Tertutup longsor, akses jalan desa Argosari Lumajang bisa dilalui - WisataHits
Jawa Timur

Tertutup longsor, akses jalan desa Argosari Lumajang bisa dilalui

Liputan6.com, Lumajang – Beberapa waktu lalu sempat tertutup longsor, akses jalan Wisata B29 Desa Argosari, Kecamatan Senduro Lumajang sudah bisa dilalui kembali.

Kepala Dinas PUTR Cabang Binamarga Lumajang Heri Kurniawan mengatakan penanganan longsor dilakukan oleh dinas PUTR, BPBD, TNI dan Polri serta didukung oleh Balai Besar Wilayah Sungai Brantas.

“Jalan akses yang tadinya diblokir sekarang sudah bisa dilalui, kemarin sudah selesai,” katanya, Kamis (13 Oktober 2022).

Heri mengatakan ada enam titik longsor yang sudah ditangani petugas. Menurutnya, kondisi geografis menjadi salah satu faktor penghambat dalam proses penanganannya.

“Lokasinya sedemikian rupa sehingga pemerintah kota memiliki akses, baik untuk pemukiman maupun untuk pariwisata. Kami juga menggunakan alat berat kemarin,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat melintasi jalur yang rawan longsor, terutama saat hujan deras.

“Kita masih upayakan agar tidak terjadi longsor lagi, tapi juga karena kontur alamnya sudah seperti itu, apalagi saat hujan deras, ada potensinya,” ujarnya.

Berdasarkan data dari BPBD Lumajang, puluhan rumah dan sebuah candi rusak akibat longsor dan banjir bandang di permukiman suku Tengger desa Ranu Pani.

Sebanyak 11 kepala keluarga (KK) yang rumahnya terdampak longsor harus mengungsi ke rumah kerabatnya dan rumah kosong di dekat rumah korban longsor.

Banjir yang melanda Kabupaten Lebak, Banten menyebabkan tanah longsor yang mengisolasi sejumlah desa. Sejauh ini, 1.400 rumah telah hancur akibat banjir dan tanah longsor.

Source: surabaya.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button