Mencicipi aneka kuliner khas Manggarai di Labuan Bajo - WisataHits
Jawa Tengah

Mencicipi aneka kuliner khas Manggarai di Labuan Bajo

Mencicipi aneka kuliner khas Manggarai di Labuan Bajo

Manggarai Barat

Selain mengunjungi berbagai destinasi wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Wisatawan Anda juga bisa mencicipi kuliner khas daerah Mangagarai. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Senja Eatery. Ada beberapa makanan khas Manggarai yang diracik oleh chef profesional.

“Banyak wisatawan yang memesan makanan khas Manggarai yang berbanding lurus dengan menu nasi campur khas Bali. Artinya banyak yang ingin mencoba masakan Manggarai juga. Ini makanan khas Manggarai yang diolah dengan teknik tertentu,” ujar Chef Senja Eatery, Agus Pandetria, Minggu (1/8/2023).

Salah satu menu andalan yang ditawarkan adalah Nasi Campur Manggarai. Menu ini menyajikan olahan ayam, ikan, dan sayuran yang disajikan dengan sambal. Jangan lupa kacang manggarai merah yang khas. “Makanan khas Manggarai menjadi menu unggulan di Senja Eatery, seperti kreasi Nasi Campur Manggarai,” jelas Agus.

Selanjutnya ada juga menu Manuk Wedel. Paha ayam bakar disajikan dengan jagung dan bumbu kuning asli buatan warga Labuan Bajo. Sebelum dimasak, daging ayam direndam dalam larutan garam dan gula selama sehari. “Rasa ayamnya unik, tidak lembek, tidak terlalu keras,” tambahnya.

Pelepah Manuk, kuliner khas Manggarai yang berbahan dasar paha ayam bakar.Pelepah Manuk, kuliner khas Manggarai yang berbahan dasar paha ayam bakar. (Ambrosius Ardin/detikBali)

Kuliner khas Manggarai lainnya adalah Lomak. Menu ini menggunakan sayuran sederhana seperti daun singkong muda, jantung pisang, wortel, dan sayuran lainnya yang ditumis dengan parutan kelapa berbumbu. Ada juga nasi kacang merah, tibu sapi, lumpia melo dan sayur watulangkas.

Agus mengatakan, aneka menu tersebut umumnya dibuat dengan sayuran seperti daun pepaya, jantung pisang, dan daun singkong serta kaya akan bumbu. Kuliner khas Manggarai ini juga telah lolos uji rasa yang dilakukan di laboratorium dapur Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo.

“Ternyata menu ini memiliki rasa yang enak, sehingga sangat layak disandingkan dengan masakan Indonesia lainnya, seperti masakan khas Sumatera, Sunda, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Bali dan daerah lain yang ada di Indonesia, ” jelasnya.

Kuliner khas Manggarai di Senja Eatery menggunakan bahan-bahan lokal yang mudah didapat. Menunya juga diolah langsung oleh chef asli Manggarai, sehingga cita rasa tradisionalnya tetap terjaga. Cukup siapkan 20.000 hingga 60.000 rupiah, Wisatawan Kuliner khas Manggarai sudah bisa Anda cicipi di Senja Eatery yang buka mulai pukul 16.00 hingga 23.00 WITA.

Senja Eatery terletak sekitar 20 meter di sebelah timur Marina Waterfont City, salah satu tempat wisata di Kota Labuan Bajo. Lokasinya sedikit lebih tinggi dan karena itu menawarkan pemandangan yang indah saat senja. Area yang luas juga memungkinkan pertemuan dengan kapasitas hingga 200 orang.

Saksikan video Serunya Liburan Mengunjungi Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur
[Gambas:Video 20detik]
(iws/gsp)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button