Waduk Jatiluhur Purwakarta, Pesona Waduk Terbesar di Indonesia - WisataHits
wisatahits

Waduk Jatiluhur Purwakarta, Pesona Waduk Terbesar di Indonesia

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Waduk Jatiluhur merupakan waduk besar yang menjadi tujuan wisata. Waduk ini merupakan waduk terbesar di Purwakarta di Indonesia. Pemandangan yang indah mengundang pengunjung untuk datang. Lokasinya yang tenang menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai. Berbagai atraksi yang tidak dimiliki kebanyakan waduk juga menjadi nilai tambah bagi waduk yang satu ini.

Panorama indah tempat wisata buatan ini menampilkan hamparan air yang luas dan luas, tepi waduk dikelilingi pepohonan hijau yang disuguhkan khusus untuk pengunjung yang datang. Pemandangan pegunungan yang indah juga menambah keunikan dari waduk ini. Sangat direkomendasikan untuk pengunjung yang ingin liburan keluarga di sini.

Wisatawan yang berkunjung ke Waduk Jatiluhur dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Berbagai fasilitas yang disediakan dimaksudkan untuk menunjang kegiatan liburan para wisatawan yang datang. Fasilitas yang lengkap juga menjadi faktor mengapa tangki cantik ini menjadi favorit. Jadi bagi pengunjung yang berniat datang kesini tidak perlu khawatir dengan minimnya fasilitas.

Objek Wisata Waduk Jatiluhur

Daya Tarik Waduk JatiluhurKredit Gambar: Instagram @Pariwisata_Purwakarta

Jatiluhur adalah sebuah waduk yang terletak di Jawa Barat, tepatnya di Purwakarta. Waduk ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar wilayah Purwakarta. Banyak wisatawan yang datang dari luar daerah hanya untuk melihat keindahan yang disuguhkan waduk ini. Berbagai atraksi yang dihadirkan juga menjadi faktor banyaknya pengunjung yang datang.

1. Disuguhkan panorama indah pegunungan

Pembangunan objek wisata buatan ini dimulai pada masa pemerintahan Presiden Soekarno yang dibangun pada tahun 1957. Compagnie Française d’Entreprise adalah nama perusahaan konstruksi yang dipercaya Presiden untuk membangun waduk ini. Sepuluh tahun kemudian, setelah tahun 1957, waduk ini akhirnya selesai dibangun dan diresmikan oleh presiden kedua, Jenderal Suharto.

Seiring berjalannya waktu, waduk ini tidak hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air dan irigasi, tetapi juga sebagai objek wisata seperti sekarang ini. Panorama megah yang disuguhkan menjadikannya sebagai objek wisata favorit sekaligus ikon Purwakarta. Pemandangan yang langsung terlihat saat mengunjungi waduk ini adalah pemandangan gunung di ujung waduk yang berdiri megah di atas tanah Purwakarta.

Gunung yang dilihat dari Waduk Jatiluhur ini sangat indah dengan warna hijau. Tidak hanya pegunungan yang terlihat, tetapi juga hamparan air yang luas yang dapat dilihat wisatawan dari tepi waduk. Pemandangan air biru dan hijaunya pegunungan adalah kombinasi yang indah yang hanya dimiliki oleh objek wisata ini. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk menjelajahi waduk ini.

2. Rumput hijau mengelilingi tangki

Purwakarta terkenal sebagai kota kerajinan bambu yang halus, bahkan beberapa kerajinan bambunya telah memikat hati dunia. Ketersediaan bambu di Purwakarta menjadikannya sebagai daerah penghasil bambu. Keberadaan bambu yang tumbuh subur di sini juga menjadi bukti suburnya tanah Purwakarta. Begitu juga dengan keberadaan ruang terbuka hijau yang mengelilingi waduk.

