Satpol PP Jabar mulai persiapan pengamanan jelang Nataru 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Satpol PP Jabar mulai persiapan pengamanan jelang Nataru 2023

Bandung, kali IDN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah mulai mempersiapkan personel untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Nantinya, pengamanan akan dilakukan di beberapa tempat wisata.

Kepala Satpol PP Jabar Ade Afriandi mengatakan, persiapan personel dilakukan sedemikian rupa agar wisatawan bisa berlibur dengan aman dan nyaman di wilayah Jabar saat Natal dan Tahun Baru.

“Sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) di sekitar Satpol PP, kami akan terus melakukan patroli pengamanan, khususnya di sekitar aset-aset Pemprov,” kata Ade saat dikonfirmasi, Sabtu (16/12/2022).

1. Koordinasi dengan polisi dilakukan

Satpol PP Jabar mulai persiapan pengamanan jelang Nataru 2023Ilustrasi. Apel mempertahankan tim Operasi Lilin 2019 untuk mengamankan Nataru. IDN Times/Khusus

Pengawasan juga dilakukan bersama-sama dengan pihak kepolisian. Artinya, dalam melakukan pengamanan, Satpol PP tidak bertindak sendiri, melainkan bekerja sama dengan jajaran aparatur.

“Yang kedua berkaitan dengan cantibum (keamanan dan ketertiban umum), tentu kita masih akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengamankan hari raya Nataru,” ujarnya.

2. Monitoring PPKM juga dilakukan

Satpol PP Jabar mulai persiapan pengamanan jelang Nataru 2023ANTARA FOTO/Reno Esnir

Satpol PP Jabar juga akan memberlakukan Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini harus terjadi mengingat PPKM masih dilaksanakan di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

“Meski sudah Level 1, patroli PPKM akan terus kami awasi, khususnya di wilayah metropolitan Bandung Raya karena ada magnet masyarakat berkumpul setiap tahunnya,” jelasnya.

3. Akan melibatkan staf kabupaten dan kota

Satpol PP Jabar mulai persiapan pengamanan jelang Nataru 2023Ilustrasi Satpol PP (Foto Antara/Basri Marzuki)

Dengan jumlah personel yang terbatas, Satpol PP Jabar akan tetap mengerahkan seluruh kemampuannya untuk memastikan keamanan libur Natal dan Tahun Baru 2023 serta memastikan tempat-tempat wisata di perkotaan dijaga ketat.

“Namun tentunya nanti kami akan memasukkan Satpol PP di kabupaten kota baik di Aglomerasi Bandung Raya, misalnya Satpol PP di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kota Cimahi dan Sumedang,” ujarnya.

Baca Juga: Satpol PP Bertengkar dengan Orang Tua Siswa SDN Pondok China 1 Depok

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button