Pantai Ungapan, Pesona Pantai Indah dan Eksotis di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Ungapan, Pesona Pantai Indah dan Eksotis di Malang

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Ungapan terletak di kota Malang dan merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Timur. Kota ini memang dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Ada berbagai jenis destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Pantai ini sendiri adalah salah satu yang paling populer untuk wisata bahari di kota. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati pemandangan alam yang dihiasi perbukitan karang yang menawan.

Saat Anda berada di kota Malang, menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Ungapan adalah ide yang bagus. Pantai ini sangat menawan dan eksotis. Banyak sekali keindahan alam yang disuguhkan oleh pantai ini. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai objek wisata yang dimilikinya, fasilitas, rute, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pantai ini.

Daya Tarik Pantai Ungapan

Aktivitas di Pantai UngapanKredit gambar: Google Maps Andreas Matulandi

1. Panorama indah di pantai

Keindahan yang disuguhkan oleh Pantai Kota Malang memang luar biasa. Salah satunya milik Pantai Ungapan itu sendiri. Daya tarik utama dari pantai ini adalah panorama yang sangat memanjakan mata.

Anda dapat melihat pemandangan laut lepas yang sangat menakjubkan. Sesampainya disana kamu bisa melihat pemandangan batu karang yang begitu kokoh dan megah. Karang-karangnya tampak berhamburan melawan ombak pantai. Warna air laut yang gradasi juga menambah keindahan.

Di tengah laut Anda juga akan menemukan dua pulau. Selain itu, Anda juga bisa menemukan pemandangan bukit kecil. 2 hal inilah yang membuat Pantai Ungapan memiliki panorama yang berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya. Bukan hal yang aneh bagi wisatawan untuk mengunjungi pantai dari luar negeri.

2. Pemandangan dari gazebo berjajar

Daya tarik selanjutnya yang juga dimiliki pantai ini adalah banyaknya tempat pengamatan yang berjejer rapi. Properti tersebut sengaja disediakan oleh pihak penyedia pantai untuk menarik wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Anda akan menemukan pengintai yang membentang dari timur ke barat. Dan jumlahnya juga banyak. Gazebo terbuat dari kayu dan bambu.

Banyak wisatawan menggunakan gazebo untuk bersantai bersama orang yang mereka cintai, keluarga, teman atau pasangan. Apalagi kalau sudah sore, banyak orang yang mulai memadati gazebo.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai UngapanKredit gambar: Google Maps iFirdaus Albert Audrey _fir

Bagi Anda yang berniat mengunjungi Pantai Ungapan tentunya perlu mengetahui lokasi dan rute menuju pantai tersebut. Pantai ini terletak di Gedangan, Malang. Lokasi ini dekat dengan Samudera Hindia yang merupakan batas selatan kota Malang. Pantai ini juga dekat dengan lokasi pantai Bajul Mati.

Dari pusat kota Malang sendiri, letak pantai ini cukup jauh, sekitar 70 km. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju pantai dari kota Malang Jawa Timur, waktu yang dibutuhkan untuk akhirnya sampai sekitar dua setengah jam.

Meski jaraknya terbilang cukup jauh, namun karena pemandangan yang ditawarkan pantai ini begitu menakjubkan, tidak membuat wisatawan kehilangan niat. Untuk menuju Pantai Ungapan sendiri, Anda bisa memilih dua jalur yang bisa ditempuh nantinya.

Rute pertama dimulai dari pusat kota Malang menuju Turen kemudian Sumbermanjing Wetan. Jika disini anda mengambil jalan ini, nantinya anda akan terlebih dahulu mengambil jalan pantai Sendang Biru yang berada setelah jembatan Bajul Mati.

Sedangkan pilihan kota kedua yang bisa Anda ambil ketika ingin menuju pantai adalah dari pusat kota Malang yang menuju kawasan Kepanjen kemudian Pagak dan kemudian dilanjutkan ke Bantur. Setelah melewati Bantur, kemudian melewati Balaikambang untuk sampai di pantai.

Rute kedua ini memang jauh lebih direkomendasikan daripada rute pertama. Sebab, kondisi jalan sudah jauh lebih baik. Sedangkan untuk jam bukanya sendiri, Pantai Ungapan buka hingga 24 jam.

Karenanya, di sini Anda bebas mengunjungi tempat itu kapan pun Anda mau. Namun, Anda hanya boleh berkunjung ke sini pada sore atau pagi hari. Saat musim liburan seperti tempat wisata lainnya, wisata pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Pantai UngapanKredit gambar: Google Maps Rendro Edy Wibowo

Memutuskan untuk mengunjungi Pantai Ungapan untuk berlibur merupakan keputusan yang tepat. Pasalnya, pantai ini memiliki biaya masuk yang cukup terjangkau bagi kantong pengunjung.

