Pantai Senggigi, Wisata Bahari yang Eksotis di Lombok Barat - WisataHits
wisatahits

Pantai Senggigi, Wisata Bahari yang Eksotis di Lombok Barat

Pantai Senggigi salah satu wisata pantai yang populer dikunjungi wisatawan di Lombok Barat. Pantai berpasir yang eksotis menawarkan keindahan alam yang masih alami.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Senggigi, Kecamatan. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Lombok adalah pulau utama provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki banyak keindahan alam yang tersaji disini. Salah satunya adalah Pantai Senggigi, Lombok. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang patut untuk dikunjungi.

Pesona pulau Lombok sebenarnya tidak jauh dari pulau Bali, sehingga banyak yang menyamakannya dengan pulau dewata. Pulau ini memiliki berbagai destinasi wisata bahari dan lainnya. Pantai eksotis ini sendiri banyak dijuluki Pantai Kuta di Lombok.

Pantai ini memang hampir mirip dengan pantai Kuta yang ada di pulau Bali. Meski tidak seluas Pantai Kuta, Pantai Senggigi menawarkan panorama dan pemandangan yang hampir sama dengan pantai di pulau tetangga.

Atraksi Pantai Senggigi

Aktivitas di Pantai SenggigiKredit gambar: Google Maps Prima Wahyudi

1. Pesona pasir putih yang indah

Pantai di sebelah barat Pulau Lombok ini memiliki pasir putih. Pasir pantainya juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga sangat nyaman di kaki. Merasakan pasir pantai bertelanjang kaki ini memang menjadi sensasi tersendiri.

2. Air laut jernih dan air dangkal

Pantai ini memiliki air yang sangat jernih sehingga wisatawan dapat melihat dasar laut dengan jelas. Banyak pengunjung yang memanfaatkan jernihnya air laut untuk bermain, berfoto dan menyelam.

Selain itu, dasar laut di dekat pantai juga relatif dangkal. Beberapa meter dari pantai, memiliki karang dan dasar yang tidak terlalu dalam. Formasi alam ini seolah menyatu dengan airnya yang jernih sehingga menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Senggigi.

Pengelola tempat ini menggunakan dua elemen ini untuk membuat kunjungan yang berbeda. Wisata ini tidak dapat ditemukan di berbagai pantai lainnya. Tur ini melibatkan snorkeling atau menyelam di bawah permukaan air untuk mencapai dasar laut.

Dengan kedalaman laut yang dangkal di sekitar tempat wisata ini, fasilitas snorkeling sepertinya menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung. Mencobanya bisa memberikan wisatawan pengalaman yang berbeda dari mengunjungi destinasi wisata lainnya.

3. Lanskap eksotis berpadu dengan garis pantai yang panjang

Pantai Senggigi menawarkan panorama alam yang luar biasa. Di sekitar pantai banyak ditumbuhi pepohonan yang membuat suasana semakin nyaman. Angin berhembus menerpa daun-daun pepohonan, membuat pohon-pohon palem beriak. Bayangan yang dihasilkan menjadi lebih damai dan tentram.

Pemandangan menyatu dengan beberapa keindahan pantai lainnya. Keindahan alamnya berpadu dengan indahnya air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Berkunjung ke pantai ini bisa membawa ketenangan pikiran bagi para pengunjungnya.

4. Ombak ramah untuk peselancar pemula

Bagi Anda yang hobi berselancar atau surfing, pantai ini bisa menjadi pilihan destinasi untuk dikunjungi. Pasalnya, pantai andalan Pulau Lombok ini memiliki ombak yang cukup kuat namun tidak terlalu besar.

Banyak peselancar mencoba menaklukkan ombak di pantai. Tidak hanya peselancar dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Ombak di sini memang menjadi salah satu favorit para peselancar dunia.

5. Pura Batu Bolong yang Menawan

Tidak jauh dari Pantai Senggigi, terdapat sebuah pura yang memiliki keunikan tersendiri. Pura tersebut bernama Batu Bolong. Pengunjung dapat mengunjungi pura ini dengan menempuh perjalanan hanya sekitar 5 menit dari pantai dengan berjalan kaki.

Pura Batu Bolong merupakan salah satu ikon wisata Pulau Lombok. Pura ini terletak di atas batu karang yang menjorok ke laut. Batu itu berlubang karena abrasi laut. Dengan ciri khas batu yang berlubang, candi ini mendapat nama tersebut.

Batuan yang menopang candi adalah teluk yang terbuat dari batuan lava andesit-basal. Lava tersebut berasal dari kawasan Taman Nasional Rinjani di Lombok.

Di dalam pura, beberapa arca memantulkan sinar Hyang Widhi. Beberapa arca tersebut antara lain Rama, Laksana, Subali, Sugriwa, dan ada juga arca naga.

6. Perbukitan di sekitar pantai seperti benteng yang melindunginya

Di sekitar pantai, kita bisa melihat beberapa bukit yang berada. Perbukitan akan terlihat megah jika dilihat dari lokasi yang cukup jauh. Keberadaan bukit seolah membuat pantai ini semakin eksotis. Bukit-bukit yang ditumbuhi pohon-pohon indah memberikan pemandangan yang sejuk untuk dipandang.

