Sejarah Berdirinya Kebun Binatang Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Sejarah Berdirinya Kebun Binatang Bandung

Rabu, 7 Desember 2022 – 23:02 WIB

PITA – Sejarah pembangunan Kebun Binatang Bandung dimulai pada tahun 1900. Saat itu, Bupati RAA Martanegara mendirikan kebun binatang di Cimindi. Sementara itu, beberapa pecinta binatang telah mendirikan kebun binatang di Bukit Dago.

Sejarah melaporkan bahwa pada tanggal 1 April 1906 Bandung menjadi gemeente (kotamadya) yang dijalankan oleh seorang walikota (burgermaster).

Kemudian pada tahun 1920 didirikan Bandoeng Vooruit (Bandung Maju), yaitu perkumpulan swasta yang menjadi mitra pemerintah dalam pengelolaan masyarakat khusus di bidang pariwisata yang beranggotakan orang-orang Belanda.

Bandoeng Vooruit adalah mitra gemmentee untuk membangun, mengelola kota, dan meningkatkan kota, khususnya di bidang pariwisata.

Pada tanggal 1 Oktober 1926, Bandung menjadi kotamadya mandiri (Stadgemeente) sebagai gemeente. Sehingga tidak ada lagi dualisme (antara pemerintah pribumi dan kolonial).

Kota Bandung sebagai kota kecil yang awalnya hanyalah sebuah desa kecil didirikan untuk kepentingan masyarakat Eropa dengan mengadopsi infrastruktur perkotaan Eropa.

Untuk itu Pemkot Bandung membangun perumahan berskala real estate (gemeente), gedung pemerintahan, motel/hotel, lembaga pendidikan, tempat hiburan dan taman kota.

Salah satu taman yang didirikan Gemeente adalah Taman Jubileum yang membentang dari ujung paling utara kawasan Lebak-Gede Barat hingga Cikarundung Timur.

Taman Jubileum atau Taman Ulang Tahun adalah taman botani tanaman keras dan tanaman hias yang dibuat pada tahun 1923 untuk memperingati 50 tahun pemerintahan Ratu Wilhelmina.

Pada tahun 1933 atas prakarsa Bandoeng Vooruit, kedua kebun binatang yang didirikan di Cimindi dan Bukit Dago disatukan dengan pindah ke bagian selatan Kebun Raya (Taman Jubileum).

Fasilitas ini disetujui pada tanggal 12 April 1933 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda dengan nama Bandoengsche Zoological Park di bawah pimpinan Hogland, pimpinan bank DENNIS, sekarang BJB yang secara ekonomi sangat kuat, untuk menjadi penyokong keuangan dalam administrasi untuk menjadi taman satwa.

Pendirian Taman Zoologi Bandoengsche, tertulis di Kandang Gajah, dibangun pada tahun yang sama oleh kontraktor Thio Tjoan Tek yang berkantor di Ost Eindeweg (Jl. Sunda).

Pendirian kebun binatang dan taman di Bandung sama dengan tujuan pendirian taman jubilee yang merupakan bagian dari keseluruhan infrastruktur kota, bersama dengan taman lainnya, seperti Taman Insulinde (Taman Lalu Lintas), Taman Molukken (Taman Maluku). ). , Taman Ijzerman (Taman Ganesa) dan Taman Pieter (Taman Kemerdekaan).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button