Tiket dan Aktivitas CURUG RAHONG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CURUG RAHONG

Tiket dan Aktivitas CURUG RAHONG

Harga tiket masuk Curug Rahong: Rp 10.000. Jam buka: 07:00 – 17:30. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Rengasjajar, Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16660.

Berwisata ke tempat wisata berupa air terjun memang menyenangkan, namun banyak di antaranya membutuhkan tenaga ekstra untuk menjangkaunya. Sebaik Air Terjun Rahong yang ditemukan di kedalaman hutan di Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Kawasan wisata alam ini populer karena menyuguhkan pemandangan air terjun yang unik. Namun untuk menikmati pemandangan tersebut, wisatawan harus berbekal niat dan daya tahan yang kuat. Selain lintasan lintas alamCukup panjang, jalan menuju air terjun juga penuh dengan berbagai rintangan.

Tiket Masuk Air Terjun Rahong

Curug Rahong belum dikelola secara resmi dan hanya dijaga oleh warga setempat. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir dan tiket kepada warga yang bertugas.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Air Terjun CURUG DENGDENG Bogor dengan Jalur Sulit

Jam operasional

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Pada hari libur seperti Idul Fitri, objek wisata ini akan lebih ramai dibandingkan hari biasa.

Jam buka
Setiap hari 07.00 -17.30

Pesona Curug Rahong

Kawasan Air Terjun RahongPenanda kawasan Curug Rahong – Foto: Google Maps/pipih piandi

Baca: Tiket Masuk CURUG BIDADARI dan Kegiatannya

Curug Rahong yang juga dikenal dengan sebutan Curug Rahong merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang terletak di Cigudeg, Bogor. Air terjun ini berada di tengah hutan belantara yang masih terjaga. Ini membuat air terjun ini menjadi tujuan wisata yang cukup sulit karena jalurnya.

Aliran airnya berasal dari Sungai Cibodas yang berada di atas tebing bebatuan. Bentuk alirannya unik dan airnya bersih. Dengan ketinggian sekitar 15 meter, Air Terjun Rahong menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Petualangan Lokasi

Area penambangan pasirArea pengambilan pasir yang harus Anda lewati saat menuju Curug Rahong – Foto: Google Maps/Devi7 Setiawan

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CURUG LEUWI HEJO

Perjalanan menuju air terjun ini tergolong petualangan yang menarik. Berada jauh dari hiruk pikuk kota Bogor, air terjun ini berada di sebuah desa bernama Kedaung, termasuk dalam kecamatan Cigudeg.

Jika Anda berangkat dari Kota Bogor, jalur yang melewati kawasan penambangan pasir akan menghiasi perjalanan. Lanskap hijau akan berubah menjadi jalanan yang berdebu dan tandus. Kendaraan berupa truk pasir besar melintas. Konsentrasi dalam berkendara mutlak di sini.

Usai melintasi kawasan pertambangan, pemandangan akan kembali menyegarkan di pintu masuk kawasan pemukiman berupa perkampungan yang masih sama asrinya. Dengan dominasi jalanan sempit, persawahan, perbukitan dan sungai berbatu yang jernih. Di desa inilah Curug Rahong berada.

Rute pendakian yang menantang

menjelajahi hutanJalur trekking menuju Curug Rahong terdiri dari jalur hutan dan sungai – Foto: Google Maps/Pipie Suartika

Baca: CURUG NAGA Wisata Bogor Penuh Tantangan

Perjalanan kendaraan harus berhenti karena jalur selanjutnya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Kendaraan dapat diparkir di pekarangan rumah warga dan membayar iuran kepada pemilik tanah yang bersangkutan.

Dari sana, bersiaplah untuk berjalan di jalur pendakian yang sesungguhnya. Rute melalui hutan ini mengharuskan wisatawan untuk mempersiapkan alas kaki yang sesuai, seperti sandal gunung atau sepatu olah raga.

Dengan mengikuti rambu jalan ala kadarnya yang dibuat warga setempat, pengunjung bisa sampai ke lokasi air terjun. Jalan tanah yang dilalui akan mengantarkan pengunjung melewati kawasan hutan yang masih menjadi habitat berbagai satwa liar. Kemunculan hewan seperti ular dari waktu ke waktu patut diwaspadai.

