebaik-baiknya. “Mudah-mudahan kita bisa meningkatkan program seperti ini sekali lagi, sehingga ke depan diharapkan Pak Yudo dan Departemen ESDM mengembangkan EBT dan pada akhirnya mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil,” ujar Erry.

c-cilacap-2.png

Perlu diketahui bahwa Program Kampung Energi Pertamina Berdikari melibatkan generasi muda dari program Gerakan Prakarsa Listrik Tenaga Surya Departemen ESDM bekerja sama dengan Masyarakat Energi Terbarukan, salah satu lembaga penggerak generasi muda di sektor energi dunia bersih. Tahun ini, 11 lokasi memasang PLTS dengan output lebih dari 70 kWp:

1. Balkon Wringinputih, Magelang, Jawa Tengah

2. Balkon Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah

3. Desa Wisata & Peternakan Kepiting Kutawaru Cilacap Jawa Tengah

4. Energi Kehidupan Karang-Karangan, Luwu, Sulawesi Selatan

5. Kabupaten Energi Cindako, Maros, Sulawesi Selatan

6. Wisata Edukasi Desa Sekaja Jambi

7. Desa Energi Krueng Raya, Aceh

8. Kelompok Tani Desa, Wayame, Maluku

9. Desa Keliki, Gianyar, Bali

10. Walahar Eco Green, Karawang, Jawa Barat

11. Pusat Konservasi Elang

(BTJ)

Kepala Dinas Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama

Pribadi Tertinggi (08112213555)

Bagikan ini!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button