Taman Bunga Okura, Taman Wisata Hits & Kontemporer di Pekanbaru - WisataHits
wisatahits

Taman Bunga Okura, Taman Wisata Hits & Kontemporer di Pekanbaru

Taman Bunga Okura, Taman Wisata Hits & Kontemporer di Pekanbaru
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Tebing Tinggi Okura, Kec. Pesisir Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Berwisata tidak harus mahal, yang penting tujuan utama liburan tercapai. Seperti Taman Bunga Okura, objek wisata yang terletak di Pekanbaru, Riau. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya saat berkunjung untuk mendapatkan kepuasan berlibur yang menarik. Harga masuknya relatif murah dengan pesona alam buatan berbagai jenis bunga.

Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal. Bukan berarti tidak ada yang datang dari luar kota, hanya saja tidak sebanyak penduduk setempat. Seperti namanya, kali ini objek wisata berupa taman. Layaknya taman, berbagai jenis bunga tumbuh subur di area tersebut. Beberapa di antaranya adalah bunga jengger ayam, bunga kancing baju, Cladium, dan yang paling dominan adalah bunga matahari.

Taman ini terletak di Desa Tebing Tinggi dan dikelola dengan baik oleh warga setempat. Pembangunannya tidak mahal, karena sebagian besar bibit bunga diperoleh dari penduduk setempat. Selain itu, pupuk yang digunakan juga berasal dari peternakan warga setempat. Namun keindahan dan kecantikannya tidak boleh diremehkan karena sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Atraksi Taman Bunga Okura

Atraksi Taman Bunga OkuraFoto oleh Dwi Purwanto di Google Maps

Setiap objek wisata alam memiliki daya tarik tersendiri, terutama karena keindahannya. Meski tidak terbentuk secara alami karena campur tangan manusia, Taman Bunga Okura memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Atraksi ini menjadi alasan mengapa selalu ada banyak wisatawan, terutama anak muda.

✦ Berbagai jenis bunga mudah ditemukan

Tentunya tidak hanya di Pekanbaru saja yang memiliki destinasi wisata berupa taman bunga, masih banyak tempat lainnya. Namun, kebanyakan hanya fokus pada beberapa tanaman saja. Contohnya adalah Taman Bunga Matahari yang hanya menyediakan bunga matahari yang indah.

Inilah daya tarik yang pertama, yaitu banyaknya jenis bunga. Selain bunga yang disebutkan di atas, pengunjung juga akan menjumpai Bunga Vinca dan Miana. Warna ungu cemerlang bunga Vinca membuat taman bunga ini selalu menarik untuk dinikmati. Sedangkan bunga Miana yang memiliki warna berbeda memberikan kesan yang lebih indah.

✦ Taman Bunga Okura yang Unik

Daya tarik lain yang membuat pengunjung selalu ingin kembali adalah keunikannya. Jika di tempat lain hanya menyuguhkan keindahan bunga, kali ini tidak. Selain menawarkan pemandangan taman yang khas dari berbagai jenis bunga, ada keunikan yang juga menambah keindahannya.

Taman Bunga Okura dibangun di atas lahan kosong seluas 2 hektar di tepi Sungai Siak. Pengunjung bisa melihat perahu penduduk setempat melintas sambil merasakan hembusan angin menerpa wajah mereka. Tidak sedikit burung merpati yang turun hanya untuk mencari makan. Burung tersebut justru disulap menjadi sangkar yang masih berada di lokasi di dalam taman.

✦ Tersedia banyak spot foto

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat tersebut bertujuan untuk mencari spot foto. Tempat wisata ini memang sangat menjanjikan jika digunakan untuk berfoto. Warna bunga yang berbeda menghiasi setiap latar belakang foto Anda. Apalagi jika pembentukan bunganya dilakukan dengan sangat apik sehingga menghasilkan warna seperti pelangi.

Ada juga bunga yang berbentuk seperti hati, atau istilah kerennya berbentuk love. Ada yang dibuat melingkar seperti di taman-taman yang sering Anda jumpai. Bentuk yang paling umum adalah memanjang dengan jenis tanaman yang berbeda di setiap barisnya. Bentuknya biasa saja, namun banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berfoto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Bunga OkuraFoto Lensenaya di Instagram

Menuju Taman Bunga Okura sebenarnya tidak terlalu sulit karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota. Arahkan saja kendaraan ke Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau. Dibutuhkan sekitar 30 menit jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Pekanbaru karena jaraknya hanya sekitar 20 kilometer.

Tengara utamanya adalah danau buatan, silakan belok kanan saat Anda sampai di sana. Saat tiba di Panjang Okura, belok kiri. Dari sana, lokasi wisata tidak terlalu jauh. Ada dasbor jika Anda masih ragu dengan lokasi persisnya. Anda juga dapat menggunakan fungsi Google Map jika diperlukan.

Harga tiket masuk dan jam buka

Pada pembukaan, kami menjelaskan sedikit bahwa tidak perlu mengeluarkan banyak uang saat ingin melakukan dekompresi. Artinya, harga masuk ke Taman Bunga Okura sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir. Cukup menyediakan Rp 5.000 bagi yang datang dengan kendaraan bermotor dengan perincian tiket masuk Rp 2.500, dan sisanya digunakan untuk parkir kendaraan.

