Pantai Krakal Gunung Kidul, pantai yang indah dengan bebatuan karang yang memukau - WisataHits
wisatahits

Pantai Krakal Gunung Kidul, pantai yang indah dengan bebatuan karang yang memukau

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Krakal adalah pantai pasir putih yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan bebatuan di sepanjang pantai. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki garis pantai terpanjang diantara pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Ada sebuah batu besar di tepi pantai yang merupakan objek wisata paling populer di pantai Krakal. Di atas batu karang terdapat patung ikan yang menjadi icon pantai ini. Untuk bisa mendaki batu karang, wisatawan harus menaiki jembatan yang menghubungkan pantai dan batu karang.

Pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk anak muda karena memiliki view kekinian. Bagi wisatawan yang ingin menikmati semilir angin pantai sambil menenangkan pikiran dengan pemandangan pantai, cobalah berkunjung ke pantai ini. Bagi yang suka memancing, Anda juga bisa mencoba memancing di pantai yang terletak di Gunung Kidul.

Atraksi pantai Krakal

Aktivitas Pantai KrakalKredit gambar: Google Maps Jum Badi

Setiap tempat wisata pasti memiliki keunikan tersendiri. Dari keunikan dan daya tariknya yang membuat wisatawan datang untuk mengunjunginya. Begitu pula dengan Pantai Krakal yang memiliki beberapa pesona tersendiri. Berikut adalah beberapa cetakan tersebut.

1. Pasir putih

Yang pertama adalah pasir putih yang membentang di sepanjang pantai. Pantai pasir putih memang bisa ditemukan di beberapa tempat, namun pasir putih pantai ini berbeda dengan bebatuan karang yang juga terdapat di sepanjang pantai.

2.Batu

Tidak hanya pasir putih yang menarik perhatian wisatawan ke pantai ini. Namun, keberadaan bebatuan yang bisa ditemukan di sini membuat pantai ini sedikit berbeda dengan pantai pasir putih lainnya di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Tidak hanya batu-batuan kecil, namun batu-batuan besar juga ada di pantai ini. Batu itu begitu besar sehingga dapat menampung beberapa orang di atasnya. Karena bebatuan yang membuat banyak ikan yang bisa ditemukan disini. Maka tak heran jika wisatawan juga menyempatkan diri untuk memancing di bebatuan.

3. Patung Ikan

Berikutnya adalah ikon Pantai Krakal berupa patung ikan di atas batu karang besar. Banyak orang menyempatkan diri untuk berfoto di samping patung ikan tersebut. Bisa dikatakan hampir setiap wisatawan yang hadir di pantai ini pasti menyempatkan diri untuk berfoto disini. Maka dari itu, jangan heran jika patung ikan ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

4. Memancing di laut

Tidak hanya wisata alam saja yang menjadi daya tarik pantai ini. Namun, hasil tangkapan juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan lokasinya yang berada di desa yang rata-rata penduduknya berprofesi sebagai nelayan, memancing di laut di sini sangat enak untuk disantap. Jadi bagi wisatawan yang datang ke pantai ini, cobalah seafood di sini.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Krakal

Alamat Pantai KrakalKredit gambar: Google Maps Venom Neo

Pantai Krakal terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih tepatnya di Tanjungsari, Ngestirejo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini bersebelahan dengan pantai Drini dan selalu satu jalur dengan pantai Kukup. Untuk menempuh perjalanan dari kota Yogyakarta menuju pantai, dibutuhkan waktu 3 jam dengan jarak tempuh 62 Kilo meter.

Dari pusat kota, ambil jalan menuju Banguntapan melalui jl. Gayam ke Jl. Walnut. Kemudian di perempatan Jl.Kusumanegara ambil jalur ke kiri di jl. Kusumanegara lurus terus sampai ketemu Bakpia Kukus Tugu Selamatloka lalu belok kanan di Jl. Carryingkuning di perempatan Wonosari lalu pindah ke Jl. Wonosari tetap di Jl. Wonosari atau biasa dikenal dengan nama Jl. Nationale 3.

Lanjutkan perjalanan dari Gogje ke Wonosari sampai Anda menemukan gedung serbaguna Siyono. Di pertigaan, ambil jalan keluar ke Jl. Kyai legi ke jl. Krt jododiningrat dan menemukan gedung BPJS Gunung Kidul. Kemudian di perempatan belok kanan di jl.baron sampai di pertigaan BUMDes Lestari lalu ambil jalur kiri dan dilanjutkan jalur menuju pasar Tanjung.

Dari Pasar Tanjung ambil jalur kanan sampai ketemu Masjid Al’Faizin, lalu belok kiri, tetap di jalur sampai ketemu Bali Desa Banjarejo, lalu ambil jalur kiri sampai ketemu pertigaan WD Cell, lalu ambil jalan jalur kanan, ikuti jalur tersebut hingga menemukan Jl.Pantai Selatan Jawa. Tetap di Jl.Pantai Selatan Jawa sampai Anda menemukan Terminal Wisata Gunung Kidul kemudian belok kanan dan Anda akan tiba.

Untuk tiket masuk ke Pantai Krakal adalah Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk semua destinasi wisata lainnya di sekitar pantai. Mengenai parkir kendaraan adalah Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pantai ini buka 24 jam sehari kecuali pada hari libur nasional.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Krakal

Aktivitas seru di Pantai KrakalKredit gambar: Google Maps Ka Hm 321

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini untuk menikmati liburannya. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Krakal.

