Teletubbies Hills, nikmati panorama alam yang eksotis di ketinggian Nusa Penida - WisataHits
wisatahits

Teletubbies Hills, nikmati panorama alam yang eksotis di ketinggian Nusa Penida

Teletubbies Hills, nikmati panorama alam yang eksotis di ketinggian Nusa Penida

Bukit Teletubbies menjadi salah satu ikon tempat wisata Nusa Penida. Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di sana bersama pasangan atau sekeluarga.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Siapa bilang ke pulau Nusa Penida hanya akan mengunjungi pantai atau pura-pura mendalami sejarah? Ada juga salah satu sirkuit unik yang terletak di sana, namanya Bukit Teletubbies Klungkung, yang kebetulan mendunia dengan bukit-bukit miring setengah lingkaran yang luar biasa indahnya.

Nama Teletubbies sendiri diambil dari nama sebuah acara televisi anak-anak, dengan latar belakang bukit-bukit bundar dengan beberapa boneka berwarna-warni bertuliskan namanya masing-masing.

Tour utama nusa penida sangat cocok dijadikan alternatif tempat wisata lainnya, jika anda senang menjelajahi berbagai pantai dan tempat wisata religi di pulau dewata. Apa Bagaimanapun keuntungan dan kegiatan apa yang terbaik untuk dilakukan di sana?

Daya tarik yang dimiliki Bukit Teletubbies

Objek Wisata Bukit TeletubbiesKredit gambar: Google Maps Mike Schwanbeck

Berada di atas Bukit Teletubbies memang menjadi salah satu pilihan wisatawan di Nusa Penida. Bukan hanya karena bentuknya yang unik, tapi juga karena daya tariknya yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

1. Pemandangan perbukitan beraneka warna

Dari pengalaman wisatawan yang pernah ke sana, permukaan bukit Teletubbies akan berbeda-beda tergantung musim.

Jika Anda datang saat musim hujan antara bulan September hingga Januari, permukaan bukit akan berwarna hijau berkilau. Intensitas hujan yang maksimal, tentu tanaman mendapat cukup air disana.

Saat pergantian musim hujan ke musim kemarau antara bulan April dan Mei, permukaannya akan tampak kuning. Berbeda jika Anda datang saat musim kemarau, maka permukaan bukit akan lebih berwarna coklat.

Akan sangat memuaskan jika Anda menyempatkan diri sejenak untuk menikmati keindahan warna terbaik bukit ini.

2. Angin segar dan sejuk

Berada di dataran tinggi, satu hal yang akan Anda dapatkan adalah menghirup udara segar yang segar, tentunya jauh dari polusi seperti di perkotaan.

Alasan ini juga menjadi daya tarik tersendiri saat berada di puncak bukit. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan maka perasaan nyaman benar-benar terasa. Oleh karena itu, bukit ini sering dijadikan sebagai tempat menyegarkan kelelahan akibat aktivitas yang biasa dilakukan setiap hari.

3. Pemandangan Gunung Rinjani

Jika cuaca cerah sepanjang hari, Anda bisa melihatnya dari atas bukit melihat Gunung Rinjani yang megah. Jangan lewatkan pesonanya, sebagai lukisan alam, bagian dari keindahan Bukit Teletubbies yang tidak akan pernah terlupakan.

Begitu juga dengan Pulau Lombok yang juga akan terlihat dari jauh, selama tidak ada awan yang menutupi langit selama berada di sana.

4. Matahari terbit yang indah

Saran bagi wisatawan yang ingin ke sana sebaiknya datang pada pagi hari, sebelum matahari terbit. Melihat Matahari terbit yang terlihat sangat indah, berbeda dengan pemandangan pagi di pantai atau pegunungan.

Kita akan melihat matahari muncul sedikit demi sedikit, dengan cahaya yang semakin cemerlang hingga akhirnya muncul secara utuh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat-Teletubbies-BukitKredit gambar: Google Maps Cees Willemse

Bukit yang juga dikenal sebagai Bukit Pohon Gamal ini terletak di dusun Sedehing atau desa Sekartaji dan dusun Julingan atau desa Tanglad, bagian timur pulau Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Untuk bisa mencapai tempat ini harus melalui jalur laut, apalagi jika dimulai dari kota Denpasar yang merupakan pusat pulau dewata.

Butuh waktu sekitar 50 menit untuk mencapai lokasi menggunakan kapal cepat Atau kapal cepat dari pelabuhan Sanur di Bali. Sedangkan jika berangkat dari pantai Kusamba Klungkung hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja kapal cepat.

Setelah sampai di Pelabuhan Buyuk di Nusa Penida, dilanjutkan dengan perjalanan darat sejauh 16 km. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil karena kondisi jalan cukup bagus untuk dilewati kendaraan bermotor.

