Taman Wisata Kaliurang, tempat wisata alam di Sleman Jogja - WisataHits
wisatahits

Taman Wisata Kaliurang, tempat wisata alam di Sleman Jogja

Taman Wisata Kaliurang, tempat wisata alam di Sleman Jogja
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 09.00–16.00 WIB, Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pachem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Berbicara tentang kota Sleman Yogyakarta sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari pendidikan, gastronomi, wisata alam, semuanya bisa Anda dapatkan di kawasan istimewa ini. Contohnya adalah keberadaan Taman Wisata Kaliurang dalam kategori wisata alam. Di tempat ini, Anda bisa berlibur sambil menikmati indahnya panorama alam yang mengelilinginya. Selain itu, banyaknya wahana juga cocok untuk permainan seru bersama anak-anak.

Tujuan berwisata tentunya tidak hanya untuk mengisi liburan, tapi juga melepas penat agar semangat lebih segar. Dari sekian banyak wisata yang bisa dipilih, wisata yang menampilkan pesona alam menjadi pilihan yang paling banyak diminati. Apalagi lokasinya yang masih alami dan jauh dari perkotaan, bisa dipastikan udaranya segar dan sehat.

Untuk mencapai semua tujuan diatas, pilihan yang paling tepat adalah mengunjungi Taman Wisata Kaliurang. Lokasinya berada di lereng Gunung Merapi, bisa dibayangkan sendiri betapa sejuk dan sejuknya. Garis besar bebatuan yang khas dan keteduhan pepohonan menghiasi pemandangan. Tak hanya itu, perjalanannya juga sangat indah dan tak kalah menarik dari segi pemandangan yang disajikan.

Objek wisata yang dimiliki Taman Wisata Kaliurang

Atraksi Taman Wisata KaliurangKredit gambar: Google Maps Didit Aloy

Ada beberapa alasan kenapa tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tentu saja, ini karena daya tariknya yang memikat. Siapapun yang pernah berkunjung hampir pasti akan kembali. Khusus untuk kamu yang masih penasaran, tempat wisata Taman Wisata Kaliurang berikut ini bisa dijadikan gambaran singkat!

1. Keindahan alam Taman Rekreasi Kaliurang

Memang pemandangannya tidak terlalu indah dibandingkan tempat wisata lain berupa air terjun atau pantai. Namun, dipastikan mampu memuaskan setiap orang yang datang ke lokasi. Tak hanya tanaman hijau yang menghiasinya, namun juga semak belukar dari berbagai jenis yang tak mau kalah mempercantik setiap sudutnya.

Konsep yang diambil adalah taman, sehingga sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Dengan lembaran tanah dan atap langit, Anda akan melihat pesona alam yang begitu indah. Keindahan semakin terlihat ketika dari sudut terlihat jelas Gunung Merapi berdiri tegak.

Tidak hanya saat cuaca sedang bagus, namun keindahannya seakan tak pernah pudar meski diselimuti awan. Gugusan awan yang samar-samar menutupi pegunungan membuat pemandangan semakin indah. Di beberapa tempat, hiasan berupa patung gajah dan gazebo juga melengkapi keindahannya.

2. Suasana sejuk berbalut keindahan alam

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Kaliurang tidak hanya ingin menikmati keindahannya, tetapi juga ingin merasakan segarnya udara di sana. Udara pegunungan yang segar menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Bukan cuma pepohonannya yang bikin sejuk, tapi juga lokasinya yang masih di daerah pegunungan.

Letaknya yang jauh dari kota membuat indera penciuman terasa jauh dari asap kendaraan dan polusi pabrik. Dengan kondisi seperti itu, kesehatan pasti membaik, meski hanya beberapa saat. Hampir setiap sudut sempurna untuk menghirup udara segar. Pohon pinus yang menjulang tinggi juga banyak dan hampir mengelilingi tempat wisata ini.

3. Anda diperbolehkan membawa perbekalan sendiri

Objek wisata yang dimiliki Taman Wisata KaliurangKredit gambar: Google Maps Septiyah Widyaningsih

Seperti yang Anda ketahui, beberapa lokasi wisata mengizinkan pengunjung membawa makanan dari rumah. Kemungkinan aturan ini akan diberlakukan sehingga fasilitas warung yang disediakan menjadi pilihan utama. Selain itu, kemungkinan juga lokasi wisata akan dibersihkan dari sampah yang berserakan bungkus makanan pengunjung.

Terlepas dari alasan tersebut, Taman Wisata Kaliurang sebenarnya memperbolehkan wisatawan untuk membawa makanan sendiri. Tentu ini bisa menjadi salah satu daya tarik, meski efeknya tidak terlalu besar. Rata-rata yang dibawa kebanyakan traveler adalah makanan berat, seperti nasi dan lauk pauk.

4. Ketersediaan game

Selain daya tarik keindahan dan udara segar, banyaknya wahana yang ditawarkan juga cukup memanjakan mata. Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, Taman Rekreasi Kaliurang sangat cocok untuk dikunjungi. Pasalnya, banyak sekali permainan berjenis playground. anak-anak bisa bermain kereta luncur, memanjat tali, jembatan gantung, terowongan mini.

