Temuan Fosil dan Potensi Wisata Desa Jembarwangi Sumedang - WisataHits
Jawa Barat

Temuan Fosil dan Potensi Wisata Desa Jembarwangi Sumedang

Sumedang

Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang yang kaya akan temuan fosil memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Termasuk wisata akademik khusus dan wisata umum atau Geotrek.

Hal ini diungkap peneliti kebumian dari Museum Geologi Bandung, Unggul Prasetyo Wibowo, saat dihubungi tangan keduaJumat (12/8/2022).

“Ada dua potensi wisata. Yang pertama potensi wisata khusus atau akademik dan yang kedua wisata umum atau wisata Geotrek,” jelas Unggul.

FYI, dikutip dari GEOTREK A Journey to Interpret the Earth (T. Bachtiar, 45-46, 2015), Geotrek pada dasarnya adalah sebuah perjalanan untuk menyapa berbagai fenomena duniawi, menyapa makhluk hidup, menyapa manusia dengan budayanya.

Geotrek adalah wisata dengan kesadaran penuh bahwa bumi dan segala isinya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dirinya sendiri.

Menurut Unggul, wilayah Desa Jembarwangi memiliki batuan yang cukup lengkap untuk dipelajari geologi. Terdapat tiga jenis batuan yaitu batuan metamorf, batuan beku dan batuan sedimen yang dapat menjelaskan awal mula terbentuknya pulau jawa.

Menariknya, di Jembarwangi kita bisa menemukan lapisan batuan yang bisa dikatakan terbentuk dari laut dangkal, melalui rawa-rawa, endapan sungai dan akhirnya daratan, dan semua ini dapat disimpulkan untuk memetakan proses pembentukan pulau Jawa di bagian utara dari Jawa Barat,” jelasnya.

“Di daerah lain tidak selengkap di Jembarwangi,” tambah Unggul.

Dia mengatakan kondisi lingkungan seperti itu biasanya dibutuhkan oleh kampus atau universitas dengan fokus geologi.

“Kampus dengan jurusan geologi biasanya menemukan tempat seperti ini, dan tempat seperti ini cukup langka,” katanya.

Selain dari sisi akademik, lanjut Unggul, kawasan di sekitar Desa Jembarwangi memiliki bentang alam yang cukup menarik untuk dijelajahi.

“Ada punggungan yang panjang, ada lembah, ada sungai tua yang cukup menarik, dan ada juga desa-desa yang terisolasi oleh pegunungan yang cukup besar. Secara umum pemandangannya cukup menarik,” ujarnya.

Keunikan lain dari desa Jembarwangi. Lihat halaman berikutnya.

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button