Sprint Rally Yogyakarta menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata lokal - WisataHits
Yogyakarta

Sprint Rally Yogyakarta menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata lokal

GridOto.com – Yogyakarta Sprint Rally bukan hanya sekedar perlombaan, tapi juga ajang untuk mendongkrak pariwisata lokal.

Dunia motorsport tidak selalu tentang balap, beberapa acara diadakan untuk tujuan lain.

Salah satunya adalah acara klub bertajuk King’s Cup Sprint Rally Jogja yang akan digelar pada 15-16 Oktober 2022 di Desa Donokerta, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Mitsubishi Mirrage di Piala Raja dengan mesin Outlander

Aditya Pradita

Mitsubishi Mirrage di Piala Raja dengan mesin Outlander

The King’s Cup Sprint Rally Jogja kali ini merupakan yang ketiga kalinya, event pertama akan dilaksanakan pada 14-15 Mei 2022 dan yang kedua pada 13-14 Agustus 2022.

“Reli sprint ini adalah acara klub. Tujuannya tidak hanya balapan, tapi kami juga mengajak masyarakat sekitar untuk berpartisipasi,” jelas penyelenggara Marrel.

Salah satu peserta di Yogyakarta Sprint Rally

Aditya Pradita

Salah satu peserta di Yogyakarta Sprint Rally

“Jogja memang kota wisata, jadi acara ini juga mendukung masyarakat sekitar desa Donokerto. Omong-omong, dekat dengan beberapa tempat wisata salah satunya Gunung Merapi,” jelasnya.

Keterlibatan masyarakat lainnya dalam ajang sprint rally ini salah satunya sebagai marshal.

Salah satu tim tuan rumah, Gumregah

Adityas Pradifta

Salah satu tim tuan rumah, Gumregah

“Tentunya ada transfer of knowledge sebelum event, yang kami lakukan terkait regulasi sprint rally, agar partner yang terlibat bisa bekerja secara maksimal,” ujar Marrel.

Tidak hanya sisi wisata saja yang dibenahi, namun juga membangkitkan minat para pecinta balap reli, antara lain dengan upaya menyesuaikan regulasi dengan kemampuan peserta.

Jadi tidak ada syarat yang tinggi untuk bisa turun di event club ini, tapi tentunya syarat keselamatan harus dipenuhi.

Podium juara Sprint Rally Jogja 2022 King's Cup

Aditya Pradita

Podium juara Sprint Rally Jogja 2022 King’s Cup

“Tentu saja kami ingin membangun itu. Semangat balap reli, yang terpenting peserta lain berani mencoba balapan,” ujar Marrel lagi.

“Dari sini kami berharap semakin banyak orang yang tertarik untuk mengikuti lomba reli. Dan dari acara klub ini bisa terjadi transfer ilmu dari yang lebih berpengalaman ke yang pemula,” lanjutnya.

Seri ketiga Sprint Rally King’s Cup akhirnya menemukan juara umum yang dimenangkan oleh Diono (driver) dan Kevin Sandi Pranata (navigator).

Juara Jogja Sprint Rally King Cup 2022

Aditya Pradita

Juara Jogja Sprint Rally King Cup 2022

Tito Utomo (driver) dan Tori Utomo (navigator) menjadi juara di kelas F1, kemudian Brata Mugi (driver) dan Nurul Fitriyatno (navigator) menjadi juara di kelas F2.

Satya Sunarsa (driver) dan Agus Ambaryanto (navigator) menjadi juara kelas F3, kemudian duet Samuel Christian (driver) dan Bowo Pete (navigator) meraih gelar juara kelas R1.

Di kelas R2, Gani Cahya Kusuma (driver) dan Thovany Ahmad (navigator) memenangkan duet tersebut.

Kelas R3 dimenangkan oleh Tata NF (driver) dan Faturrahman (navigator), terakhir di kelas J1 berhasil diraih oleh Aditya Agung (driver) dan Muhammad Alfandi T (navigator).

Source: www.gridoto.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button