Tren Pariwisata Imlek: Wisatawan cenderung memilih negara tetangga - WisataHits
Yogyakarta

Tren Pariwisata Imlek: Wisatawan cenderung memilih negara tetangga

Tren Pariwisata Imlek: Wisatawan cenderung memilih negara tetangga

TEMPO.CO, jakarta – Di tengah dinamika perayaan Imlek ini, banyak turis Asia yang memilih berkunjung ke negara tetangga. Hal itu terungkap dalam data dari aplikasi booking Agoda.

Berdasarkan pencarian Agoda untuk periode 8-15 Januari 2023, data menunjukkan wisatawan Indonesia memilih negara seperti Malaysia dan Singapura sebagai destinasi liburannya. Turis dari negara lain juga memilih tujuan terdekat, mis. B. Wisatawan Filipina memilih Singapura, wisatawan Korea Selatan memilih Jepang dan wisatawan Vietnam memilih Thailand.

Tren berbeda muncul di kalangan wisatawan dari China dan Jepang. Mereka cenderung memilih tujuan udara hangat di musim dingin, seperti B.Thailand. Negeri gajah putih menjadi tujuan nomor satu matahari musim dingin untuk negara-negara ini. Sedangkan wisatawan Thailand justru memilih Jepang yang memiliki iklim lebih sejuk.

“Kami mengharapkan peningkatan perjalanan dari Tiongkok (Daratan China) serta Thailand, Makau, Taiwan, Hong Kong dan Jepang, yang kembali Daftar Keinginan untuk Tahun Baru Imlek ini,” kata Omri Morgenshtern, Chief Executive Officer (CEO) Agoda, dalam keterangannya, Jumat, 2 Januari 2023.

Data Agoda juga menunjukkan pilihan teratas di tiga pasar paling populer berdasarkan volume, yaitu Jepang, Malaysia, dan Thailand. Di Jepang, wisatawan memilih sejumlah kota kosmopolitan seperti Tokyo, Osaka, dan Fukuoka sebagai yang paling diminati.

Selama berada di Malaysia, sebagian besar wisatawan mengunjungi Kuala Lumpur, Malaka, dan Penang yang memiliki warisan budaya yang menarik dan suasana kota yang ramai. Untuk Thailand, tempat pertama adalah Bangkok, diikuti oleh kota pesta Pattaya di pantai dan Chiang Mai yang kaya budaya.

Meskipun ia melihat lonjakan perjalanan untuk liburan Tahun Baru Imlek tahun ini, Morgenshtern mencatat keadaan industri pariwisata dan perjalanan belum sepenuhnya pulih. “Namun, mengingat masalah kapasitas dan tarif, mungkin terlalu dini untuk mengharapkan kondisi kembali seperti semula,” katanya.

Baca juga: KAI memberikan diskon tiket kereta api liburan Imlek, lihat daftar rute

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button