Tutup 2022 Disparbud Cianjur mengadakan dua acara dengan harapan dapat meningkatkan wisatawan - WisataHits
Jawa Barat

Tutup 2022 Disparbud Cianjur mengadakan dua acara dengan harapan dapat meningkatkan wisatawan

PORTAL BANDUNG TIMUR – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Cianjur gencar menggelar berbagai festival bersama pemangku kepentingan pariwisata untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Kabupaten Cianjur.

Tahun ini, Disparbud Kabupaten Cianjur menargetkan 1,9 juta wisatawan. Hingga akhir September 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke Cianjur telah mencapai lebih dari 70 persen atau 1,5 juta wisatawan.

Ketua Disparbud Cianjur Pratama Nugraha mengatakan pihaknya akan menggelar dua festival nasional pada akhir tahun. Kedua festival tersebut adalah Festival Bunga Maenpo dan Festival Seni dan Budaya Maenpo. Festival ini diadakan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dan memperpanjang masa tinggal wisatawan di akhir tahun.

Baca Juga: Rizky Billar Naikkan Status Saksi Menjadi Tersangka Usai Tanggapi Panggilan Polres Jakarta Selatan

“Kami optimistis target kunjungan wisatawan tahun ini bisa tercapai. Hingga akhir September 2022, jumlah kunjungan wisatawan telah mencapai lebih dari 1,5 juta. Jadi akhir tahun kita targetkan ada dua festival di tingkat nasional,” kata Pratama kepada wartawan usai menghadiri rapat di Pendopo, Rabu, 12 Oktober 2022.

Menurut Pratama, festival bunga tersebut akan digelar di kawasan Cianjur utara, tepat di kabupaten Cipanas, untuk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Sementara itu, Festival Seni Budaya Maenpo diadakan di pusat kota Cianjur, tepatnya di Taman Alun-Alun Cianjur. Maenpo adalah seni bela diri khas Cianjur.

Pratama menargetkan sekitar 800.000 wisatawan datang ke Cianjur dari dua festival tersebut. Wisatawan juga bisa berburu berbagai produk UMKM khas Cianjur dan belajar tentang tempat wisata baru di daerah tersebut.

Baca Juga: Sirup Batuk Tewaskan 66 Anak, Ini Informasi dari Badan POM

Menurut Pratama, para pemangku kepentingan pariwisata di daerahnya akan dilibatkan untuk menawarkan berbagai promosi kepada wisatawan agar wisatawan bisa betah berada di Cianjur dalam waktu yang lama.

“Kami memperkirakan peredaran uang selama kegiatan festival bisa mencapai puluhan miliar, sehingga untuk tahun depan kami akan menaikkan target kunjungan 2,4 juta wisatawan yang berlibur di Cianjur,” pungkas Pratama. (dani jatnika)***

Source: portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button