Pernikahan Kaesang-Erina menjadi ajang tunggal untuk mempromosikan pariwisata dan budaya - WisataHits
Jawa Tengah

Pernikahan Kaesang-Erina menjadi ajang tunggal untuk mempromosikan pariwisata dan budaya

Solo, CNN Indonesia

Upacara Ngunduh Mantu dan Upacara Pernikahan Kaesang Pangarep Dengan Erina Gudono di Solo, sedangkan Upacara Cipratan Kaesang Erina dilakukan di kediaman masing-masing.

Perayaan akbar keluarga Presiden Joko Widodo digelar di kantor Wali Kota Solo Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Erina Eric Thohir mengatakan prosesi Nunduh dan Tasyakuran bisa menjadi ajang promosi pariwisata dan tradisi Jawa khususnya Surakarta.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Pernikahan ini banyak sekali upacara adatnya, ya itu harus kita lestarikan. Jangan pakai semua pernikahan ala barat,” ujarnya saat ditemui di Loji Gandrung.

Rangkaian upacara adat Ngunduh Mantu berlangsung di Loji Gandrung, sebuah bangunan bersejarah. Bangunan bergaya India ini dibangun pada masa kolonial oleh seorang pengusaha Belanda bernama Johannes Agustinus Dezentje. Pengusaha di bidang agribisnis ini menikah dengan seorang wanita keturunan Kasunanan Surakarta.

Setelah menantu, mempelai dan keluarganya akan diantar ke Pura Mangkunegaran. Seperti halnya Loji Gandrung, Mangkunegaran memiliki jejak sejarah yang sangat besar di Solo dan sekitarnya. Kompleks kadipaten di tengah Kota Solo ini didirikan oleh Raden Mas Said yang bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I.

Hingga pagi ini, Candi Mangkunegaran dihias dengan hiasan untuk mempercantik tempat hajatan. Berbagai ornamen dan hiasan bunga diaplikasikan pada Mangkunegaran-Pendapa.

Tamu undangan akan disambut oleh log yang memisahkan akses ke dan dari pendopo. Di dalam pendulum itu sendiri, cabang dan bunga putih mendominasi dekorasinya.

“Lampu di sini juga bersejarah. Konon, mereka dibeli Mangkunegara dari Istana Bogor. Jadi kalau tidak salah itu orang Belanda atau Prancis,” kata Eric.

Tak hanya kisah Kota Solo, pernikahan Kaesang dan Erina juga dimeriahkan dengan sembilan etape yang tersebar di sepanjang jalan antara Loji Gandrung dan Mangkunegaran. Panggung diisi dengan berbagai kesenian tradisional dan band dari solo.

“Noah dan Dewa sudah punya panggung. Sekarang giliran artis solo asli,” katanya.

Eric menyebut pernikahan Kaesang dan Erina berpeluang meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Solo. Tidak hanya wisatawan mancanegara, acara tersebut juga dapat menarik minat wisatawan domestik.

“Kami selalu mengusir wisatawan dari luar negeri. Bahkan jika kita memiliki lebih banyak turis lokal. Itu juga harus kita perhatikan,” ujarnya.

(chs)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button