Wisata pantai di Lombok - WisataHits
wisatahits

Wisata pantai di Lombok

Wisata pantai di Lombok

Objek yang tak terhitung jumlahnya wisata pantai di Lombok yang dapat Anda jelajahi. Pulau yang terkenal dengan penduduknya yang penurut dan bersahaja ini memiliki keindahan pantai yang luar biasa.

Pulau ini memang kecil, luasnya hanya sekitar 4.725 km². Coba bandingkan dengan pulau Jawa yang luasnya 128.297 km². Namun dari segi pariwisata, Lombok tentu tidak kalah dan masih bisa bersaing dengan pulau Jawa atau pulau lain di Indonesia.

Wisata pantai di Lombok

Di antara banyak resor Di Lombok ada beberapa pantai yang menjadi icon sekaligus objek wisata favorit di Lombok yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Yang datang bukan hanya turis lokal atau turis dari daerah lain di Indonesia, tapi banyak juga turis mancanegara. Wisatawan sengaja datang jauh-jauh hanya untuk melihat dan menikmati liburan di Pulau Lombok yang aduhai.

OKE. Kami pikir itu adalah pembukaan yang cukup untuk artikel ini. Selanjutnya yuk cari tahu pantai-pantai apa saja di Lombok yang menjadi favorit wisatawan dan wajib kamu kunjungi saat musim liburan.

Wisata pantai favorit di Lombok

1. Gili Trawangan

wisata pantai di lombok-gili-trawangan

Anda mungkin sudah sering mendengar atau membaca tentang tempat wisata pantai Gili Trawangan. Pantai ini memang terkenal. Ia adalah objek wisata favorit di Lombok yang juga sering dikunjungi oleh para seniman nasional.

Gili Trawangan menawarkan kawasan pantai yang indah eksotik dan sangat nyaman digunakan sebagai tempat tidur bagi siapa saja yang mendambakan ketenangan. Agak jauh dari perkotaan, menjadikan Gili Trawangan indah, bersih dan tenang dari segala kebisingan kota.

Apalagi, ada berbagai aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di tempat ini. kamu bisa berenang, tubaatau menikmati hangatnya mentari pagi sambil berjemur.

Fasilitasnya lengkap. Di sini tersedia hotel dan hostel bagi anda yang ingin menginap, diskotek, kafe, restoran, tempat ibadah berbagai agama.

2. Pantai Kuta

kunjungi-pantai-di-lombok-kuta-pantai

Bukan pantai Kuta di Bali ya. Jika Anda belum tahu, Lombok juga memiliki pantai yang indah bernama pantai Kuta. Dinamakan demikian karena lokasinya di desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

Jangan salah, pantai ini tidak kalah indahnya dengan Pantai Kuta di Bali. Pasir pantainya berwarna putih kecoklatan, kawasan pantainya juga sejuk, sangat nyaman untuk tempat bersantai bersama keluarga maupun pasangan bagi anda yang masih muda.

Lalu, yang membuat pantai ini semakin menarik dan akhirnya menjadi magnet bagi wisatawan adalah keberadaan bukit Mandalika yang berada di sisi barat.

Dari bukit ini Anda bisa melihat keseluruhannya pedesaan Pantai Kuta dengan pemandangan terumbu karang yang jelas. Di pantai ini Anda bisa melihat terumbu karang dengan sangat jelas. Hal ini dikarenakan air laut di Pantai Kuta sangat jernih dan bersih.

Jangan ditanya tentang fasilitas wisata di Pantai Kuta. Sebagai salah satu objek wisata pantai favorit. Di sini tentunya tersedia fasilitas lengkap untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelancong.

3. Pantai Senggigi

menara-of-the-beach-in-lombok-senggigi-beach

Pantai ini bisa dibilang tidak jauh dari pusat kota Mataram yang merupakan ibu kota Pulau Lombok. Meski begitu, pantai ini tetap nyaman untuk dikunjungi karena suasana di sekitar kawasan masih asri dan bersih.

