Pemkot Surabaya kembangkan sport tourism - WisataHits
Jawa Timur

Pemkot Surabaya kembangkan sport tourism

Surabaya, memorandum.co.id – Kota Surabaya (Pemkot) memiliki berbagai fasilitas untuk kompetisi olahraga nasional, ASEAN dan internasional. Hal ini menegaskan bahwa dirinya dapat mendukung program wisata olahraga yang digagas Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Kepala Biro Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan pada 2022, beberapa kompetisi olahraga bergengsi akan digelar di kota Surabaya.

Diantaranya kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Kemudian babak final SEA Women Basketball League (SWBL) saat ini sedang berlangsung. Dengan adanya pertandingan ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Surabaya. Oleh karena itu, pihaknya sangat terbuka dengan event-event olahraga bergengsi lainnya untuk menggelar event-event di kota pahlawan.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan berbagai organisasi olahraga lainnya. Artinya dengan momentum ini kami akan mengoptimalkan dan memperkuat jaringan, sehingga akan ada event bergengsi lainnya di Surabaya,” kata Wiwiek, Minggu (30 Oktober 2022).

Menurut Wiwiek, acara SEA SWBL Final kali ini sangat meriah dan menarik banyak orang dari berbagai daerah untuk mendukung tim basket putri elit Indonesia melawan tim sniper asal Thailand di GOR CLS Kertajaya.

Seperti sepak bola, lanjut Wiwiek, permainan bola basket memiliki daya tarik yang sangat kuat dan nilai gengsi yang tinggi di mata masyarakat. Menurut Wiwiek, Surabaya akan diuntungkan dari ajang bergengsi tersebut di masa mendatang.

“Kemarin di sela-sela pertandingan, kami juga sempatkan tour ke tempat-tempat wisata Surabaya, mulai dari Surabaya Square, Tugu Pahlawan, hingga SKG. Kemarin kami juga diajak berkeliling oleh tim dari Malaysia. Artinya mereka (turis asing) akan mengenal kota ini secara tidak langsung,” jelas Wiwiek.

Wiwiek menambahkan, city tour juga otomatis menunda program sport tourism yang digagas Walikota Eri Cahyadi pada 2022. Keberadaan sport tourism di samping Surabaya semakin dikenal dunia dan juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

“Pak Wali mengatakan event olah raga dari tingkat nasional hingga internasional merupakan bagian dari pengembangan sport tourism di Surabaya,” pungkas Wiwiek. (Putra)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button