1. Berenang

Yang pertama adalah berenang dan bermain air laut di pantai. Ombak di pantai ini tergolong kecil, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika pengunjung tidak ingin berenang. Di pantai ini pengunjung bisa belajar berenang sekaligus karena ombaknya kecil.

2. Bermain pasir

Karena garis pantai yang luas, wisatawan dapat bermain pasir, voli pantai atau aktivitas menarik lainnya di pantai. Oleh karena itu, aktivitas yang melibatkan banyak orang juga bisa dilakukan di pantai ini.

Jika ingin lebih puas bermain, usahakan untuk tidak datang ke pantai saat hari libur atau akhir pekan. Karena pantai akan sangat ramai pada hari-hari tersebut.

3. Menyelam

Selanjutnya adalah menyelam dan mengamati keindahan alam bawah laut. Dengan adanya beberapa bebatuan di sini, tampilan bawah laut pantai ini juga indah dan enak dipandang mata.

Sedikit saran bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas menyelam, cobalah untuk waspada terhadap ubur-ubur di sekitar pantai.

4. Memancing

Aktivitas Seru di Pantai KrakalKredit gambar: Google Maps Riski Surokhim

Seperti titik sebelumnya yang disebabkan oleh bebatuan karang, ikan di sekitar Pantai Krakal bisa ditangkap. Bagi wisatawan yang hobi memancing, bisa menikmati momen memancing dari bebatuan pantai ini.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas memancing, disarankan untuk menggunakan sepatu agar kaki tidak tergores akibat bebatuan tajam.

5. Nikmati wisata kuliner

Karena warga sekitar yang memiliki profesi utama adalah nelayan. Maka tak heran jika Anda bisa mencicipi banyak sekali seafood di pantai ini. Oleh karena itu, tidak sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini hanya untuk menikmati hasil laut yang ditangkap di sini.

6. Ambil gambar

Tidak lengkap rasanya jika Anda pergi berlibur tanpa mengabadikan momen penting tersebut. Mengambil foto dan mengabadikan momen liburan sering dilakukan oleh banyak orang. Begitu juga saat berlibur di pantai ini. Tidak hanya momen bersama yang bisa diabadikan, namun ada banyak tempat bagus yang bisa dijadikan sebagai background foto wisatawan.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Joglo KerajaanKredit gambar: Google Maps Khalid Fadhlullah

Beberapa hostel terletak di sekitar pantai. Berikut beberapa penginapan tersebut.

1. Akomodasi Mayasari

Dengan harga mulai dari Rp 160.000 per malam, pengunjung sudah bisa menikmati penginapan sederhana dengan AC dan wifi. Hanya berjarak 6 meter dari pantai, pengunjung di sini rata-rata wisatawan menghabiskan liburannya di Pantai Krakal.

2. Istana Joglo

Berikutnya adalah penginapan dengan harga mulai dari Rp 250,00, pengunjung mendapatkan pengalaman bermalam dengan pemandangan laut yang sangat indah. Jarak antara hostel dan pantai sekitar 56 meter.

3. Pandawa Inn 79

Kemudian datanglah hostel yang berjarak sekitar 30 meter dari pantai. Di hostel ini, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan laut dan pelayanan para pelayan yang ramah.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Krakal Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Krakal Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Nicolas Ekaputera Samuel

Setiap tempat wisata pasti memiliki fasilitas yang dibuat atau disediakan untuk memuaskan wisatawan yang datang. Begitu pula dengan pantai Krakal yang terletak di Gunung Kidul. Berikut beberapa fasilitas yang ada di pantai ini.

1. Area parkir

Yang pertama adalah tempat parkir bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai. Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan penumpang. Untuk hari libur dan akhir pekan akan sangat ramai karena banyaknya wisatawan yang datang berlibur.

2. Katering

Ada warung makan di pinggir pantai yang bisa digunakan wisatawan untuk membeli makanan. Ada makanan berat dan ringan serta minuman dingin dan panas. Wisatawan juga dapat memilih ikan untuk dipanggang dan langsung dimakan.

3. Tempat foto

Ada beberapa spot foto bagus yang bisa digunakan wisatawan untuk berfoto. Salah satu yang paling terkenal di pantai ini adalah patung ikan yang duduk di atas batu besar. Ada beberapa spot bagus lainnya yang bisa digunakan di sepanjang pantai ini.

4. Toilet umum dan kamar mandi

Dan fasilitas terakhir adalah WC yang bisa digunakan untuk membersihkan diri dengan air bersih setelah puas bermain air laut, bagi yang ingin buang air besar atau kecil bisa menggunakan WC umum ini. Ada dua bagian toilet, yaitu toilet pria dan toilet wanita. Jadi tidak perlu takut saat memasuki toilet umum pantai ini.

Pantai Krakal bisa dibilang pantai paling populer di kawasan Gunung Kidul. Perpaduan pasir putih, terumbu karang dan wisata kuliner berupa seafood memang sangat menarik bagi wisatawan pecinta pantai. Apalagi fasilitas tambahan seperti patung ikan populer menambah keistimewaan pantai ini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button