Wisata Kuliner, 5 Makanan Khas yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Situbondo. - WisataHits
Jawa Timur

Wisata Kuliner, 5 Makanan Khas yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Situbondo.

SurabayaNetwork.id – Berkunjung ke suatu daerah kurang lengkap rasanya jika tidak menyukai makanan khas daerah tersebut, begitu juga jika berkunjung ke Kabupaten Situbondo.

Kabupaten Situbondo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang kaya akan wisata kuliner. Kabupaten ini terletak di pantai utara Jawa di kawasan Tapal Kuda. Kawasan ini dikelilingi perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung baluran dan tempat pemancingan.

Berikut SurabayaNetwork.id rangkum 5 makanan khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kabupaten Situbondo.

1. Nasi kaldu

Makanan khas yang satu ini mirip dengan gulai, hanya saja kuah nasinya berwarna agak kehijauan karena ada tambahan kacang hijau pada kuah nasi yang direbus bersama. Kuahnya berasal dari daging kambing pilihan. Pantas saja nasi ini enak banget. Bagi anda yang tidak terlalu suka dengan rasa yang terlalu gurih, tambahkan jeruk nipis sebagai bahan campuran kaldu nasinya.

2. Nasi karak

Nasi karak adalah nasi yang penuh dengan kesederhanaan, bagaimana tidak, asal muasal nasi ini terletak pada kebiasaan masyarakat Situbondo dahulu yang tidak pernah membuang makanan atau menggunakan nasi sisa yang tidak dimakan.

Namun jangan khawatir, nasi karak saat ini terbuat dari beras segar, memiliki khasiat taburan parutan kelapa di atasnya, ditemani lauk pedas ikan laut, tahu dan tempe, serta tambahan sambal pedas membuat makanan terasa. lengkap, makanannya memiliki rasa yang enak.

3. Nasi sodu

Sodu berasal dari bahasa Madura yang berarti makan makanan dengan daun pisang. Dari sinilah beras Sodu berasal. Nasi disajikan di atas daun pisang dan kemudian dengan kari dan tauge.

Tak ketinggalan, sambal terasi yang super pedas menambah kenikmatannya. Untuk membuatnya afdol, gunakan daun pisang sebagai sendoknya.

4. Tajin Palappa

Tajin berasal dari bahasa Madura yang artinya bubur, sedangkan palappa artinya bumbu. Tajin palappa adalah bubur yang dibumbui dengan rujak, kelezatannya semakin sempurna jika ditambahkan ote ote/bakwan/weci sebagai lauknya, tak lupa kerupuk.

5. Nasi kolhu

Nasi kolhu makanan khas Kabupaten Situbondo khususnya khas Desa Kendit ini menjadi salah satu makanan yang wajib anda coba, selain rasanya yang enak, Nasi Kolhu merupakan makanan yang paling sederhana, seperti karakter masyarakat Situbondo.

Kolhu merupakan singkatan dari nama lauk pauk yaitu sekol (parutan kelapa), hongkong (weci) dan tahu. Tentu saja makanan ini dibuat dengan nasi dan ketiga lauk pauknya disempurnakan dengan sambal dan disandingkan dengan teh panas.

Ini 5 Hidangan yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Kabupaten Situbondo***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button