Siaga Nataru, Basarnas Jogjakarta Fokus wilayah pesisir • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Siaga Nataru, Basarnas Jogjakarta Fokus wilayah pesisir • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Kantor Basarnas Jogjakarta menyiapkan 70 pegawai selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023. Semuanya akan standby di sejumlah destinasi wisata di Jogjakarta. Operasi ini terangkum dalam kegiatan siaga SAR khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kamal Riswandi, Kepala Kantor Basarnas Jogjakarta, mengatakan status waspada berlangsung selama 16 hari. Terhitung mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Fokus pengamanan destinasi wisata dan ruang publik.

“Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, hari raya Nataru ini diperkirakan berdampak pada 16,35 persen penduduk Indonesia, atau sebanyak 44,17 juta orang akan berpindah-pindah. Itu yang kita harapkan saat melintasi wilayah Jogjakarta,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/12).

Berdasarkan data yang sama, puncak mudik Natal akan terjadi pada 23-24 Desember 2022. Sedangkan puncak pengembalian pada 25-26 Desember 2022. Sedangkan untuk Tahun Baru akan diselenggarakan antara 30-31 Desember 2022 dan 1 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Beberapa potensi ancaman yang diperkirakan terjadi adalah banjir, gelombang tinggi, tanah longsor, banjir bandang dan angin puting beliung. Ini merupakan bagian dari mitigasi bencana hidrometeorologi.

Bencana geologis juga diperkirakan terjadi. Meliputi gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi. Berkaitan dengan potensi kecelakaan transportasi, fokusnya adalah pada transportasi darat dan udara. Terutama yang berkendara melalui area Jogjakarta.

“Potensi ancaman yang terakhir adalah ancaman kondisi yang membahayakan manusia. Salah satunya darurat di tempat-tempat wisata,” katanya.

Selama masa siaga SAR, pihaknya menyiagakan lima posko pergerakan. Posko utama berada di Posko Utama Basarnas Jogjakarta di Sedayu, kemudian di Posko Siaga SAR Khusus Gabungan Nataru di Pelemgurih Gamping Sleman.

Pos selanjutnya di area patroli dari Kulonprogo hingga Purworejo. Selanjutnya patroli keliling Posko Basarnas Gunungkidul. Untuk rute destinasi pantai di kabupaten gunungkidul. Ada patroli untuk destinasi wisata pantai di Bantul.

“Untuk Tahun Baru ini kami siapkan 4 orang staf dan satu orang di kawasan Pantai Bantul. Kemudian Gunungkidul akan memiliki 2 unit Jetsky dengan 4 orang yang siap di Pantai Wediombo,” ujarnya (dwi).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button