Yang menarik dari Pantai Senggigi adalah keberadaan dua situs budaya yang masih terjaga sampai sekarang. Kedua situs budaya tersebut adalah Batu Layar dan Batu Bolong.

Jika Anda memiliki waktu untuk mengunjungi pantai Senggigi, Anda dapat mengunjungi salah satu atau kedua situs budaya tersebut untuk mempelajari budaya masyarakat Lombok atau sekedarnya berburu Foto.

Di Batu Bolong misalnya, Anda bisa memotret objek candi atau mengubahnya menjadi objek konteks Foto. Pura ini terlihat unik karena dibangun di atas sebongkah batu karang. Sementara di Batu Layar, Anda bisa berziarah ke makam seorang ulama Lombok di masa lalu yang turut menyebarkan Islam ke Pulau Lombok.

4. Pantai Nipah

tour-de-la-plage-in-lombok-nipah-beach

Tidak jauh dari Pantai Senggigi, sekitar 20 menit dengan mobil, Anda akan menemukan Pantai Nipah yang juga merupakan salah satu objek wisata pantai terpopuler di Lombok. Seperti halnya Pantai Kuta, nama pantai ini juga diambil dari nama daerah tempatnya berada, yakni di Dusun Nipah, Desa Malaka, Pemenang, Lombok Utara.

Selain keindahan perpaduan air laut yang hijau dengan pohon kelapa yang berjejer di tepi pantai, Pantai Nipah sangat digemari wisatawan karena beragamnya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini.

Di sini Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang, berjalan-jalan di sekitar pantai dengan perahu, kano, dll. tuba.

Oh ya, perjalanan Anda dari pantai Senggigi atau tempat lainnya menuju pantai Nipah tidak akan ada masalah. Jalannya sangat mudah dilalui karena sudah dilapisi hotmic. Apalagi lokasi pantainya juga mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan.

5. Pantai Merah Muda

visit-to-the-beach-in-lombok-plage-rose

Seperti namanya, pantai pink ini memiliki pasir pantai yang terlihat agak kemerahan. Dari kejauhan, warna merah pasir pantai ini akan berubah dan terlihat seperti pink. Dialah cikal bakal yang mengubah nama yang semula disebut Pantai Tangsi menjadi Pantai Pink.

Ada apa di pantai ini?

Selain karena warna pasirnya yang unik, pantai pink ini juga akan terlihat memukau karena tebing-tebing tinggi yang mengelilingi kawasan tersebut. Jadi untuk itu bob berenang, airnya juga sangat bersih, arusnya juga tenang sehingga sangat aman untuk anak-anak terutama orang dewasa.

Pantai ini terletak di Desa Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

6. Pantai Menurut Belanak

tour-of-the-beach-in-lombok-selong-belanak-beach

Meski belum menerima kunjungan wisatawan sebanyak pantai-pantai favorit sebelumnya. Pantai Menurut Belanak diperkirakan akan segera mencapai puncaknya pada tahun 2019.

Sedikit sekali wisatawan yang mengunjunginya, hanya karena kurangnya promosi dari pihak pengelola, sehingga kabar tentang pantai yang sangat indah ini tidak tersebar luas.

Jika diperhatikan, pantai yang terletak di Desa Seulg Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah ini memiliki ciri khas tersendiri pada garis pantainya yang berbentuk bulan sabit. Selain itu, alam sekitar masih sangat alami sehingga menjadi tempat yang sangat cocok untuk melepaskan segala keluh kesah dari rutinitas dunia kerja.

Kegiatan yang paling menarik di pantai ini adalah menonton matahari terbenam sore sambil menikmati angin sepoi-sepoi dari pantai. Jika lapar, restoran-restoran yang berjejer di tepi pantai siap mengisi perut Anda dengan hidangan khas dari pantai.

7. Pantai Tanjung Aan

kunjungi-pantai-di-lombok-tanjung-aan

Pantai ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta di Lombok tengah. Pasir putih, dengan garis pantai pendek dan tepi pantai yang mengarah langsung ke Samudera Hindia.

Kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan di Pantai Tanjung Aan antara lain berenang, berperahu, tubadan berselancar di sore hari saat ombak sangat mendukung untuk kegiatan ini.

