Tiket dan Aktivitas LAU LAU KAWAR - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas LAU LAU KAWAR

Tiket dan Aktivitas LAU LAU KAWAR

Harga tiket masuk Danau Lau Kawar: Rp 15.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Kuta Gungung, Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 22153.

Danau Lau Kawar merupakan salah satu danau di Tanah Sumatera. Danau dengan luas minimal 200 hektar ini masuk dalam zona ekosistem Leuser. Masih di bawah kaki Gunung Sinabung. Tak hanya sebagai tempat peristirahatan para pendaki, kawasan sekitar danau juga menarik perhatian para wisatawan. Baik untuk sekedar bersantai, bersantai ataupun menikmati keindahan alam sekitar.

Danau ini diapit oleh pegunungan yang dipenuhi pepohonan hutan tropis. Saat cuaca cerah, pengunjung dapat melihat pemandangan Brastagi dan Dataran Tinggi Karo. Kemudian, tak jauh dari lokasi danau terdapat Desa Lingga, tempat berdirinya rumah adat Karo.

Harga Tiket Masuk Danau Lau Kawar

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke sini, berikut informasi harga tiket masuknya:

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk AIR TERJUN SIKULIKAP dan Atraksi Karo

Jam operasional

Pengunjung bisa datang setiap hari. Objek wisata tepi danau ini buka setiap hari tanpa batas waktu. Hanya saja, di masa pandemi Covid-19, kawasan wisata danau tidak berfungsi karena berada di zona merah kawasan Gunung Sinabung.

Jam operasional
Senin minggu 24 jam

Kegiatan Wisata Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar di kaki Gunung SinabungPemandangan lanskap danau di kaki Gunung Sinabung – Foto: GoogleMaps/Rahmat Ginting

Meski lebih terkenal sebagai tempat berkemah, Danau Lau Kawar memiliki beberapa aktivitas yang bisa dinikmati wisatawan atau pengunjung.

Keindahan Danau Clad dalam legenda

Tak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya, Danau Lau Kawar juga terkenal dengan cerita mistis dan legendanya. Menurut legenda, pernah ada sebuah desa bernama Lau Kawar yang sangat subur. Desa ini kemudian tenggelam karena sumpah nenek dan kepedihan cucu dan anak-anaknya yang durhaka.

Dalam kesedihan dan kehinaan, sang nenek menangis, berdoa, memohon untuk mengutuk anak cucunya. Tak lama setelah doanya, terjadilah gempa bumi dan hujan lebat yang menenggelamkan semua penduduk desa.

Di cerita lain, telaga ini terbentuk dari kesedihan seorang ibu saat melihat anak-anaknya berkelahi. Kedua anak Sinabung dan Sibayak terus melawan meski ibunya berteriak dan menangis untuk memisahkan mereka. Perasaan sedih membuat sang ibu bersumpah pada kedua anaknya dan terjadilah bencana besar yang menenggelamkan desa tersebut.

Baca: Tempat Wisata Menarik di Karo

Mengelilingi danau dengan perahu

Pengunjung bermain perahu rakit di Danau Lau KawarPengunjung mendayung rakit untuk berkeliling danau – Foto: Google Maps/Junianto Tunggal

Kegiatan di sekitar danau dengan perahu sangat diminati oleh para wisatawan. Pemandangan danau yang berada di ketinggian 2.451 mdpl ini membuat cuaca di sekitar danau menjadi sejuk. Ditambah dengan birunya air danau yang dihiasi dengan bunga anggrek yang mengelilinginya menjadi hiburan utama bagi para pelaut.

Untuk bisa melihat pemandangan dengan perahu, wisatawan bisa menyewa perahu dari pihak pengelola. Tarif dikenakan per orang dari masing-masing perahu yang disewa. Perahu menggunakan perahu motor atau rakit.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi SAPO JUMA Karo

Piknik dan bersantai di gazebo

Gazebo tempat pengunjung Danau Lau Kawar bersantaiPengunjung bersantai di salah satu Gazebo tepi danau – Foto: Google Maps/Junianto Tunggal

Gazebo adalah salah satu fasilitas yang tersedia disini. Pengunjung yang tidak ingin berkemah tetap bisa menikmati alam danau dengan bersantai di gardu pandang tanpa biaya tambahan.

Persinggahan untuk pejalan kaki dan berkemah

Letaknya yang berada di kaki Gunung Sinabung menjadikan kawasan di sekitar Danau Lau Kawar sebagai tempat peristirahatan para pendaki gunung. Sedikitnya ada 3 hektar lahan yang difungsikan sebagai area camping. Semua pengunjung, pendaki dan wisatawan, dapat menggunakan kawasan ini namun harus membayar biaya masuk.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi AIR TERJUN SIKULIKAP

Fasilitas Danau Lau Kawar

Sebagai obyek wisata, danau ini memiliki fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir sepeda motor dan mobil yang cukup luas, toilet umum, warung makan, gazebo, area berkemah di penginapan yang berada di sekitar area danau.

Lokasi dan akses ke Danau Lau Kawar

Obyek wisata danau ini terletak di desa Kuta Gunung di bawah kaki Gunung Sinabung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Rute termudah untuk menuju danau ini adalah melalui pusat kota Medan dengan jarak tempuh sekitar 70 kilometer dalam waktu 3 jam. Akses jalan tersebut dapat digunakan oleh semua jenis kendaraan namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Karena belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan pengunjung langsung ke lokasi danau.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button