Dengan jalur sepeda baru, Batam siap menjadi tuan rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional 2023 - WisataHits
Yogyakarta

Dengan jalur sepeda baru, Batam siap menjadi tuan rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional 2023

TEMPO.CO, jakarta – Peresmian jalur khusus sepeda di Kota Batam membuat Batam semakin kuat menjadi tuan rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) ke-12. Jamselinas memiliki potensi besar untuk mendongkrak pariwisata di Kota Batam.

Batam diusulkan menjadi tuan rumah acara Jamselinas ke-11 di Purwokerto pada Sabtu 22 Oktober 2022. Selain Batam, beberapa daerah lain telah diusulkan.

“Ada tiga kota yang mau jadi tuan rumah, Balikpapan-Banjar Baru, lalu ada Demak-Kudus-Pati di Jawa,” kata Harry kepada Tempo, Community Leader Bike To Work Batam, Sabtu 29 Oktober 2022.

Sepeda Lipat Indonesia (IDFB) akan menentukan kota mana yang akan menjadi tuan rumah. “Namun setiap daerah berpeluang mengemas acara ini untuk bisa menjadi tuan rumah,” kata Harry.

Menurut Harry, infrastruktur khususnya jalur sepeda di Kota Batam sudah memadai, dengan jalur yang berada di dalam kota maupun di luar jalur kota (kawasan Barelang). “Masalahnya harga tiket pesawat, kalau bisa Pemko Batam bekerja sama dengan Pelni (menawarkan potongan harga kepada peserta Jamselinas), kenapa tidak,” ujarnya.

Harry mengatakan Batam bisa menjadi alternatif yang layak untuk menjadi tuan rumah di luar Jawa. “Dibandingkan dengan daerah di luar Jawa, keduanya jauh. Kalau Jamselina di Jawa bisa membosankan lagi, Batam bisa jadi pilihan lain, apalagi dekat Singapura,” ujarnya.

Jika daerah lain menyediakan fasilitas lain untuk peserta, mis. B. Kalimantan bebas biaya transportasi atau kesiapan maksimal, Jamselinas bisa dilaksanakan disana. “Ini tentang bagaimana packaging di masing-masing daerah, misalnya pemerintah Batam melalui hotel memberikan diskon kepada peserta, bisa menambah nilai sehingga Batam bisa menjadi tuan rumah,” kata Harry.

Menurut Harry, Jamselinas bisa mendatangkan sekitar 5.000 wisatawan ke Kota Batam. “Tidak hanya mempengaruhi tingkat okupansi hotel dan UMKM, kuliner juga akan berdampak positif saat Batam menjadi tuan rumah Jamselinas,” ujarnya.

Ariastuty Sirait, Kepala Biro Promosi dan Protokol BP Batam, mengatakan pihaknya akan mendukung penuh jika Batam menjadi tuan rumah Jamselinas. Menurutnya, infrastruktur Batam sudah siap, termasuk kebutuhan hotel bintang 1 hingga 5.

“Ini pasti kami dukung, kami akan koordinasikan dengan instansi terkait,” kata Tuty.

Jika pengajuan subsidi hotel atau subsidi tiket perjalanan untuk peserta Jamselinas yang berada di luar kota Batam akan didukung. “Nanti kita bicarakan itu saat penilaian,” kata Tuty usai meresmikan jalur khusus sepeda di Batam.

Baca juga: Jalur pedestrian dan sepeda baru ada di Batam, traveller lebih aman jalan kaki

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button