Unpad kembali gelar MTR untuk kembangkan sport tourism - WisataHits
Jawa Barat

Unpad kembali gelar MTR untuk kembangkan sport tourism

BANDUNG (ANTARA) — Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali menggelar Manglayang Trail Running (MTR) pada 2022 dengan target 1.500 peserta berpartisipasi dalam pengembangan sport tourism atau pariwisata. wisata olahraga.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan MTR Unpad juga menjadi simbol “Unpad Running”, melambangkan tekad Unpad untuk terus berkembang menjadi kampus yang bermanfaat dan mendunia.

“Kegiatan MTR 2022 Unpad ini melibatkan civitas dan civitas akademika Unpad,” kata Rina dalam keterangannya, Kamis di Bandung, Jawa Barat.

Menurutnya, MTR Unpad akan berlangsung pada 4 September 2022 mendatang dan merupakan rangkaian dari Lustrum XIII atau Dies Natalis ke-65 Unpad.

Selain perlombaan pada kategori 42 km dan 21 km, tahun ini MTR Unpad menawarkan kategori sebagai berikut: jalan yang menyenangkan 10 kilometer dan 5 kilometer bagi mereka yang mulai berlari atau mencoba berlari di lintasan jalurdengan lintasan yang relatif ramah bagi pemula.

Menurutnya, semangat pengembangan sport tourism ini diharapkan berdampak pada sektor pariwisata dan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar kampus Unpad, yakni di kawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, tempat kegiatan tersebut akan berlangsung.

“Mudah-mudahan MTR Unpad mendapat dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat diimplementasikan dan menjadi motor penggerak kita semua untuk bergerak dan berlari menjadi orang yang berguna bagi orang lain,” ujar Rina. Selain pelatihan, peserta MTR Unpad juga akan mengikuti program One Runner, One Tree, menurutnya. Pohon-pohon itu, kata dia, akan ditanam di sekitar Pegunungan Manglayang dan kampus Unpad.

Ketua Panitia MTR 2022 Unpad Juston Pangaribuan mengatakan Gunung Manglayang yang berada di ketinggian 1.818 meter di atas permukaan laut itu seperti “halaman belakang” kampus Unpad.

Menurutnya, gunung indah bertipe stratovolcano antara Bandung dan Sumedang ini merupakan bagian dari rangkaian pegunungan yang mengelilingi Bandung, yakni Burangrang-Tangkuban Parahu dan Bukit Tunggul. Pendaki dan pelari bisa mencapai puncak dari tiang Barubeureum atau Batukuda, katanya.

“Para pelari jalur Tentu saja mereka ramah terhadap alam. Anda memiliki kewajiban untuk melindungi dan melestarikan lingkungan. Program One Runner, One Tree merupakan komitmen MTR Unpad untuk menjaga alam tetap hijau,” kata Juston.

Source: jabar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button