Tumbuhan Bunga Jenazah Suweg di Kebun Raya Bogor – Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Tumbuhan Bunga Jenazah Suweg di Kebun Raya Bogor – Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, Bogor – Amorphophallus paeoniifolius atau suweg yang baru saja berbunga disekitar rumah kaca anggrek kebun Raya Bogor.

Suweg merupakan tanaman dari genus Amorphophallus yang masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa dan iles-iles.

Suweg sering disamakan dengan iles-iles karena sama-sama menghasilkan umbi yang dapat dimakan dan terdapat kesamaan morfologi daun pada fase vegetatif.

Baca juga: MNR meningkatkan keragaman inovasi dan edukasi di kebun raya

Bunga bangkai merupakan tumbuhan dataran rendah yang berasal dari daerah tropis dan lembab, menyebar ke timur dari Afrika Barat hingga pulau-pulau di Samudera Pasifik. Spesies ini tidak ditemukan di Amerika Serikat, meskipun kerabatnya, Dracontium, tumbuh di sana.

Ramuan tumbuh terutama di hutan hujan dataran rendah, hutan musim termasuk hutan terganggu, hutan sekunder, dan lahan pertanian.

Jarang ditemukan di tanah kapur, bunga bangkai terkadang ditemukan di ladang yang ditinggalkan. Dari sekitar 25 spesies tumbuhan yang tumbuh di Indonesia, 18 diantaranya endemik: 8 terbatas di Sumatera, 5 di Jawa, 3 di Kalimantan, dan 1 endemik di Sulawesi.

Umbi dan bagian tanaman lainnya mengeluarkan cairan yang gatal. Namun, ada beberapa jenis umbi-umbian yang dengan beberapa pengolahan dapat dimakan atau diolah lebih lanjut menjadi tepung untuk makanan seperti kue kering.

Baca juga: Sebagian besar Wisata Glow Kebun Raya Bogor yang polemik ditutup!

“Jenis bunga langka ini memiliki bentuk yang sangat indah dan tumbuh pada waktu-waktu tertentu, sehingga sayang untuk dilewatkan. Datanglah ke Kebun Raya Bogor dan rasakan keunikan Amorphophallus paeoniifolius.” Kata GM Corporate Communication Zaenal Arifin. (Adi Wirman/Pojoksatu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button