Pantai Pelabuhan Ratu, pantai indah pesona keindahan alam di Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Pantai Pelabuhan Ratu, pantai indah pesona keindahan alam di Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu, pantai indah pesona keindahan alam di Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu berada di wilayah Sukabumi Jawa Barat. Pantai indah ini terkenal dengan pemandangannya yang eksotik dan menyenangkan.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pelabuhanratu, Kota Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Sukabumi memang terkenal dengan kawasan pesisirnya yang memiliki pantai-pantai indah, termasuk Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ikonik ini memiliki pesona alam yang memikat setiap orang yang melihatnya, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, masih banyak atraksi lain di sini.

Mitos sejarah Pantai Pelabuhan Ratu sangat melegenda, tersebar cerita bahwa pantai indah ini pernah diperintah oleh Nyi Roro Kidul, dan Pantai Karang Hawu yang menjadi Teluk Pelabuhan Ratu dijadikan singgasana sakti ratu.

Sehingga ada pantangan yang diyakini oleh masyarakat yaitu dilarang memakai pakaian berwarna hijau di area pantai. Karena menurut kepercayaan sang ratu sangat menyukai warna hijau. Namun, meski begitu, pantai cantik ini tetap ramai dikunjungi wisatawan.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Pelabuhan Ratu

Daya Tarik Pantai Slili Gunung KidulFoto: Google Maps/Wahyu Hidayatulloh

Pantai yang memiliki segudang cerita ini memiliki banyak penggemar. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara beberapa kali mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu. Hal ini dikarenakan daya tarik yang dimiliki dapat menarik wisatawan.

✦ Keindahan alam yang mempesona

Keindahan alam wisata alam ini patut diacungi jempol. Tidak hanya keindahan hamparan lautnya yang jernih, pasir yang lembut serta dataran yang landai dengan beberapa bagian yang terjal juga terlihat sempurna dan eksotik.

Ditambah dengan bebatuan dengan berbagai ukuran melunakkan pantai selatan ini. Belum lagi kawasan pegunungan yang berjejer menambah kesan keindahannya, dengan suasana yang rindang karena rimbunnya pepohonan. Tak heran jika pantai indah ini menjadi favorit di kalangan wisatawan mancanegara.

✦ Suasana malam yang indah

Tidak hanya keindahan yang bisa Anda lihat di siang hari, Pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki keindahan di malam hari. Jangan takut, karena malam hari pun pantai indah ini selalu ramai pengunjung.

Suasana agak redup, karena sumber penerangan hanya dari warung dan perahu nelayan yang terlihat dari jauh serta lampu mercusuar. Namun suasana inilah yang memberikan tempat indah ini sebuah aspek eksotis dan tenteram serta dapat menentramkan jiwa.

✦ Pesta Laut

Salah satu daya tarik Pantai Pelabuhan Ratu adalah Festival Laut Ritual ini sudah ada sejak zaman dahulu dan diperingati pada hari nelayan. Ritualnya sendiri berupa prosesi budaya bahari masyarakat Sunda pesisir. Dalam ritual ini, penduduk asli menyediakan kepala kerbau dan sesajen lainnya untuk dibubarkan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Tuhan berupa hasil tangkapan ikan dan harapan agar tangkapan berikutnya berlimpah. Selain pelarangan, juga digelar acara lain seperti tarian mengiringi raja dan ratu sebagai bentuk simbolik.

✦ Dekat penginapan

Belum lengkap rasanya jika tempat wisatanya jauh dari hostel. Beruntung, tempat wisata eksotis ini berada di dekat beberapa hostel dan hotel yang bisa ditempati wisatawan saat ingin bermalam di sana.

Beberapa hotel dan penginapan tersebut antara lain Petra Inn, Ketapang Resort, Villa Ungu Karang Hawu, Asrama Cimaja dan Capital O 1973 Hotel Department Store. Jarak dari pantai ke hostel sangat bervariasi, dari 900 meter – 20 km.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Slili Gunung KidulFoto: Google Maps/Pejabat Sanju

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, dan berjarak sekitar 60 km dari kota Sukabumi. Akses menuju sirkuit ini mudah diakses, terutama bagi wisatawan yang datang dari Jakarta, Bogor, dan Bandung.