Di tempat ini, Anda hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Harganya cukup murah dibandingkan dengan pantai-pantai lain di wilayah Jawa Timur.

Selain membayar tiket, Anda juga akan dikenakan biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkir yang harus dibayar adalah Rp 10.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya Rp 15.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Ungapan

Aktivitas di Pantai UngapanKredit gambar: Google Maps sna azah

1. Berenang

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke pantai adalah berenang. Meski Pantai Ungapan memiliki ombak yang besar, Anda tetap bisa berenang di sana.

Untuk keamanan yang lebih besar, sebaiknya pilih area yang berada di pinggir pantai. Jika memang ingin berenang di area yang lebih sentral, Anda harus menunggu hingga sore hari.

Memang pada sore hari, ombak laut mulai tenang, dan air di laut juga mulai surut. Air laut di sekitar pantai ini terkenal sangat sejuk untuk berenang. Apalagi saat berenang di sore hari.

2. Perkemahan

Kegiatan menarik selanjutnya yang juga sangat memungkinkan untuk Anda lakukan adalah berkemah. Pantai ini sangat terkenal dengan aktivitas ini. Anda akan menemukan penyebutan berkemah Pantai Ungapan ketika Anda berada di pintu masuk. Inilah sebabnya mengapa banyak orang atau wisatawan datang untuk berkemah di pantai ini.

Berkemah di dekat pantai tentu akan berbeda jika Anda berkemah di tempat lain. Selain bisa menikmati keseruan camping bersama teman-teman, kamu juga akan disuguhi pemandangan pantai di sini yang begitu indah. Apalagi di malam hari, kamu bisa membuat api unggun bersama teman-temanmu.

3. Sekitar pantai

Aktivitas Seru di Pantai UngapanKredit gambar: Google Maps abdul sany

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa pantai yang indah ini memiliki panorama yang begitu indah. Karena itulah tak sedikit wisatawan yang berkeliling pantai untuk menikmati pemandangan. Mereka biasanya menyewa perahu untuk bisa berkeliling pantai dengan lebih santai.

4. Nikmati Festival Pantai Malang

Festival Pantai Malang biasanya akan diadakan di Pantai Ungapan. Festival ini berlangsung pada waktu-waktu tertentu saja. Tujuan diadakannya festival tersebut adalah sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di Pantai UngapanKredit gambar: Google Maps Anton J Antz

1. Hotel Mirabell dan Aula Konsentrasi

Rekomendasi penginapan terdekat hanya berjarak sekitar 35 km dari pantai. Harga sewa kamar juga cukup terjangkau, sekitar Rp 200.000. Fasilitas hostel juga cukup memadai.

Misalnya wifi, cleaning service, kolam renang, ruang keluarga, dll. Dengan menginap di tempat ini tentunya Anda akan sangat dimanjakan dengan fasilitas yang ada.

2. Hotel Mutiara Baru

Hotel ini juga berjarak kurang dari 30 km dari Pantai Ungapan. Harga sewa kamar di tempat ini cukup terjangkau, sekitar Rp100.000. Dengan harga ini Anda dapat menikmati fasilitas seperti kolam renang, parkir, restoran, wi-fi, AC dan layanan klinis.

3. Hotel D’Shario

Untuk rekomendasi penginapan yang terakhir bisa kamu cek saat ingin bermalam di area yang dekat dengan pantai, yaitu DShario Hotel. Banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan untuk menginap di tempat ini. Fasilitas ini seperti wi-fi, parkir, kamar yang dapat Anda pilih, dll.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai UngapanKredit gambar: Google Maps Aulia Cahya Wiguna

Setiap tempat wisata tentunya akan memiliki fasilitas penunjang yang sengaja dirancang untuk membuat wisatawan betah. Begitu pula dengan pantai Ungapan ini. Ada banyak fasilitas yang bisa didapatkan oleh para wisatawan, sehingga mereka merasa nyaman pergi ke sana.

Fasilitas tersebut antara lain toilet umum, tempat parkir yang cukup aman dan gazebo yang ditempatkan di sepanjang pantai. Dengan gazebo, Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung saat lapar atau ingin salat. Karena memang di pantai ini banyak terdapat warung makan yang bisa anda pilih dan juga terdapat mushola untuk anda yang beragama islam untuk sholat.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Pantai Ungapan di Malang yang perlu kamu ketahui. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi anda yang berada di kota Malang dan sedang mencari wisata bahari dengan panorama yang indah. Berkunjung ke tempat ini pasti tidak akan mengecewakan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button