Komisi II yang tertata rapi mengapresiasi kebangkitan Situ Ciburuy - WisataHits
Jawa Barat

Komisi II yang tertata rapi mengapresiasi kebangkitan Situ Ciburuy

KB | Dialog Rakyat | Keadaan Situ Ciburuy saat ini, setelah ditata dan direvitalisasi, menjadi semakin eksotis dan menjadi daya tarik tersendiri. Situ Ciburuy sudah menjadi salah satu ikon wisata baru di Kabupaten Bandung Barat.

Situ Ciburuy yang terletak di Kacan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hanya setelah kebangkitannya.

Kini wajah baru destinasi wisata Situ Ciburuy terlihat lebih asri dan tertata secara keseluruhan tanpa mempengaruhi fungsi air baku dan irigasi.

“Revitalisasi Ciburuy sudah selesai, yang dulu tidak tertata, warung-warung kumuh, sekarang terlihat tertib dan bersih, warga bisa berinteraksi dengan nyaman, kita juga dukung UMKM. Ini menjadi kado bagi warga KBB untuk menambah pusat-pusat pariwisata yang sudah luar biasa di KBB,” kata Ridwan Kamil.

H. Syamsul Bachri, Anggota Komisi II DPRD Jabar, SH, MBA Fraksi PDI-P, mengapresiasi selesainya revitalisasi Situ Ciburuy.

Keadaan Situ Cuburuy kini terlihat lebih asri, nyaman dan asri, yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati dan berlibur di kawasan baru Situ Ciburuy yang terletak di Kabupaten Bandung Barat.

Demikian disampaikan Syamsul Bachri saat dimintai tanggapannya, terkait dengan selesainya dan dilantiknya Gubernur Jabar beberapa hari lalu, Senin (15/8/2022).

Ia mengatakan, penataan dan revitalisasi kawasan Situ Ciburuy seluas 41 hektare itu menghabiskan anggaran 32 miliar rupiah dari APBD Jabar APBD 2019 dan 2020.

Proses pengerjaan sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, namun setelah kondisi membaik, pengerjaan revitalisasi akan dilanjutkan.

Letak Situ Ciburuy sangat strategis, dekat dengan pemukiman penduduk, sehingga selain berfungsi sebagai irigasi dan penyediaan air baku, juga terdapat fungsi rekreasi/pariwisata. Lantas mengapa DPRD Jabar mendukung keinginan Pemprov Jabar untuk melakukan revitalisasi?

Kini kawasan Situ Ciburuy telah direvitalisasi, kondisinya cukup asri, asri dan nyaman, sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata. Padahal, beberapa waktu lalu, ketika pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Jabar meninjau status revitalisasi Situ Ciburuy, kami optimistis tingkat kunjungan wisatawan ke Situ Ciburuy akan terus meningkat.

Tentunya semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Situ CIburuy akan semakin berdampak positif bagi masyarakat sekitar karena secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Komisi II juga mendorong para pelaku UMKM untuk menjual karya kulinernya baik berupa makanan, minuman maupun dalam bentuk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan.

Selain itu, kata politisi PDIP itu, untuk mendukung pariwisata di situs Situ Ciburuy, Komisi II DPRD Jabar mendorong Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar menggelar event wisata baik berupa Ciburuy Fashion Week maupun memutar seni budaya. pameran menjadi kompetisi berperahu tradisional, katanya. (hm)

Source: bandungberita.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button