Jika menggunakan bus, Anda bisa menggunakan bus menuju Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari Jakarta dan Bogor bisa menggunakan angkutan umum atau bus menuju terminal Bogor.

Sesampainya di terminal Bogor, lanjut ambil jalur Bogor-Sukabumi dengan tarif Rp 15.000, lalu transit dan ambil jalur lain menuju Pelabuhan Ratu.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Objek wisata terkenal ini memiliki harga tiket yang terjangkau. Harga tiket dihitung berdasarkan kendaraan yang digunakan dan bukan pada masing-masing individu.

Harga tiket untuk pejalan kaki hanya Rp 3.000, sedangkan jika menggunakan sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000, bagi wisatawan yang menggunakan mobil pribadi dikenakan biaya Rp 20.000 dan bagi wisatawan yang menggunakan bus dikenakan biaya Rp 30.000. tempat wisata yang indah dapat dinikmati kapan saja 24 jam sehari.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai Slili Gunung KidulFoto: Google Maps/Mia Amalia

Banyak kegiatan yang dilakukan di Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, karena tempatnya yang eksotis dan cukup terkenal membuat pengelola terus menambah fasilitas dan wahana bagi para wisatawan. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan disini adalah :

1. Nikmati alam yang indah

Alamnya yang mempesona tentu bisa menjadi incaran utama para wisatawan yang lalu lalang. Wisatawan dapat menikmati panorama alam siang dan malam dalam suasana yang nyaman dan asri. Hembusan angin dan ombak akan menemani keindahan pantai berlantai seribu ini.

Hamparan air laut berwarna biru kehijauan dan pasir halus bisa dinikmati wisatawan sepuasnya tanpa ada batasan waktu. Wisatawan biasanya berteduh di pinggir pantai di bawah pepohonan yang menghijau, menyegarkan diri sambil mengagumi hamparan pantai dan air lautnya yang luas.

2. Naik ombak

Arus laut yang kuat di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu menjadikan tempat ini ideal untuk berselancar. Sedikitnya ada sembilan titik lokasi yang dijadikan spot surfing, yakni Karang Sar, Pantai Samudra, Cimaja, Indicator, Batu Guram, Sunset Beach, Ujung Genteng, Ombak Tujuh dan Karang Haji.

Hingga saat ini, Cimaja menjadi tempat favorit para wisatawan untuk berselancar karena memiliki karakteristik ombak yang lebih tinggi dari yang lain, yakni bisa mencapai 4 meter.

Meski begitu, area selancar ini hanya direkomendasikan untuk para profesional, bukan untuk pemula yang belajar selancar, karena akan sangat membahayakan keselamatan. Selain ombaknya yang tinggi, bebatuan juga menjadi alasan mengapa para pemula tidak disarankan untuk berselancar di sini.

3. Berkuda di sekitar pantai

Turis enggan atau enggan berselancar punya alternatif lain untuk mengisi liburannya yaitu menunggang kuda. Di sini terdapat tempat persewaan kuda yang bisa dibawa berkeliling pantai sehingga tidak perlu berjalan kaki lelah.

Akan ada pemandu yang ahli untuk memandu kuda-kuda tersebut sehingga wisatawan tidak perlu khawatir kuda-kuda tersebut kabur. Kuda yang digunakan juga merupakan kuda yang sehat dan memenuhi klasifikasi untuk ditunggangi.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Slili Gunung KidulFoto: Google Maps/Cmanwri

Layaknya pantai lainnya, fasilitas di Pantai Pelabuhan Ratu cukup lengkap untuk membantu wisatawan melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari masjid, mushola, toilet, pusat informasi wisata, tempat bermain anak, hingga ada kesatuan Penjaga pantai.

Selain itu, ada juga fasilitas berbayar seperti akomodasi, warung makan, persewaan kuda, dan persewaan peralatan selancar.

Pergi ke pantai memang hal yang menyenangkan, selain berlibur, wisatawan juga bisa beristirahat sejenak sambil melihat pemandangan yang indah. Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi karena keindahan dan nilai eksotiknya yang tidak bisa disepelekan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button