Tarif masuk Pulau Komodo baru Rp 3,75 juta ditunda, tersisa Rp 75-150,000 hingga Desember - WisataHits
Yogyakarta

Tarif masuk Pulau Komodo baru Rp 3,75 juta ditunda, tersisa Rp 75-150,000 hingga Desember

Tim Kementerian PPN/Bappenas meninjau rencana pengembangan Kawasan Wisata Pulau Kelor di Taman Nasional Komodo (TN), Manggarai Barat, NTT, Sabtu (18 Juli 2020). [ANTARA FOTO/Kornelis Kaha]

Pemberlakuan tarif baru Rp 3,75 juta yang ditetapkan Pemprov NTT akan berlaku optimal pada 1 Januari 2023.

SuaraJogja.id – Pemberlakuan tarif baru masuk kawasan wisata Pulau Komodo dan Pulau Padar, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, ditunda hingga tahun depan oleh Pemprov NTT. Oleh karena itu, baru pada 1 Januari 2023 diberlakukan tarif terbaru masuk Pulau Komodo.

“Pemprov NTT akan mengeluarkan waiver selama lima bulan ke depan atau berlaku tarif lama Pulau Komodo dan Pulau Padar. Tarif baru Rp 3,75 juta itu mulai berlaku 1 Januari 2023,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Zeth Sony Libing kepada wartawan di Kupang, Senin, NTT.

Ia kembali menyatakan, penerapan tarif baru Rp 3,75 juta yang ditetapkan Pemprov NTT akan optimal berlaku pada 1 Januari 2023.

Oleh karena itu, menurut dia, pada periode Agustus-Desember 2022, baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang masuk ke Pulau Komodo dan Padar tetap menerapkan tarif lama sebesar Rp75.000 untuk wisatawan domestik dan Rp150.000 untuk wisatawan asing.

Baca Juga: Tarif Baru Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Tertunda

Dijelaskannya, dispensasi tersebut merupakan usulan dari Presiden Joko Widodo dan masukan dari sejumlah tokoh masyarakat dan agama di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

“Pemberian dispensasi ini berdasarkan usulan dan masukan dari berbagai pihak, termasuk arahan Presiden Joko Widodo. Pemerintah NTT tentunya terus memperhatikan semua kontribusi dari berbagai pihak, seperti daerah,” kata Zeth.

Menurut dia, selama lima bulan ini, Pemprov NTT akan lebih mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana di kawasan wisata Pulau Komodo dan Pulau Padar, serta mengintensifkan kegiatan sosialisasi dengan berbagai pihak seperti gereja, tokoh masyarakat dan berbagai pihak di ujung barat pulau. Pulau Flores pemberlakuan Tarif baru Rp 3,75 juta, berlaku efektif 1 Januari 2023.

Ia menegaskan, wisatawan yang ingin membeli tiket pulau Komodo dan Padar mulai 1 Januari 2023 sudah bisa melakukan registrasi melalui aplikasi INISA PT Flobamor.

“Wisatawan yang ingin membeli tiket masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar dapat melakukan kunjungan wisata mulai 1 Januari 2023,” kata Zeth. [ANTARA]

Baca juga: Resmi! Tiket masuk mahal ke Pulau Komodo diundur hingga Januari 2023

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button