Jika permainannya kurang menarik, masih tersedia wahana yang pasti akan membuat mereka tidak akan pernah melupakannya. Wahana tersebut adalah Flying Fox, tentu Anda sudah mengetahuinya. Dari atas bangunan sederhana yang terbuat dari pepohonan, mereka akan menyelam dengan kecepatan sedang. Selain anak-anak, Flying Fox juga cocok sebagai tempat uji nyali orang dewasa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Wisata KaliurangKredit gambar: Google Maps andyF

Meski lokasinya berada di lereng Gunung Merapi, namun masih relatif mudah ditemukan. Alamat lengkapnya di Jl. Siaga, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. Perkiraan jarak tempuh dari pusat kota Jogja sekitar 25 kilometer. Anda membutuhkan setidaknya 1 jam untuk sampai ke lokasi taman wisata Kaliurang.

Silakan gunakan Google Map untuk menuju salah satu objek wisata Sleman. Saat ini sudah banyak access point dan jalur yang disediakan oleh fasilitas Google. Demi kenyamanan Anda, pastikan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Taman Wisata KaliurangKredit gambar: Jimmy Google Maps

Mengenai harga, Taman Wisata Kaliurang tidak mematok harga selangit, cukup membayar 10.000 saja sebagai tiket masuk. Selain itu, ada juga biaya yang harus dikeluarkan terutama untuk parkir kendaraan. Tentu saja, biaya tersebut hanya berlaku bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Tarif parkir sepeda motor yang berlaku per hari ini adalah Rp 2.000 sedangkan untuk mobil Rp 5.000. Ongkosnya tentu sangat mudah, apalagi jika banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Beberapa wahana seperti Flying Fox juga tidak gratis, ada biaya tambahan yang harus Anda bayarkan, minimal antara 10.000 hingga 30.000 rupiah untuk sekali wahana.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Taman Wisata Kaliurang

Kegiatan di Taman Wisata KaliurangKredit gambar: Google Maps Baihaqi Aditya

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat tersebut terutama bertujuan untuk melakukan aktivitas di taman wisata Kaliurang. Kegiatannya semakin menarik jika Anda datang bersama rombongan, keluarga dan lainnya. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang biasa dilakukan oleh para traveler di seluruh dunia!

1. Mainkan tamasya yang mengasyikkan

Kendaraan pertama yang dicoba saat pertama kali menginjakkan kaki di suatu lokasi adalah yang keluar. Di antara sekian banyak permainan yang ditawarkan, Flying Fox dan rumah pohon menjadi incaran semua wisatawan. Banyak dari mereka yang siap berbaris untuk mencoba sensasi seru meluncur di atas ketinggian.

Ada juga permainan gratis yang tidak kalah menariknya yaitu taman bermain. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tersedia permainan sederhana berupa jembatan gantung, perosotan, dan jungkat-jungkit. Anak-anak pasti akan menikmati aktivitas yang sehat dan meningkatkan otak ini.

2. Coba korsel interaktif Taman Kita Oreo

Khusus untuk anak-anak, mereka bisa mencoba keseruan bermain Taman Kita Oreo. Bahkan, tidak hanya di Taman Wisata Kaliurang dibuat wahana ini, tetapi juga di tempat lain. Tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan interaksi yang lebih baik untuk anak-anak. Seperti namanya, penggagas taman ini termasuk salah satu brand makanan ternama yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda.

3. Berburu makanan khas Jogja

Aktivitas menarik di Taman Wisata KaliurangKredit Gambar: Imam prasetyo Google Maps

Belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner Jogja yang enak saat berkunjung ke tempat wisata. Meski diperbolehkan membawa makanan sendiri, godaan makanan enak di sekitar lokasi pasti tak tertahankan. Sebut saja nasi panas yang juga menjadi salah satu ikon kota jogja. Belum lagi, ada Bakpia yang sayang untuk dilewatkan.

Jika beruntung, Anda juga bisa mencicipi lezatnya kuliner candi khas Jogja dan telur bacem. Selain makanan, minuman spesial untuk menghangatkan tubuh seperti jahe dan kopi juga tersedia di Taman Rekreasi Kaliurang. Untuk harga masih terjangkau, tidak terlalu mahal dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

4. Foto selfie dengan pemandangan alam

Kegiatan yang menarik dan wajib dilakukan adalah berswafoto. Memang tidak ada spot yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut, namun terdapat banyak spot liar dengan pemandangan yang mempesona. Salah satu yang terbaik dan terindah adalah mengambil Gunung Merapi sebagai latar belakang Anda. Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat mencoba wahana menegangkan di tempat wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Wisata KaliurangKredit gambar: Google Maps Apris Kiswandi

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, pihak pengelola Taman Wisata Kaliurang menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas penting sekaligus parameter untuk mengetahui layak atau tidaknya suatu tempat wisata adalah tempat parkir dan toilet. Selain itu, terdapat mushola yang siap digunakan kapan saja untuk beribadah ketika waktunya tiba.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah warung makan dengan banyak menu yang disediakan. Di tempat wisata ini juga terdapat bangku-bangku yang bisa digunakan untuk bersantai atau sekedar bersantai setelah beraktivitas seru.

Cukup menarik membahas Taman Wisata Kaliurang dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Atraksi yang telah disebutkan di atas hanya sebagian saja, masih ada beberapa lagi. Alangkah baiknya jika Anda mengalaminya secara langsung dengan mengunjungi tempat wisata yang lagi ngetren ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button