Ups! Wisata Mata Air Cokro Klaten tidak terawat - jadi sasaran vandalisme - WisataHits
Jawa Tengah

Ups! Wisata Mata Air Cokro Klaten tidak terawat – jadi sasaran vandalisme

clats

Properti Wisata Mata Air Cokro (OMAC) di Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah berada dalam kondisi yang semakin mengkhawatirkan. Beberapa fasilitas yang dikelola Pemkab Klaten sedikit demi sedikit mengalami kerusakan dan coretan.

pemantauan detik Jateng, Pada Rabu (26/10/2022) beberapa fasilitas ruko di lokasi menjadi sasaran vandalisme. Lampu jalan juga terlihat miring.

Bahkan jalan menuju jembatan gantung itu terkelupas. Yang lebih mengkhawatirkan adalah kondisi jembatan gantung.

Jembatan gantung yang dulunya menjadi ikon OMAC kini mandek. Lantai jembatan kayu sebagian hilang.

Sebuah portal bambu ditempatkan di ujung untuk mencegah lewatnya pengunjung. Semak dan rerumputan tumbuh di badan jembatan.

Salah satu pengunjung, Dwi Harjoko, mengaku prihatin dengan kondisi OMAC saat ini. Padahal objek wisata ini merupakan ikon wisata air Kabupaten Klaten yang sudah lama berdiri.

“Karena itu pengelolaan di dinas pariwisata harus diprioritaskan karena merupakan ikon pariwisata di Klaten,” kata Dwi Detik Jawa Tengahsore ini.

Dwi menjelaskan, kondisi OMAC kini semakin memburuk.

“Saat disuguhi oleh masyarakat, pengunjung juga merasa lebih nyaman. Situasi saat ini benar-benar tidak berkelanjutan,” lanjut Dwi.

Masalah Andemi, kata Dwi, jangan dijadikan alasan untuk tidak diurus. Pemerintah daerah bertanggung jawab untuk itu.

“Jangan sampai keadaan pandemi menjadi alasan untuk tidak melakukan perawatan. Jembatan gantung, tiang lampu tidak berfungsi, paving stone, bangunan komersial rusak parah, tanaman tidak terawat,” kata Dvi, warga Kecamatan Yatinom.

Objek wisata Mata Air Klaten Cokro dalam kondisi buruk dan menjadi sasaran vandalisme.  Foto diambil pada Rabu (26/10/2022).Objek wisata Mata Air Klaten Cokro dalam kondisi buruk dan menjadi sasaran vandalisme. Foto diambil pada Rabu (26/10/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Peningkatan anggaran secara bertahap

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Klaten, Sri Nugroho, mengatakan saat dimintai konfirmasi kondisinya terdampak pandemi COVID. Karena di masa pandemi, anggaran difokuskan untuk penanganan Covid.

“Ada rencana rehabilitasi bertahap yang sesuai dengan potensi dalam APBD. Betul, pandemi kemarin berdampak,” jelas Sri Nugroho detikJateng.

Anggaran Rp 100 juta direncanakan untuk perbaikan, menurut Sri Nugroho. Namun, badan tersebut juga akan mengajukan proposal anggaran untuk dukungan pemerintah pusat.

“Kita rencanakan Rp 100 juta. Ada usulan ke pemerintah pusat Rp 13 miliar tapi baru usulan berapa nanti kita tidak tahu untuk perbaikan dan fasilitas di tempat,” kata Sri Nugroho.

Saksikan video “Alasan Satpol PP Penyegelan Tambang Tanah Uruk Untuk Tol Jogja Solo”.
[Gambas:Video 20detik]
(Ams/Dil)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button