Menargetkan 1,5 juta penonton perahu motor F1 untuk mempromosikan citra pariwisata Danau Toba - WisataHits
Yogyakarta

Menargetkan 1,5 juta penonton perahu motor F1 untuk mempromosikan citra pariwisata Danau Toba

Menargetkan 1,5 juta penonton perahu motor F1 untuk mempromosikan citra pariwisata Danau Toba

NERACA KEUANGAN

Medan – Peluang Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap F1 Powerboat World Championship ke-40 harus dimanfaatkan secara maksimal, terutama untuk mendongkrak potensi wisata. Informasi ini diperoleh melalui kegiatan dukungan masyarakat Genposting (Gen Berpikir positif) dengan tema “F1 Powerboat, Penguatan Potensi Wisata Danau Toba”, yang diselenggarakan oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Bisnis dan Kelautan, Ditjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika di Medan, Sumatera Utara.

Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, secara sepintas pidato utama mengatakan dalam kesempatan ini citra Danau Toba sebagai destinasi wisata perlu dikembalikan. Pulih dulu dari infrastruktur.

“Pemerintah pusat sangat Kekhawatiran dan menjadikan Danau Toba sebagai Daerah Tujuan Wisata Prioritas (DPSP). Hasilnya adalah perbaikan infrastruktur, termasuk jalan tol yang sedang dibangun dan Bandara Silangit yang akan mempercepat perjalanan ke Danau Toba,” kata Dirjen Usman, Senin (30/1).

Selain keterlibatan pemerintah, pemulihan destinasi wisata juga membutuhkan keterlibatan masyarakat lokal dalam meningkatkan budaya yang berdampak pada pariwisata. Pembenahan budaya di sekitar Danau Toba, kata Dirjen, bisa dimulai dengan meningkatkan budaya pelayanan yang dipraktikkan masyarakat di kawasan pariwisata lain seperti Bali atau Jogja.

“Saya yakin jika infrastruktur membaik, maka budaya juga akan berubah,” imbuhnya.

Selain itu, harus dilakukan kegiatan lain yang memperkuat potensi wisata, seperti F1 Powerboat Danau Toba 2023 atau F1H2O internasional. Dirjen Usman berharap dalam dua atau tiga tahun ke depan semakin banyak wisatawan mancanegara yang datang, mengingat letak Danau Toba yang dekat dengan negara tetangga.

Sementara itu, Direktur Komunikasi dan Informatika Depkominfo Septriana Tangkary menyampaikan dukungannya kepada UMKM lokal yang akan terlibat dalam ajang F1 Powerboat Danau Toba 2023.

“Banyak UMKM yang diajak berpartisipasi. Masyarakat harus bisa mempromosikan produk UMKM lokal seperti kopi bubuk, kain ulos dalam bentuk produk Modeberbagai jajanan dan cinderamata agar event Powerboat F1 Danau Toba 2023 dapat membawa manfaat langsung bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Septriana menambahkan, acara ini dipandang sebagai potensi kolaborasi kreatif untuk berinvestasi dan berbisnis dalam meningkatkan jumlah pilihan penginapan dan tempat makan di kawasan Danau Tobase. Seiring dengan perkiraan penampilan 1,5 juta penonton lomba F1 Powerboat yang akan melihat Danau Toba.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut, Ilyas Sitorus, juga menyempatkan diri menyampaikan persiapan pemerintah daerah jelang F1 Powerboat Show di Danau Toba. Di atas segalanya, apa yang memperkuat potensi wisata.

“Ada 1.599 kamar hotel yang siap digunakan untuk kegiatan ini, antara lain keluarga tamu dan tamu rumah siap menerima pengunjung dari event F1 Powerboat Danau Toba 2023,” kata Ilyas.

Dijelaskannya pula, di sekitar arena lomba di Balige, Kabupaten Toba, terdapat tempat-tempat wisata bernuansa alam dan adat Batak yang menarik untuk dikunjungi.

Penyelenggaraan Powerboat F1 di Indonesia juga membawa berbagai keuntungan. Deputi Wakil Presiden Bidang Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Kemenkomarves Kosmas Harefa menyatakan ada nilai promosi yang luar biasa bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pengusaha lokal juga diberi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari ini dan semakin membuka peluang entry level bagi investor.

“Kami ingin kawasan ini dikelola dengan baik ke depan agar dampak ekonominya bisa lebih berdampak dan lebih besar setiap tahunnya,” kata Kosmas.

Sementara itu, SVP Komunikasi Pemasaran dan Program Pariwisata Dalam perjalanan tersebut, Retna Murti Asmoro menekankan fakta menarik tentang Danau Toba menyaksikan F1 perahu motor Danau Toba 2023. Selain merupakan danau vulkanik, Danau Toba juga merupakan bagian dari UNESCO World Geopark dan Pusat seni dan kerajinan tekstil Ulos.

“Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, bahkan peristiwa ini kami posisikan sebagai kejuaraan perahu motor pertama di danau vulkanik terbesar di dunia, sehingga kita juga bisa memposisikan Danau Toba sebagai tujuan wisata Olahraga Air,” jelas Retna.

Diketahui, Perlombaan F1 Powerboat World Championship akan digelar pada 24-26 Februari 2023 di kawasan pelabuhan Balige, Kabupaten Toba. 20 direncanakan pembalap atau pembalap dari 10 negara di ajang balap ini.

Kemenkominfo sebagai Humas Pemerintah dalam pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2023 akan berperan dalam penyiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi seperti peningkatan jaringan internet. Juga berperan dalam meningkatkan komunikasi dengan publik dengan melibatkan dan mendukung berbagai media Pusat media selama acara.

Acara posting gen reguler hibrida Hal ini disambut baik oleh para peserta yang dihadiri oleh pemuda, rekan media dan lainnya blogger. Sebanyak 200 peserta berpartisipasi secara offline dan online, baik melalui aplikasi Zoom maupun kanal YouTube DJIKP. Diharapkan acara ini juga dapat melibatkan masyarakat dengan menggunakan tagar #SukseskanF1PowerboatLakeToba di media sosial dan mengikuti berbagai informasi melalui akun Instagram @genposting dan @F1H2O.id. (Mohar)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button