Bagi yang datang dengan mobil selisihnya hanya sedikit, yakni Rp 10.000. Harga tersebut juga sudah termasuk biaya parkir seperti sepeda motor. Tempat wisata menarik di Pekanbaru ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 18:00. Khusus untuk hari Sabtu dan Minggu, buka mulai pukul 08:00 dan tutup pada jam yang sama.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Taman Bunga OkuraFoto oleh Jania Rizka di Google Maps

Meski hanya sebuah taman, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas di tempat wisata murah ini. Bahkan, beberapa aktivitas justru lebih menarik dibandingkan wisata alam lainnya. Apa saja kegiatan yang dimaksud? Berikut penjelasan singkatnya!

1. Bersantai dan menikmati keindahan Taman Bunga Okura

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Taman Bunga Okura adalah bersantai. Kegiatan ini tidak membutuhkan banyak tenaga, apalagi uang. Sekalipun Anda duduk dan bersantai, bukan berarti tidak ada manfaatnya. Keindahan taman yang sayang untuk dilewatkan ternyata bisa membuat pikiran lebih segar.

Bagi Anda yang penat setelah seharian bekerja, kegiatan ini cocok. Pikiran yang awalnya lelah dan tertekan bisa diatasi dengan bersantai di taman yang asri ini. Pengunjung yang juga datang sering melakukan aktivitas pasif ini, apalagi jika datang berpasangan. Bersantai sambil bercengkrama dengan anggota keluarga juga boleh.

2. Berburu foto keren

Salah satu daya tarik Taman Bunga Okura adalah banyaknya spot foto cantik yang tersebar di beberapa tempat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Atraksi ini juga bisa dijadikan aktivitas menarik selama berada di sana. Apalagi kalau bukan spot foto taman dengan hiasan bunga warna-warni. Beberapa bunga setinggi orang dewasa, tempat ini sangat cocok untuk menghiasi background foto Anda.

Pengunjung yang datang diberi tempat atau jalur khusus agar tidak merusak tanaman di sekitarnya. Sebagian besar waktu mereka mengabaikan momen, Anda juga bisa. Ada juga spot yang tak kalah menarik yaitu dovecote. Bukan hanya kandang saja, tapi dibangun menyerupai rumah dengan cat warna-warni.

3. Menikmati sejuknya suasana Sungai Siak

Karena lokasi Taman Bunga Okura berada di sebelah Sungai Siak, udara di sekitarnya pasti lebih sejuk. Tak hanya mata saja yang dimanjakan, tapi juga seluruh tubuh. Banyak pengunjung yang datang ke lokasi memilih tempat bersantai di tepi sungai. Itu benar-benar membuat kesan pada mereka.

Apalagi jika terkadang ada beberapa perahu milik warga yang melintas. Pemandangan yang disajikan tentu tidak membosankan. Bagi Anda yang datang bersama keluarga, piknik santai di tepi sungai bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan. Namun, harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan tepi sungai karena bisa terpeleset dan jatuh.

4. Asyiknya bermain di taman bermain

Taman Bunga Okura tidak hanya didesain untuk orang dewasa atau anak muda yang ingin menghiasi akun media sosialnya saat berlibur. Anak-anak yang datang ke lokasi juga memiliki taman bermain bagi mereka yang ingin bermain. Beberapa permainan sederhana namun tetap menyenangkan adalah jungkat-jungkit dan jungkat-jungkit.

5. Pesan buket

Karangan bunga atau buket bunga adalah rangkaian bunga agar menjadi lebih indah. Menariknya, Anda bisa membawa oleh-oleh saat meninggalkan lokasi. Memesan karangan bunga adalah sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh sebagian besar pengunjung. Apalagi jika disinggung sebelumnya bahwa mayoritas pengunjungnya adalah kaum milenial.

Anda bisa memesan bunga yang ingin Anda buat secara seri, tetapi utamanya menggunakan bunga matahari. Harganya tergantung pesanan, namun ada juga yang sudah jadi dan bisa Anda bawa pulang dengan harga yang cukup terjangkau. Sebagian besar karangan bunga siap pakai menggunakan bunga matahari yang sudah mekar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan taman bunga OkuraFoto oleh Herman Tho di Google Maps

Sebagai objek wisata, Taman Bunga Okura juga menawarkan berbagai macam fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Selain tempat parkir dan toilet, Anda bisa menggunakan mushola jika ingin menunaikan kewajiban. Tidak terlalu besar, namun tetap nyaman digunakan sebagai tempat ibadah.

Bagi yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan indahnya bunga, silahkan menggunakan gazebo atau bangku yang disediakan di beberapa lokasi. Fasilitas lain yang tersedia adalah warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Harganya juga murah, tapi jika masih ragu, silahkan bertanya sebelum membeli.

Ini adalah gambaran singkat tentang keberhasilan taman yang luar biasa di Pekanbaru. Jika masih penasaran, silahkan langsung ke situsnya. Sedikit tips bagi yang datang untuk tujuan berburu spot foto, pastikan membawa kamera terbaik dengan kapasitas memori yang besar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button