Wow! TSTJ Solo punya keistimewaan dibanding taman safari lainnya, apa sih? - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Wow! TSTJ Solo punya keistimewaan dibanding taman safari lainnya, apa sih? – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Proyek revitalisasi Taman Margasatwa Solo Taru Jurug (TSTJ) dijadwalkan selesai pada Desember 2022 dan dibuka kembali sebelum Natal. Foto diambil pada Sabtu (13/822). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO – Ketua Yayasan Konservasi Marga Indonesia Agus Santoso mengatakan bahwa Taman Satwa Tari Jurug atau TSTJ Solo memiliki keistimewaan lebih dibandingkan taman safari lainnya di daerah lain.

Salah satu keistimewaan tersebut adalah keberadaan sebuah danau sebagai view point bagi pengunjung. Hal tersebut diungkapkan Agus saat menghadiri acara tersebut terobosan atau Peletakan batu pertama proyek revitalisasi TSTJ, Sabtu (13/822).

Promosi Rekomendasi merek jeans pria & wanita terbaik, murah banget!

Acara tersebut dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solo, Agus Justianto, Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (PHL), serta mitra dan pemangku kepentingan.

Keistimewaan lainnya, menurut Agus, adalah kedekatannya dengan Sungai Bengawan Solo. Belum lagi museum bernyanyi di area yang sama. Bernyanyi sebagai pencipta lagu Bengawan Solo merupakan master keroncong yang terkenal di tanah air.

Dengan berbagai keistimewaan tersebut, Agus yaitu TSTJ Solo sebagai tempat kesejahteraan hewan akan dengan mudah menjadi ikon global dan wisata, terutama pusat kesejahteraan dan pendidikan hewan.

Baca Juga: Setelah Momen Akhir Tahun, Proyek TSTJ Diluncurkan Sehingga Bisa Dibuka Pada 23 Desember

“Saya yakin mendunia itu mudah karena nama Bengawan Solo sudah terkenal di luar negeri. TSTJ merupakan satu-satunya taman satwa yang memiliki danau. Taman safari lain tidak memilikinya,” katanya.

konsep luar ruangan

Menurut Agus, TSTJ mengusung konsep open nature seperti taman safari. Berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi satwa akan mendukung operasional TSTJ Solo setelah revitalisasi selesai.

Misalnya, ada desa bergaya Afrika, museum, kafe, restoran hingga atraksi hewan. Belakangan, berbagai jenis primata seperti monyet dan orangutan dilepasliarkan.

Baca juga: Taman Jurug Solo Akan Dibangun Mewah, Harga Tiketnya Mahal kan?

Kuda, zebra, dan rusa juga dilepaskan di area kebun binatang. Area khusus disiapkan untuk hewan liar seperti harimau. “Pengunjung dapat menyaksikan aktivitas harian harimau dan harimau sambil menyantap makanan dan minuman di restoran atau kafe,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Agus Justianto yang juga hadir pada acara peletakan batu pertama revitalisasi TSTJ Solo mengatakan, TSTJ juga berfungsi sebagai tempat konservasi pendidikan. , demonstrasi, sumber pemuliaan dan rekreasi bagi masyarakat.

koleksi hewan

TSTJ memiliki 77 koleksi spesies hewan lokal dan eksotis. “Keberadaan TSTJ membantu menyelamatkan berbagai jenis satwa yang dilindungi dan terancam punah. Hewan-hewan ini bisa direhabilitasi ke habitat liar,” katanya.

Baca Juga: Desain Revitalisasi Taman Jurug Solo Berubah, Gibran Jamin Lebih Mewah

Seperti diberitakan sebelumnya, TSTJ dihidupkan kembali oleh investor dari Taman Safari Indonesia. Berdasarkan desain Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, TSTJ baru-baru ini sepenuhnya dibangun kembali menjadi kebun binatang berkonsep terbuka.

Bedanya, pengunjung tidak bisa menikmati interaksi dengan hewan dari dalam mobil seperti Taman Safari Indonesia. Baru-baru ini, Gibran mengatakan bahwa desain revitalisasi TSTJ telah berubah, namun hasilnya TSTJ nantinya akan menjadi kebun binatang yang mewah.

Sementara itu, meski revival sudah dimulai, menurut informasi di akun Instagram @jurugsolozoo, TSTJ tetap buka dan menyambut pengunjung di bulan Agustus. Jam operasionalnya adalah pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Harga tiketnya Rp25.000/orang.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button