Lokasi objek wisata buatan ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Purwakarta. Meski lokasinya tidak terlalu terpencil, namun wisatawan tetap bisa merasakan keindahan yang sesungguhnya di sini. Keberadaan rerumputan hijau yang berada di pinggir waduk sangat asri, apalagi saat hujan. Embun dari rerumputan setelah hujan tidak dapat disangkal indah. Luar biasa cantiknya.

Selain rerumputan yang menghiasi sekitar Waduk Jatiluhur, pepohonan hijau juga turut menghiasi tepian waduk ini. Keberadaan ruang terbuka hijau di sini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang, sehingga banyak wisatawan yang betah untuk berlama-lama di sini. Piknik kecil bersama keluarga tercinta merupakan kegiatan menarik yang bisa dialami wisatawan saat berkunjung ke waduk ini.

3. Spot foto bertema alam yang indah

Daya tarik lain dari waduk megah ini adalah adanya spot foto yang instagramable. Tidak perlu ke luar negeri hanya untuk mengambil foto yang tepat, wisatawan bisa berkunjung ke sini dan merasakan pengalaman berfoto dengan latar belakang yang sangat indah. Dijamin, jika wisatawan berfoto di sini akan mendapatkan angle yang pas dari segala sisi.

Pemandangan waduk dan area hijau di sini tidak diragukan lagi menakjubkan dan akan lebih cocok untuk difoto. Kesan alami khas pegunungan hijau dan rerumputan berpadu dengan luasnya perairan waduk merupakan kombinasi indah yang hanya bisa ditemukan di sini. Tentunya bisa mengundang banyak like dan followers di akun Instagram wisatawan.

Tidak hanya keberadaan ruang hijau dan perairan yang luas, keberadaan Bunga Morning Glory yang tumbuh indah di Waduk Jatiluhur membuat kualitas gambar semakin menawan. Bunga cantik ini berwarna ungu anggun dengan bentuk yang menyerupai terompet kecil. Morning Glory tumbuh liar di sini dan wisatawan dapat menemukannya di seluruh waduk.

Alamat dan rute menuju lokasi

Objek Wisata Waduk JatiluhurKredit gambar: Google Maps Eko Pramuyanto

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu destinasi wisata buatan yang terletak di Purwakarta, tepatnya di kabupaten Jatiluhur. Tempat wisata buatan ini berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Purwakarta di Jawa Barat. Akses jalan menuju waduk relatif mudah dilalui, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan yang menghijau saat berwisata.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi waduk terbesar ini adalah sekitar 30 menit jika Anda berangkat dari pusat kota Purwakarta. Saat musim perayaan, seperti Idul Fitri atau liburan sekolah, jalan menuju waduk akan sedikit macet, yang dapat mempengaruhi waktu tempuh menuju lokasi. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar daerah datang untuk melihat keindahan waduk ini.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Tol Jatiluhur kemudian belok kanan hingga menemukan pertigaan, sesampainya di pertigaan belok kiri hingga menemukan pertigaan berbentuk T dari Pasar Bunder. Kemudian belok kanan dan lurus terus sampai melewati jembatan tol Cipularang sampai bertemu pertigaan lagi. Ambil jalan lurus dan menanjak kemudian lanjutkan perjalanan hingga bertemu dengan objek wisata tujuan.

Dengan waktu setengah jam, tepatnya 30 menit dan jarak 9 km dari pusat kota Purwakarta, wisatawan bisa melihat sendiri keindahan yang disuguhkan oleh waduk ini. Wisatawan dapat berkunjung bersama keluarga dan menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh waduk ini. Ini adalah pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan mereka di sini.

Harga tiket masuk wisata waduk

Alamat lokasiKredit gambar: Google Maps Ikbal Fai

Seperti kebanyakan tempat wisata, ketika Anda memasuki suatu objek wisata Anda akan dikenakan biaya sebagai tiket masuk. Begitu pula dengan objek wisata Waduk Jatiluhur ini. Namun, wisatawan yang berniat mengunjungi waduk ini tidak perlu khawatir dengan biaya yang bisa menguras dompet. Karena objek wisata ini memiliki tarif yang terjangkau bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahannya.