8. Pantai Tanjung Bloam

kunjungi-pantai-di-lombok-tanjung-bloam-beach

Jika Anda penasaran dan ingin melihat bagaimana penyu hidup dan bagaimana keberadaannya dilestarikan, Anda bisa berlibur ke Pantai Tanjung Bloam. Karena selain dikenal sebagai objek wisata, Pantai Tanjung Bloam juga telah lama menjadi pusat konservasi hewan laut berbentuk unik tersebut.

Lokasi Pantai Tanjung Bloam berada di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Jerowaru, Lombok Timur. Selain melihat kehidupan penyu, pantai ini juga menawarkan pesona berupa birunya air laut, tebing karang terjal, dan pantai berpasir putih.

Namun untuk aktivitas yang bersentuhan langsung dengan pantai sepertinya harus ekstra hati-hati karena ombak di pantai ini sangat besar.

9. Pantai Gili Meno

wisata pantai di lombok-gili-meno

Jika Anda pernah mendengar istilah tersebut pantai pribadi tapi tidak mengerti artinya, jadi cobalah datang ke pantai Gili Meno. Pantai ini benar-benar memberikan apa yang seharusnya pantai pribadi dengan segala kelebihannya.

Selain air lautnya yang bisa dibilang super jernih, di pinggir pantai juga terdapat beberapa gazebo untuk duduk-duduk atau berlindung dari terpaan sinar matahari.

Sedangkan aktivitas paling menarik yang bisa Anda lakukan di sini adalah menyelam Di mana tuba untuk melihat langsung seperti apa kehidupan bawah laut di pantai ini. Untuk aktivitas ini Anda bisa memilih tempat terbaik di Meno dinding atau di ujung penyu.

10. Pantai Gua Landak

kunjungan-ke-pantai-di-lombok-goa-landak

Satu dari pantai barat Lombok Meski tidak setenar Pantai Nipah atau Pantai Senggigi, namun pantai ini masuk dalam daftar pantai Lombok yang wajib Anda kunjungi.

Di sini selain bersantai dan menikmati suasana pantai yang masih alami, Anda juga bisa mengunjungi gang sempit yang tidak jauh dari bibir pantai untuk berfoto di depan atau di dalam gang yang ternyata asal muasal nama wana ini. . dengan nama Goa Porcupine.

Lalu, di pantai ini juga ada tempat Nama unik lainnya adalah Bukit Ombak. Dinamakan demikian karena bentuk bukit ini menyerupai gulungan ombak yang hendak menerjang pantai.

Selain menjadi tempat yang strategis untuk menikmati pantai Goa Landak seutuhnya, tempat Bukit Ombak juga sering dijadikan tempat berfoto oleh para wisatawan.

Pantai Goa Landak terletak di Desa Mandar, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Lokasinya cukup dalam dan akses jalan cukup sulit. Jalannya curam dan tidak beraspal.

11. Pantai Elak-Elak

visit-the-beach-in-lombok-escape-elak-beach

Pantai selanjutnya yang memiliki suasana yang sama dengan pantai Goa Landak yang masih alami dan sepi adalah pantai Elak-Elak yang berada di Sekotong, Lombok Barat. Pantai ini dinamakan Pantai Elak-Elak karena bentuknya yang menyerupai tanjung yang menjorok ke dalam. Mirip dengan bentuk Elak yang dalam bahasa Indonesia berarti bahasa.

Untuk menuju pantai Elak-Elak dari pusat kota Mataram. Anda perlu berkendara sekitar 1,5-2 jam. Namun berbeda dengan akses jalan menuju Pantai Goa Landak, jalan menuju Pantai Elak-Elak sudah diaspal, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mencapainya.

Lihat dan baca juga : Wisata di Banyuwangi

Pantai-pantai di Lombok memang terkenal dengan keindahan dan kealamian daerahnya. Selain itu, masyarakatnya selalu ramah menyambut siapa saja yang datang, yang membuat traveler pasti betah berlama-lama dan akhirnya ingin kembali dan kembali lagi ke Lombok.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button