Baca: Tiket Masuk Curug 7 Cilember dan Ragam Wahananya

Jalur ini juga berdampingan dengan sungai. Sungai ini menggantung dengan hamburan bebatuan berukuran kecil hingga sedang. Setelah melewati hutan, pengunjung harus menyeberangi sungai ini beberapa kali. Harus berhati-hati saat memilih papan loncat, jadi pastikan menggunakan sepatu yang bagus agar tidak terpeleset.

Jalur pendakian ini memang bukan jalur yang mudah untuk orang tua atau anak-anak. Juga, rute ini akan lebih mungkin dilalui setelah hujan. Jika ingin berkunjung ke Curug Rahong, kondisi kesehatan menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Panorama air terjun yang unik

Air Terjun RahongBentuk Curug Rahong yang unik dan eksotis menjadi salah satu daya tariknya – Foto: Google Maps/ben7amen lubis

Baca: Obyek Wisata CURUG HORDENG Sentul

Setelah menyusuri jalur pendakian selama kurang lebih 30 menit, menyusuri sungai berbatu dan hutan belantara, pengunjung akan tiba di lokasi air terjun. Pemandangan air yang mengalir deras di atas tebing batu setinggi 15 meter akan menyapa wisatawan.

Gemericik air yang jatuh dari ketinggian menjadi lagu sambutan yang menyejukkan telinga. Curug Rahong memiliki garis luar yang tidak biasa, yaitu tebing batu yang menonjol. Berbeda dengan air terjun yang umumnya mengalir hampir tegak lurus, air terjun ini memiliki bentuk yang “cembung”.

Aliran dibagi menjadi beberapa tetes air dengan ketinggian berbeda. Bentuk ini memungkinkannya disebut lebih tepat sebagai “tumpahan air”. Dengan bentuk tersebut, Curug Rahong menghasilkan cipratan air dengan cakupan yang luas dan menciptakan suasana sejuk di sekitar air terjun.

Sungai yang dihasilkannya dihiasi bebatuan besar, tajam, dan licin. Pemandangan semakin lengkap dengan suasana hutan asri yang mengelilinginya.

Baca: 22 Air Terjun Paling Menarik di Bogor

Tempat Wisata di Curug Rahong

Melompat dari tebingKegiatan lompat tebing bisa dilakukan di Curug Rahong karena banyak terdapat tebing batu yang tinggi – Foto: Google Maps/shine ardhani

Baca: Tiket Masuk dan Pesona CURUG NGUMPET

Danau ini tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dangkal, sehingga sangat cocok untuk berenang atau snorkeling. Bagi yang menyukai aktivitas ekstrim, melompat dari bebatuan di sekitar air terjun bisa menjadi tantangan tersendiri.

Rasakan sensasi melompat dari ketinggian 3 meter langsung ke kolam air yang menyegarkan. Usai bermain air, beristirahatlah di bebatuan sungai sambil berjemur dan menikmati hangatnya mentari.

Jika ingin menghilangkan rasa lapar, pesanlah makanan dari salah satu warung sambil melepas penat dari gubuk-gubuk yang tersedia. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan kamera atau asah kemampuan fotografi Anda di sini.

Sedikit tips jika ingin mengambil foto Curug Rahong, datanglah sebelum tengah hari. Saat matahari tinggi, akan sulit memotret air terjun karena pencahayaan yang buruk. Tingginya posisi air terjun membuatnya berpengaruh lampu latar jadi akan sulit untuk mengambil foto yang bagus.

Instalasi Air Terjun Rahong

Sebelum populer, Curug Rahong tidak memiliki fasilitas apapun. Seiring bertambahnya jumlah wisatawan, warga setempat yang bertindak sebagai pengelola menambah fasilitas dalam jumlah yang minim.

Fasilitas tersebut antara lain toilet, flushing room, dan warung makan dengan bangku dan gubuk. Sayangnya, kebutuhan parkir masih terbatas di pekarangan rumah warga. Jalan menuju lokasi air terjun kondisinya memprihatinkan dan kurang petunjuk.

Lokasi Air Terjun Rahong

Obyek wisata air terjun ini terletak di Desa Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari situs Gunung Munara dan danau Jayamix Quarry. Dari Tangerang, air terjun ini bisa diakses melalui jalan Parung Panjang. Sedangkan dari Kota Bogor bisa melalui jalan Leuwiliang atau Rumpin.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button