Suasana Masih Asri, Petilasan Panembahan Senapati di Kahyangan Dlepih Wonogiri - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Suasana Masih Asri, Petilasan Panembahan Senapati di Kahyangan Dlepih Wonogiri – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Wisata Surga Dlepih Wonogiri. (Spesial/Travelingyuk.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Kahyangan Dlepih merupakan perpaduan wisata spiritual dan wisata alam di Wonogiri. Wisata Surga Dlepih ini terletak di Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Dikutip dari situs travelyuk.comPada Sabtu (10/8/2022) Kahyangan Dlepih merupakan tempat tinggal raja Mataram Islam pertama yaitu Danang Sutawijaya atau Panembahan Senapati.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Di Kahyangan Dlepih terdapat goa yang terletak di atas Kedung, juga terdapat air terjun dan puncak Kahyangan yang konon pernah menjadi tempat Panembahan Senopati saat Ratu Laut Selatan berkunjung.

Karena itu, Kahyangan Dlepih menjadi tempat wisata spiritual yang banyak dikunjungi wisatawan lokal, khususnya warga Solo atau Yogyakarta untuk beribadah pada malam Jumat Kliwon.

Terdapat dua buah batu besar yang bagian atasnya dilekatkan seperti payung. Saat hujan, bisa digunakan sebagai tempat berteduh. Di tempat ini merupakan tempat yang paling penting untuk bersemedi atau sekedar berdoa kepada para leluhur.

Baca Juga: Patung Nyi Roro Kidul Jadi Salah Satu Ikon di Wonogiri

Cerita menyebar dari mulut ke mulut, konon tempat di mana dua batu besar itu disebut Pertapaan Panembanan Senapati atau Sela Pasemenden.

Tidak hanya dikenal sebagai objek spiritual, Kahyangan Dlepih juga bisa menjadi objek wisata alam yang menakjubkan. Jika Anda mengunjunginya di tempat ini, Anda akan merasakan suasana alam yang masih asri.

Suara air sungai yang mengalir, bebatuan di tengah sungai, air sungai yang membelah perbukitan, perbukitan yang indah dan bebatuan yang berdiri membuat siapapun yang melihatnya merasa tenang dan nyaman. Wisata Dlepih Kahyangan merupakan salah satu alternatif untuk bersantai setelah seharian bekerja.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button