7. Sapi dan perkebunan kelapa di sekitar pantai

Wisatawan dapat menjelajahi pantai ini lebih jauh. Jika pengunjung berjalan jauh ke utara, mereka akan menemukan rumpun kelapa yang terbentang memanjang. Perkebunan kelapa ini seolah membuat pantai yang indah ini semakin indah dan layak masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Di kebun kelapa Anda juga dapat menemukan banyak sapi yang berkeliaran. Mereka tampak memakan rerumputan yang tumbuh di bawah pohon kelapa. Sapi-sapi itu milik warga sekitar. Banyak kawanan sapi di sekitar kawasan wisata ini.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk Pantai Senggigi

Alamat Pantai SenggigiKredit gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Pantai ini terletak di Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari kota Mataram. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Mataram untuk mencapai pantai eksotis nan indah ini. Tempat ini berjarak 50 kilometer dari Bandara Internasional Lombok.

Jika pengunjung ingin menggunakan angkutan umum dari kota Mataram, sebaiknya menggunakan angkutan dengan jalur Sweta – Ampenan. Setelah sampai, naik sarana transportasi lain dengan jalur Ampenan – Senggigi. Jika sudah sampai, Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk sampai ke pantai.

Bagi wisatawan yang sebelumnya berada di Pulau Bali, dapat menggunakan speed boat atau kapal cepat untuk menuju destinasi ini. Speedboat melintasi Selat Lombok dari Padang Bai menuju Pantai Senggigi. Rute speedboat adalah Bali-Senggigi-Bali.

Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Harga tiket masuk ke destinasi ini adalah Rp 15.000. Harga yang cukup murah mengingat begitu banyak keindahan panorama alam yang akan dinikmati.

Pengunjung juga harus membayar biaya parkir jika menggunakan kendaraan sendiri untuk menuju lokasi ini. Harga tersebut ditambahkan ke tiket masuk yang dibeli. Tarif parkir mobil bervariasi mulai dari Rp 15.000 saja dan jika pengunjung menggunakan bus akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Senggigi

Aktivitas di Pantai SenggigiKredit gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

1. Snorkeling

Tur ini telah menjadi ikon untuk tempat ini. Pantai Senggigi terkenal dengan snorkeling atau diving di lautnya, hal ini sejalan dengan bentuk alam yang ada di pantai ini. Banyak karang tumbuh melewati pantai, membuatnya cukup dangkal dan sangat cocok untuk snorkeling.

Berkunjung ke tempat ini belum lengkap rasanya jika tidak mencoba snorkeling. Anda akan menikmati keindahan terumbu karang dan fitur bawah laut lainnya di bawah. Ada banyak persewaan peralatan snorkeling di pantai ini.

Biaya snorkeling hanya sekitar ratusan ribu. Ini adalah satu set lengkap semua peralatan. Pengunjung tidak akan kecewa untuk membayar jumlah ini ketika mereka melihat batu karang yang indah yang belum tersentuh di bawah laut.

2. Kano, banana boat, dan lainnya

Tempat ini menawarkan wisata lain selain snorkeling. Di sini, pengunjung bisa merasakan sensasi bermain kano atau banana boat kecil. Mencoba segalanya bisa membuat pengunjung merasakan sensasi lain dari Pantai Senggigi.

Harga yang harus dibayar jika ingin menggunakan kano dan banana boat hanya berkisar Rp 50.000 saja. Pengunjung dapat menikmati tempat ini dengan mencoba wisata agar liburan semakin menyenangkan.

3. Berselancar

Kita tahu bahwa tempat ini memiliki ombak yang sangat populer di kalangan peselancar. Oleh karena itu, jika Anda suka berselancar, aktivitas liburan Anda di pantai favorit ini akan lebih seru dan menyenangkan.

5. Menikmati matahari terbenam

Sedangkan untuk pantai-pantai lainnya, fenomena matahari terbenam semakin indah dilihat dari tempat ini. Tak heran jika banyak wisatawan rela pergi jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan sunset di tempat ini.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Senggigi

Akomodasi di Pantai SenggigiKredit gambar: Google Maps Puri Mas Beach Resort

1. Resor dan Spa Butik Puri Mas

Hostel mewah dengan fasilitas yang sangat baik ini sangat dekat dengan Pantai Senggigi, Lombok. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman menginap yang luar biasa dengan berbagai penawaran seperti AC dan kolam renang. Harga sewa terkait dengan peralatan.

2. Lombok Cottage Nyaman

Tempat ini cukup murah untuk fasilitas yang bisa didapatkan seperti AC untuk kolam renang. Pengunjung hanya membutuhkan ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan kamar di tempat yang nyaman ini.

3. The Villas by Puri Mas Boutique Resort

Penginapan ini tergolong mewah dan berkelas. Tempat ini berjarak kurang dari satu kilometer dari pantai. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari restoran hingga kolam renang.

4. OYO 2864 Mangsit Garden Residence

Hostel minimalis ini terbilang sangat murah dengan kondisi yang tetap nyaman untuk ditinggali. Fasilitasnya terdiri dari AC hingga wifi.

5. Norton Homestay

Hostel kelas menengah ini terlihat sangat nyaman dan cukup mewah dengan fasilitas seperti AC, restoran dan kolam renang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Senggigi Lombok

Fasilitas di Pantai Senggigi LombokKredit gambar: Google Maps ke foto resmi

Destinasi wisata terkenal di Pulau Lombok ini menawarkan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Terdapat area parkir untuk memudahkan wisatawan memarkir kendaraannya dengan aman sambil menikmati keindahan pantai.

Selain itu, terdapat toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung pantai. Ada juga banyak persewaan peralatan untuk snorkeling, selancar, dan pengambilan foto. Ada banyak tempat makan di kawasan pantai ini. Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan jika datang ke sini.

Pulau Lombok mencatat berbagai keindahan. Pantai Senggigi di pantai barat Lombok adalah salah satu dari jutaan pesona alam. Pantai ini menampilkan keindahan ciptaan Tuhan di negeri Rinjani. Keindahannya membuat tempat ini layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button