Harga tiket masuk objek wisata

Untuk sirkuit baru, masuk ke kawasan perbukitan ini gratis. Namun belakangan ini pengunjung harus merogoh kocek minimal Rp 10.000/orang untuk menikmati keindahan tempat wisata ikonik di Nusa Penida ini.

Harga ini juga akan sama untuk hari kerja akhir pekan, yang akan diberikan kepada pengelola sebelum memasuki kawasan wisata. Beruntung, selain tiket masuk, tidak ada biaya lain yang harus dikeluarkan kecuali ingin memanfaatkan jajanan yang disediakan pemilik warung di sekitar lokasi.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Bukit Teletubbies

Kegiatan menarik di Teletubbies HillsKredit gambar: Google Maps Cathy Plessis

Memang tidak terlalu banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Teletubbies Hills. Setidaknya ada empat kegiatan utama yang sering dilakukan wisatawan lokal maupun mancanegara selama menginap.

1. Mendaki

Sebenarnya untuk mencapai puncak bukit tidak memakan waktu lama, jalur pendakian pun tidak terlalu curam. Tapi, bagi yang ingin merasakan sensasinya lintas alam itu menyenangkan untuk mencoba beberapa rute lintas alam lebih baik di sana.

Ingatlah untuk menggunakan perlengkapan yang mendukung agar perjalanan lebih mudah, pakaian hangat yang tebal juga akan membantu prosesnya lintas alam lebih nyaman dilakukan. Jangan lupakan pengaturan perjalanan jika memang ingin memiliki jalur yang cukup jauh dan sedikit berkelok-kelok menuju salah satu bukit.

2. Fotografi

Aktivitas selanjutnya yang juga sangat menarik untuk dilakukan adalah memotret berbagai momen dan tempat langka selama Anda menginap. Dari permukaan bukit yang warnanya bisa berubah tergantung musim.

Kemudian pemandangan perpaduan langit biru, perbukitan, pegunungan dan lainnya dari berbagai lokasi tempat terbaik. Tidak perlu menggunakan kamera dengan lensa mahal, hanya kamera handphone saja yang bisa menghasilkan foto terbaik Kamu tahu.

Juga, bagi mereka yang ingin memiliki waktu romantis untuk foto sebelum menikah bisa juga menyewa fotografer untuk mengambil gambar dari atas bukit. Tak sedikit pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan memilih tempat ini sebagai salah satunya latar belakang foto sebelum pernikahan.

Apalagi jika Anda memiliki kenangan tersendiri dengan bukit berbentuk kelapa ini, tentunya Anda tidak mau melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen bahagia di sana.

3. Perspektif berbeda dari Dengung

Mungkin kamu tidak bisa mendaki semua bukit setengah lingkaran yang ada di kawasan Teletubbies Hills, tapi kamu bisa menikmatinya dengung kemudian memiliki segalanya melihat terlihat lebih baik.

Dijamin puas pedesaan seperti yang terlihat, sebagai cara untuk menjelajahi bukit fenomenal di Nusa Penida ini.

4. Piknik

Mungkin bukan piknik yang bisa dilakukan berlama-lama, setidaknya pengunjung bisa beristirahat sejenak lalu makan siang bersama pasangan atau orang terdekat di salah satu puncaknya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Teletubbies HillsKredit gambar: Google Maps Cathy Plessis

Dibandingkan dengan wisata bukit dan gunung lainnya, sangat perlu untuk menambah ketersediaan fasilitas pendukung di bukit Teletubbies. Pasalnya, fasilitas yang ada masih sangat minim.

1. Parkir

Tersedia tempat parkir bagi yang menggunakan kendaraan roda dua atau empat, dengan posisi yang strategis dan terlindungi.

2. Warung makan

Ada beberapa warung makan di bawah bukit, namun menu yang ditawarkan sangat terbatas. Oleh karena itu akan lebih baik jika anda membawa bekal sendiri, agar tidak lapar dan haus selama perjalanan.

3. Toilet

Ada toilet umum yang bisa digunakan jika diperlukan, termasuk beberapa di bawah bukit yang kondisinya cukup bersih.

4. Akomodasi

Ada beberapa penginapan di sekitar kawasan wisata yang bisa dijadikan tempat menginap jika ingin melanjutkan kunjungan ke berbagai lokasi di sekitar Bukit Teletubbies.

Tertarik untuk datang langsung ke Teletubbies Hills? Jangan lewatkan perjalanan seru dan lakukan berbagai aktivitas menarik selama menginap, di penjelajahan bukit unik yang hanya ada di Nusa Penida.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button