Manfaat lingkungan biopori | RIAU24.COM - WisataHits
Jawa Barat

Manfaat lingkungan biopori | RIAU24.COM

Pengurangan sampah organik

Keuntungan pertama dari Biopori adalah pengurangan sampah organik. Dengan membuat lubang resapan biopori, sampah organik dari rumah kita bisa direduksi ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Karena saat mengebor lubang, salah satu prosesnya harus menjebak sampah organik. Selain mengurangi sampah organik yang masuk ke TPA, manfaat Biopori juga akan membuat masyarakat awam membedakan sampah organik dan anorganik.

Mempengaruhi jumlah air tanah

Keunggulan Biopori selanjutnya adalah mempengaruhi jumlah air tanah. Terowongan kecil yang dibuat oleh cacing tanah menambah luas permukaan tanah. Hal ini tentunya meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air. Bahkan lubang resapan biopori ini mampu menambah luas resapan hingga 40 kali lipat.

Baca juga: 3 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari ini 250 orang meninggal karena selfie

pemupukan tanah

Ketika Anda memasukkan sampah organik ke dalam lubang, terjadi proses biologis yang mengubah sampah menjadi kompos. Terbentuknya kompos di dalam lubang tentu akan membuat tanah semakin subur. Jadi manfaat Biopori juga bisa menyuburkan tanah.

Membantu mencegah banjir

Manfaat Biopori selanjutnya adalah mencegah banjir. Banjir sering terjadi akhir-akhir ini, baik di kota maupun di desa, dan salah satu penyebabnya adalah buruknya sistem drainase. Di daerah padat penduduk, drainase biasanya buruk karena kurangnya penyerapan air oleh tanah. Dengan membuat lubang resapan biopori dapat membantu air segera masuk ke dalam tanah.

Source: www.riau24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button