Taman wisata alam di Indonesia yang indah dan penuh keanekaragaman - WisataHits
Jawa Barat

Taman wisata alam di Indonesia yang indah dan penuh keanekaragaman

Taman wisata alam di Indonesia yang indah dan penuh keanekaragaman

Ilustrasi taman wisata alam di Indonesia. Foto: Pixabay Taman wisata alam memiliki definisi hukum tersendiri di Indonesia. Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Taman Wisata Alam (TWA) adalah kawasan lindung yang digunakan terutama untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Tentunya yang menjadi daya tarik wisata TWA adalah keindahan alamnya yang terjaga kelestariannya. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk bersantai dan obat di luar rumah.

TWA juga banyak digunakan untuk melestarikan flora, fauna dan ekosistem lainnya seperti ekosistem danau, padang rumput, dll. Oleh karena itu, TWA sangat dihargai karena keanekaragamannya.

Taman wisata alam di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak taman wisata alam yang tersebar di berbagai provinsi. Jika Anda tertarik dengan alam dan keanekaragamannya, kunjungi salah satu TWA di bawah ini.

1. Taman Wisata Alam Kawah Ijen

Taman Wisata Alam Kawah Ijen adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Jawa Timur. Letaknya di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso.

Kekuatan TWA Kawah Ijen menjadi daya tarik tersendiri Api biru (api biru) yang muncul di kawahnya. Ukuran kawah sekitar 960 x 600 meter.

Kawah Ijen adalah salah satu kawah paling asam di dunia. Keasamannya mendekati 0, angka yang dapat dengan cepat dilarutkan oleh tubuh manusia. Lihat Api biru, Anda harus mencapai puncak Gunung Ijen.

2. Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu

Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu terletak di kawasan Gunung Tangkuban Parahu, gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Mungkin Anda sudah mengenal gunung ini dari legenda Sangkuriang.

Gunung Tangkuban Parahu terletak di antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Ketinggiannya mencapai 2.084 mdpl dan menawarkan pemandangan dengan lubang kawah besar di puncaknya.

Selain panorama kawahnya, Tangkuban Perahu juga memiliki kekayaan flora dan fauna. Sebut saja bunga cantigi, pakis emas, anggrek hutan, elang jawa, macan dahan, surili (sejenis monyet) dan lutung jawa.

3. Taman Wisata Alam Grojogan Sewu

Taman Wisata Alam Grojogan Sewu terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Grojogan Sewu menawarkan panorama air terjun di lereng Gunung Lawu. Berada di ketinggian 950 mdpl, Grojogan Sewu merupakan tempat yang tepat untuk menghirup udara sejuk.

Beragam flora dan fauna juga akan Anda jumpai di kawasan TWA ini. Misalnya hutan pinus, pohon beringin dan monyet ekor panjang yang menjadi ciri khas dari TWA ini.

4. Taman Wisata Alam Lejja

Taman Wisata Alam Lejja terletak di Bulue, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. TWA ini merupakan kawasan hutan lindung dengan sumber air panas alami.

Pengunjung dapat menikmati kenikmatan berendam di sumber air panas. Ada sekitar empat kolam termal besar. Setiap kolam memiliki suhu yang berbeda.

Ada kolam yang suhu airnya mencapai 60 derajat Celcius lho! Kolam termal TWA Lejja juga dikenal memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi.

Setelah puas dengan pemandian air panas, pengunjung dapat mengamati flora dan fauna yang berbeda di TWA Lejja. Salah satu daya tariknya adalah kawasan Suaka Anoa.

Nah itulah beberapa taman wisata alam yang ada di Indonesia. Yang mana yang ingin Anda kunjungi?

TWA Grojogan Sewu – dimana ini?

Taman wisata alam di Indonesia yang indah dan penuh keanekaragaman

Apa keasaman kawah Ijen?

Taman wisata alam di Indonesia yang indah dan penuh keanekaragaman

Apa saja yang termasuk dalam TWA Tangkuban Perahu?

Taman wisata alam di Indonesia yang indah dan penuh keanekaragaman

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button