Tempat wisata ini memiliki tiket masuk sebesar Rp 20.000 hingga Rp 25.000 sebagai tiket masuk. Untuk parkir motor wisatawan harus menyiapkan dana Rp 3.000 dan untuk parkir mobil wisatawan harus menyiapkan dana Rp 5.000. Dengan tarif yang dirasa terjangkau wisatawan yang datang sudah bisa menikmati keindahan waduk tunggal ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Waduk Jatiluhur

Aktivitas menarik di Waduk JatiluhurKredit Gambar: InstagramTya Listyan

1. Jelajahi Perairan Waduk yang Luas

Waduk Jatiluhur terkenal dengan panoramanya yang sangat indah dan memanjakan mata. Dari hamparan luas perairan yang luas hingga pemandangan gunung yang megah yang berdiri kokoh di ujung waduk. Wisatawan bisa melihat luasnya perairan waduk berpadu dengan langit biru. Sangat indah dilihat dari sisi manapun. Tak heran jika objek wisata ini menjadi favorit di kalangan wisatawan.

Wisatawan dapat menjelajahi luasnya perairan waduk dengan menyewa sampan atau perahu kecil yang sudah tersedia di sini. Tidak perlu repot mendayung, karena wisatawan akan ditemani oleh instruktur yang akan menghidupkan dan membawa wisatawan ke tengah danau. Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, Anda bisa mencoba jetski yang sudah tersedia di sini.

2. Piknik bersama keluarga tercinta

Meski lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Purwakarta, namun objek wisata buatan ini tetap asri karena adanya ruang terbuka hijau. Ada banyak pohon dan rumput di sini. Udara di sekitar area waduk dikenal sejuk oleh para wisatawan yang datang. Tak hanya itu, tempatnya yang bersih dan airnya yang jauh dari pencemaran juga menjadikan tempat wisata buatan ini menjadi favorit.

Dengan kenyamanan yang ditawarkan, piknik keluarga menjadi keharusan di sini. Wisatawan bisa piknik keluarga sambil menikmati pemandangan. Wisatawan juga bisa menyantap makanan yang disajikan oleh restoran yang tersedia di sini. Makan dan piknik bersama keluarga di sini dijamin jadi liburan seru yang nggak akan terlupakan.

3. Ambil foto dengan latar belakang yang indah

Panorama yang disuguhkan di Waduk Jatiluhur tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Maka tak heran jika wisatawan domestik maupun mancanegara datang untuk melihat keindahan yang ditawarkan waduk ini. Pemandangan yang indah, area yang bersih, jarak yang dekat dengan pusat kota dan tarif yang ramah kantong merupakan kelebihan dari waduk cantik ini dibandingkan dengan waduk lainnya. Karena keindahannya, wisatawan yang datang selalu menyempatkan diri untuk berfoto di sini.

Berfoto dengan latar belakang waduk yang indah merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung. Bahkan, banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk berfoto prewedding. Keberadaan Bunga Morning Glory di sini juga menjadi salah satu faktor mengapa banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tempat untuk berfoto prewedding.

Fasilitas yang tersedia di Waduk Jatiluhur

Fasilitas Waduk JatiluhurKredit gambar: Google Maps Wartini

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota membuat fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup lengkap dan memadai. Fasilitas umum hingga fasilitas penunjang tersedia di sini. Fasilitas umum seperti tempat parkir kendaraan penumpang, toilet, mushola, dll. Serta fasilitas pendukung seperti perahu, kano, persewaan jet ski, area camping dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa hal tentang Waduk Jatiluhur yang telah dirangkum di atas. Seolah tidak ada habisnya membahas keindahan waduk terbesar di Indonesia ini. Bagi anda yang berada di Purwakarta tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Selain bisa melihat pemandangan alam yang indah, wisatawan juga bisa merasakan liburan keluarga yang seru dan mengasyikkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button