Timnas Indonesia menjadi Juara Umum Asian Dragon Boat Rowing Championships 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Timnas Indonesia menjadi Juara Umum Asian Dragon Boat Rowing Championships 2022

TEMPO.CO, jakarta – Tim Dayung Nasional Indonesia menyelesaikan Asian Dragon Boat Championship ke-14 atau Asian Dragon Boat Rowing Championship ke-14 dengan status juara umum. Kejuaraan yang digelar di Rayong, Thailand itu berakhir pada 21 November 2022. Indonesia sebagai juara umum membawa pulang 11 medali emas dan 1 perunggu dari 15 nomor start.

Pada hari terakhir kejuaraan pada 21 November 2022, timnas dayung Indonesia berhasil meraih 3 medali emas dan tambahan 1 medali perunggu. Medali diraih dari 5 nomor big end. Ini melengkapi delapan medali emas dalam dua hari terakhir.

Kejuaraan diikuti 12 negara. Selain Indonesia, ada juga China, Australia, Kamboja, Taiwan, Hong Kong, India, Myanmar, Malaysia, Nepal, Singapura, dan Thailand. Kejuaraan tersebut digelar di Royal Thai Navy Rowing Center di Ban Chong, Provinsi Rayong, Thailand, yang berjarak 130 km dari Kota Bangkok dan 20 km dari kawasan wisata Pattaya. Lintasan balap terdiri dari 6 jalur dengan lebar 13,5 m dan kedalaman 3,5 m.

“Indonesia ikut dengan 12 nomor karena hanya bisa mengirimkan 15 pendayung putra dan 15 putri, didampingi 4 pelatih dan 1 tukang pijat. Penampilan Tim Dayung Perahu Naga Indonesia sangat luar biasa,” kata manajer tim Edy Suyono yang juga Sekretaris Jenderal Federasi Dayung Indonesia.

Indonesia tidak meraih medali emas di tiga nomor yang tidak diikuti karena kekurangan atlet nomor perahu standar 22 pendayung untuk jarak 1.000m, 500m, dan 200m.Tiga medali emas diraih oleh tim China, calon juara Asian Games 20023 di Hangzhou pada 23 September hingga 8 Oktober 2023. Acara ini akan menampilkan perahu dayung perahu naga atau disebut juga perahu dayung tradisional.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman mengapresiasi prestasi timnas dayung tersebut. “Saya mengucapkan selamat kepada Tim Dayung Nasional Indonesia atas kemenangannya sebagai juara umum Asian Dragon Boat Championships ke-14. Semoga kesuksesan ini terus berlanjut dan timnas dayung Indonesia bisa menjadi juara dunia,” ujarnya.

“Terima kasih kepada PB.PODSI yang dikelola oleh Bapak Basuki Hadimuljono beserta jajarannya, pelatih dan ofisial yang telah bekerja keras untuk melahirkan atlet-atlet unggulan. Pembinaan yang dilakukan terbukti berhasil,” tambah Marciano.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Profil Ahli Taktik Luis Enrique Timnas Spanyol, Utama vs Kosta Rika Malam Ini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button